Konsep Dan Pengkajian

Keperawatan
Komunitas
NAFOLION NUR RAHMAT

01/03/17

@abankpopo

1

DEFINISI KOMUNITAS
WHO (1974 dalam Stanhope & Lancaster,
2004) :

Komunitas adalah kelompok sosial yang
ditentukan oleh batas geografi dan atau
kebiasaan tata nilai mempunyai
karakteristik/minat sbg dasar rasa saling
memiliki / satu kesatuan. Anggota-anggota
saling berinteraksi, mempunyai fungsi
struktur sosial, kebiasaan, norma, nilai dan
institusi sosial.
01/03/17

@abankpopo

2

Definisi lain berdasarkan 3 faktor
(Stanhop & Lancaster, 2004) :
 Place  dimensi waktu &
geografi
 People  anggota masyarakat
 Function  tujuan dan aktifitas
dalam komunitas
Ke 3 faktor tsb diperlukan
perawat komunitas dlm
melakukan praktek komunitas

01/03/17

@abankpopo

3

Pengukuran dimensi
Dimensi

Pengukuran

Sumber data

Place /
tempat

Batasan wilayah
Ukuran area, blok,
sensus
Transportasi
Riwayat
Lingkungan fisik

Peta
Data sensus

Populasi
Demografi
Kelompok informal
Kelompok formal

Data sensus

Produksi, distribusi,
konsumsi makanan dan
pelayanan
Sosialisasi
@abankpopo
Mempertahankan
kendali

Departemen yg
berkaitan
Sumber penelitian
Kepolisian

People

Fungsi

01/03/17

Perpustakaan

Kelompok sosial
Departemen yg
berkaitan

4

 Keperawatan kesehatan komunitas
merupakan praktik untuk memelihara
dan meningkatkan kesehatan
masyarakat dengan menggunakan
pengetahuan dari ilmu keperawatan,
ilmu sosial dan ilmu kesehatan
masyarakat (APHA, 1996 dalam Ervin,
2002).

01/03/17

@abankpopo

5

pencegahan penyakit serta tidak mengabaikan kuratif dan reabilitatif. 01/03/17 @abankpopo 6 . Pengertian keperawatan komunitas menurut CHS (1997) adalah suatu bentuk pelayanan profesional berdasarkan ilmu dan kiat keperawatan yang ditujukan terutama pada kelompok risiko tinggi untuk meningkatkan status kesehatan komunitas dengan menekankan upaya peningkatan kesehatan.

Pengetahuan dan ketrampilan khusus b. 2005) 1. Fokus pada populasi yang menerima pelayanan 01/03/17 @abankpopo 7 . Field of Nursing Ada 2 ciri pokok dari field of nursing : a.Karakteristik Keperawatan Kesehatan Komunitas (Allender & Spradley.

Konsep kelompok c. Analisis kebijakan kesehatan masyarakat h. Kombinasi kesehatan masyarakat dengan keperawatan Ada 8 element pengetahuan kesehatan masyarakat yang merupakan bagian penting dari keperawatan kesehatan komunitas : a. Upaya promotif sampai rehabilitatif d. Sejarah dan filosofi kesehatan masyarakat b. Pengaruh faktor lingkungan terhadap kesehatan kelompok f. Prinsip management dan pengorganisasian masyarakat g. Analisis masalah kesehatan masyarakat e.2. Proses advokasi dan politik kesehatan 01/03/17 @abankpopo 8 .

2004) Sebuah populasi atau agregat adalah kumpulan dari individu yang memiliki satu atau lebih karakteristik pribadi atau lingkungan yang sama.3.g. atau dalam istilah yang minat khusus (anak-anak misalnya).g. a group of countries). can be seen as constituting a population (Stanhope & lancaster. 2004) 01/03/17 @abankpopo 9 . dapat dilihat sebagai suatu populasi (Stanhope & Lancaster. Anggota komunitas yang dapat didefinisikan dalam hal geografi (misalnya kelompok negara). children). or in term a special interest (e. Fokus pada populasi Orientasi status kesehatan pada populasi dan lingkungannya A population or aggregate is collection of individual who have one or more personal or environment characteristic in common. Member of community who can be defined in terms of geography (e.

Peningkatan responsibility dan self care 6. Menggunakan ukuran dan analisis pada aggregate The need to collect and examine data on the entire population under study before making intervention decisions is fundamental to community health nursing in a public health practice 01/03/17 @abankpopo 10 . promotif dan wellness 5.4. Mengutamakan upaya preventif.

Menggunakan prinsip teori organisasi to provide effective administration of health care sevice 8.7. Kolaborasi dengan tenaga profesional lain 01/03/17 @abankpopo 11 .

Sasaran Keperawatan Kesehatan Komunitas     Individu Keluarga Kelompok/aggregate Masyarakat 01/03/17 @abankpopo 12 .

kelompok dan masyarakat Melalui upaya promosi kesehatan. proteksi kesehatan dan pemeliharaan kesehatan 01/03/17 @abankpopo 13 . keluarga. Tujuan dari keperawatan kesehatan komunitas adalah peningkatan kesehatan individu.

Otonomi 2. Keadilan.Prinsip keperawatan komunitas adalah 1. 01/03/17 @abankpopo 14 . Kemanfaatan 3.

Prinsip keadilan. Prinsip kemanfaatan merupakan intervensi yang diberikan harus bermanfaat untuk komunitas.Keteran gan 1. 2000). 3. 01/03/17 @abankpopo 15 . dalam memberikan intervensi perawat komunitas perlu memperhatikan dan mempergunakan kemampuan serta kapasitas dari komunitas secara optimal (Stanhope & Lancaster. 2. Prinsip otonomi memberikan kebebasan pada komunitas untuk memilih atau melakukan alternatif yang terbaik untuk diri dan keluarganya serta sesuai dengan kondisi komunitas.

PENGKAJIAN KEPERAWATAN KELOMPOK & KOMUNITAS 01/03/17 @abankpopo 16 .

Asuhan keperawatan Komunitas Menggunakan pendekatan Proses Keperawatan 01/03/17 @abankpopo 17 .

Pengkajian TAHAPAN PROSES KEPERAWATAN Diagnosa Keperawatan Perencanaan Pelaksanaan Evaluasi 01/03/17 @abankpopo 18 .

dan masyarakat umum b. kader kesehatan. Metode Pengumpulan data a. Data primer ( Direct Data Analysis) b. Observasi : Winshield Survey 3.PENGKAJIAN KEPERAWATAN KOMUNITAS Pengumpulan data 1. Pengukuran (Measurement) 01/03/17 @abankpopo 19 . Tipe Data : a. Data Sekunder (Secondary Data Analisis) 2. tokoh agama. Interaksi atau wawancara dengan tokoh masyarakat.

Pengkajian Keperawatan Komunitas Menggunakan pendekatan model Keperawatan 01/03/17 @abankpopo 20 .

APLIKASI COMMUNITY AS PARTNER MODEL PADA PENGKAJIAN KEPERAWATAN KELOMPOK/KOMUNITAS 01/03/17 @abankpopo 21 .

Community as Partner Model Terdapat sembilan elemen/komponen 1. 2. 4. 5. 7. 01/03/17 Data inti Physical environment Pelayanan kesehatan dan sosial Ekonomi Keamanan dan transportasi Politik dan pemerintahan Komunikasi Pendidikan Rekreasi @abankpopo 22 . 9. 3. 6. 8.

Kec. Kec. Kec. Kec. Puskesmas Suku bangsa Kel. Puskesmas Angka kelahiran Angka kematian Nilai.Data inti Komponen Sumber informasi Sejarah atau riwayat Sejarah dan perpustakaan Demograf Sensus penduduk dan SKRT Karakteristik umur dan sex Kel. Puskesmas Status perkawinan Kel. Puskesmas Tipe kluarga Kel. Kec. kepercayaan dan agama Kelurahan dan kontak langsung @abankpopo 01/03/17 23 . Puskesmas Data statistik Kel.

2. Physical Environment a. 01/03/17 Pengkajian fisik pada individu dan komunitas Pengkajian lingkungan fisik Winshield Survey @abankpopo 24 . b.

kepemilikan.KOMPONEN WINSHIELD SURVEY Elemen 01/03/17 Deskripsi Perumahan & Lingkungan Tipe bangunan. halaman Lingkungan terbuka Luas. bersatu atau terpisah. jenis. pemakaian lahan Batas Nama wilayah. batas wilayah @abankpopo 25 . kualitas.

jenis tempat. agen –agen tertentu. apakah dipakai atau tidak Tempat belanja Jenis. agama. pemakaian 01/03/17 @abankpopo 26 .cont Kebiasaan Tempat kumpul-kumpul. bagaimana mencapainya Tempat ibadah Jenis. situasi jalan Pusat pelayanan Klinik. sekolah. jam berapa Transportasi Jenis transportasi. praktek-praktek pelayanan. pemilik. siapa.

koran. papan pengumuman Orang jalanan Siapa. Radio. perkiraan jumlah 01/03/17 @abankpopo 27 .con t Politik Adanya poster (kampanye) Media TV. majalah.

3. Pelayanan kesehatan dan sosial   Fasilitas dalam komunitas Fasilitas di luar komunitas 01/03/17 @abankpopo 28 .

data kunjungan. karakteristik pelayanan.Pelayanan Kesehatan  Data yang perlu dikaji adalah Jenis pelayanan. karakteristik pemakai. adekuat dapat dicapai dan diterima dalam pelayanan 01/03/17 @abankpopo 29 . sumber daya.

PELAYANAN SOSIAL  Data yang perlu dikaji adalah Jenis pelayanan. karakteristik pemakai. adekuat dapat dicapai dan diterima dalam pelayanan 01/03/17 @abankpopo 30 . sumber daya. karakteristik pelayanan. data kunjungan.

4. Ekonomi    Karakteristik finansial Karakteristik pekerjaan Biaya bulanan masing-masing rumah tangga 01/03/17 @abankpopo 31 .

Keamanan dan Transportasi   Keamanan pelayanan dan perlindungan (kebakaran. sanitasi limbah. kepolisian) Sarana transportasi milik swasta dan pemerintah yang tersedia 01/03/17 @abankpopo 32 .5. sanitasi air minum.

Politik dan Pemerintahan Pemerintahan  RT. Bupati atau Walikota. Karang Taruna. Presiden  Kelompok pelayanan masyarakat (PKK. Lurah. RW. Gubernur. Posyandu)  01/03/17 @abankpopo 33 . Camat.6. LMD.

Politik  Peran serta politik dalam pelayanan kesehatan  Kebijakan pemerintahan dalam pelayanan kesehatan  01/03/17 @abankpopo 34 .

poster dll 01/03/17 @abankpopo 35 . Komunikasi   Komunikasi formal : Koran. TV Komunikasi informal : papan pengumuman.7. radio.

baik milik swasta dan pemerintah Status pendidikan Penduduk Tingkat pendidikan 01/03/17 @abankpopo 36 .8. Pendidikan    Pendidikan yang tersedia dalam dan di luar komunitas.

Rekreasi     Jenis rekreasi luar Tempat Pembiayaan Konsumen 01/03/17 Di dalam dan di komunitas @abankpopo 37 .9.

APLIKASI TEORI SELF CARE PADA PENGKAJIAN KEPERAWATAN KELOMPOK/KOMUNITAS 01/03/17 @abankpopo 38 .

01/03/17 @abankpopo 39 .PENDAHULUAN Model Self Care dari Dorothea Orem (2001) merupakan model untuk memandirikan perawatan diri yang berfokus pada individu Penerapan model Self Care di komunitas merupakan kombinasi dari teori keperawatan komunitas dan teori se Perawatan kesehatan komunitas dari perspektif model self care adalah system pelayanan kesehatan yang berorientasi pada upaya promotif dan preventif.

01/03/17 @abankpopo 40 .cont  Model Self Care-Orem berasumsi bahwa semua orang mempunyai respon yang baik untuk melakukan perawatan mandiri Tujuan dari model self care di komunitas adalah masyarakat mampu memelihara dan meningkatkan kemampuan kemandiriannya dalam perawatan diri.

SKEMA APLIKASI TEORI OREM Community Self Care Developmental Self care Requisite Universal Self care Requisit Self Care Deficits Self Care Agency Therapeutic Self Care Demand Health Deviation Self care Requisite Self Care Agency Adequate Self Care Actions Nursing Agency Uses The Nursing process Assist through nursing metods Observe Restore Community Functioning 01/03/17 or Maintain Community Functioning @abankpopo use or Basic Nursing System Cope with effects of insufficient resources 41 .

01/03/17 @abankpopo 42 . Health deviation self care requisite A. Ada 3 (tiga) komponen : a. Developmental self care requisite c. Therapeutic self care demand adalah kegiatan yang harus kan oleh komunitas untuk memelihara dan meningkatkan kesehatannya. Universal self care requisite kegiatan untuk memenuhi kebutuhan untuk meningkatkan memelihara kesehatan masyarakat. Universal self care requisite b.1.

terdiri dari diet yang dilakukan. Aktivitas dan olah raga yang dilakukan e. frekuensi makan dan kebiasaan makanan b. Kebutuhan istirahat d. komposisi makanan sehari-hari. Kebutuhan makan. Kebutuhan minum c. Interaksi sosial yang dilakukan dengan keluarga dan masyarakat dan keterlibatan dalam penyelesaian masalah di keluarga dan di masyarakat @abankpopo 01/03/17 43 .cont Data yang perlu dikaji a.

Developmental self care requisite Terkait dengan perubahan dan perkembangan di masy Data yang perlu dikaji adalah data demografi terdir jenis kelamin. pen Pekerjaan dan adanya faktor keturunan. suku bangsa. pengetahu penyakit dan Perawatan dan motivasi untuk melak perawatan suatu penyakit. status perkawinan. 01/03/17 @abankpopo 44 .B.

kemampuan & pengetahuan. upaya pencegahan dan pencarian bantuan terhadap penyimpangan yang terjadi Data yang perlu dikaji adalah tindakan kuratif dan preventif yang dilakukan.C. kemauan dan support system. 01/03/17 @abankpopo 45 . Health Deviation Self Care Requisite merujuk pada kondisi disfungsi di masyarakat.

kuratif dan rehabilitatif dengan tepat sesuai dengan masalah kesehatan yang dimiliki. karakteristik masyarakat dan kelompok yang mandiri adalah mampu melaksanakan upaya promotof. Self care defisit self care actions Intervensi keperawatan dibutuhkan 01/03/17 dan adequate masy mampu melakukan tindakan perawatan diri yang adekuat @abankpopo 46 .2. 3. preventif. Self Care Agency Menggambarkan kemampuan untuk menilai fungsi pemeliharaan diri yang telah dilakukannya.

4. Nursing System  kemampuan perawat untuk melakukan pemeliharaan kesehatan dan kesejahteraan INTERVENSI KEPERAWATAN KOMUNITAS Wholly compensatory nursing system 01/03/17 Partly compensatory nursing system @abankpopo Supportive educative nursing system 47 .

APLIKASI TEORI TRANSCULTURAL IN NURSING PADA PENGKAJIAN KEPERAWATAN KELOMPOK/KOMUNITAS 01/03/17 @abankpopo 48 .

kebiasaan berobat atau mengatasi masalah kesehatan.1. alasan mencari bantuan kesehatan. persepsi sehat-sakit. Pengkajian Pengkajian dirancang berdasarkan 7 komponen yang ada pada “ Leininger’s Sunrise models” dalam teori keperawatan transkultural Leininger yaitu : a) Faktor teknologi (technological factors) Teknologi kesehatan adalah sarana yang memungkinkan kelompok/masyarakat untuk memilih atau mendapat penawaran menyelesaikan masalah dalam pelayanan kesehatan. 01/03/17 @abankpopo 49 . Berkaitan dengan pemanfaatan teknologi kesehatan maka perawat perlu mengkaji berupa : persepsi kelompok/masyarakat tentang penggunaaan dan pemanfaatan teknologi untuk mengatasi permasalahan kesehatan saat ini.

cara pengobatan dan penularan kepada orang lain. kebiasaan agama yang berdampak positif terhadap kesehatan. status pernikahan. mempunyai konsep diri yang utuh.b) Faktor Agama dan Falsafah Hidup (religious and Philosophical factors) Faktor agama yang perlu dikaji perawat seperti : agama yang dianut. cara pandang klien terhadap penyebab penyakit. 01/03/17 @abankpopo 50 . beriktiar untuk sembuh tanpa mengenal putus asa. persepsi kelompok/masyarakat terhadap kesehatan dan cara beradaptasi terhadap situasinya saat ini.

kebiasaan yang dilakukan rutin oleh keluarga misalnya arisan keluarga. jenis kelamin. 01/03/17 @abankpopo 51 . pengambilan keputusan dalam anggota keluarga. tipe keluarga.c) Faktor sosial dan keterikatan kekeluargaan (Kinship & Social factors) Faktor sosial dan kekeluargaan yang perlu dikaji oleh perawat : nama lengkap dan nama panggilan di dalam keluarga. status. umur atau tempat dan tanggal lahir. hubungan anggota keluarga dengan kepala keluarga. kegiatan yang dilakukan bersama masyarakat misalnya : ikut kelompok olah raga atau pengajian.

d) Faktor nilai-nilai budaya dan gaya hidup (Cultural values & Lifeways) Nilai adalah konsepsi abstrak di dalam diri manusia. Norma-norma budaya adalah suatu kaidah yang mempunyai sifat penerapan terbatas pada penganut budaya terkait. 01/03/17 @abankpopo 52 . Norma adalah aturan sosial atau patokan prilaku yang dianggap pantas. mengenai apa yang dianggap baik dan yang dianggap buruk. Nilai-nilai budaya adalah sesuatu yang dirumuskan dan ditetapkan oleh penganut budaya yang dianggap baik atau buruk.

 Hal-hal yang perlu dikaji berkaitan dengan nilai-nilai budaya dan gaya hidup adalah : posisi dan jabatan misalnya ketua adat atau direktur. bahasa yang digunakan. kebiasaan makan. 01/03/17 @abankpopo 53 . makan pantang berkaitan dengan kondisi sakit. misalnya sakit apabila sudah tergeletak dan tidak dapat pergi ke sekolah atau ke kantor. sarana hiburan yang biasa dimanfaatkan dan persepsi sakit berkaitan dengan aktivitas sehari-hari. bahasa non verbal yang ditunjukkan klien. kebiasaan membersihkan diri.

01/03/17 @abankpopo 54 .e) Faktor Politik dan kebijakan kesehatan yang berlaku (Political and Legal factors) Politik dan Kebijakan adalah segala sesuatu yang mempengaruhi kegiatan individu dan kelompok dalam asuhan keperawatan transkultural (Andrew & Boyle. 1995). Apabila dikomunitas politik dan faktor legal dapat berarti kebijakan pemerintah dibidang kesehatan serta program-program yang terkait dengan kesehatan masyarakat.

kebiasaan menabung dan jumlah tabungan dalam sebulan. 01/03/17 @abankpopo 55 . sumber biaya pengobatan .f) Faktor ekonomi (Economical factors) Pemanfaatan sumber-sumber material yang dimiliki untuk membiayai sakitnya agar segera sembuh. Sumber ekonomi yang pada umumnya dimanfaatkan antara lain asuransi. tabungan dan patungan antar anggota keluarga. biaya kantor. Faktor ekonomi yang perlu dikaji oleh perawat antara lain seperti pekerjaan.

serta kemampuan klien belajar secara aktif mandiri tentang pengalaman sakitnya sehingga tidak terulang kembali. 1984 ) Semakin tinggi pendidikan klien maka keyakinannya harus didukung oleh bukti-bukti ilmiah yang rasional dan dapat belajar beradaptasi terhadap budaya yang sesuai dengan kondisi kesehatannnya. jenis pendidikannnya.( Leininger.g) Faktor pendidikan (educational factors)  Suatu proses menghadapi dan menyelesaikan masalah yang dimulai dari keluarga dan selanjutnya dilanjutkan kepada pendidikan di luar keluarga. 01/03/17 @abankpopo 56 .  Perawat perlu mengkaji latar belakang pendidikan klien meliputi tingkat pendidikan klien dan keluarga.

GOOD LUCK 01/03/17 @abankpopo 57 .