You are on page 1of 11

keramik

Disusun oleh:
Febrina
Sulistiawati
(13.241.012)
Yuliana Ndode
(13.241.009)

dan sebagainya. genteng. .Pengertian keramik Keramik pada awalnya berasal dari bahasa Yunani. porselin. yaitu keramikos yang artinya suatu bentuk dari tanah liat yang telah mengalami proses pembakaran Kamus dan ensiclopedia tahun 1950-an mendefinisikan keramik sebagai suatu hasil seni dan teknologi untuk menghasilkan barang dari tanah liat yang dibakar seperti gerabah.

2SiO2. Tanah liat Tanah liat mengandung hidrated aluminum silica(Al2O3. . Tanah liat memiliki sifat sifat yang khas yaitu bila dalam keadaan basah mempunyai sifat plastis tetapi bila dalam keadaan kering akan menjadi keras.2H2O). sedangkan bila dibakar akan menjadi padat dan kuat.Komposisi Keramik 1.

Sifat plastis yang tinggi . Sifat-sifat dan keadaan bahan : . . Kwarsa (flint) Kwarsa merupakan bentuk lain dari batuan silica (SiO2).Memiki ukuran partikel yang halus .Penyusutan pada saat pengeringan dan pembakaran tinggi.Memiliki kekuatan kering yang tinggi .2.

3. . Feldspar Feldspar adalah suatu kelompok mineral yang berasal dari batu karang yang ditumbuk dan dapat memberikan sampai 25 % flux (pelebur) pada badan keramik.

4. Serbuk Kaca/Cullet Cullet adalah serbuk kaca yang sangat kecil. dibentuk melalui prosesan pemadatan dari peleburan tanpa kristalisasi . Kaca biasanya dihasilkan dari campuran silicon atau bahan dioksida (SiO2) yang merupakan benda amorf.

tahan panas dan listrik secara signifikan lebih tinggi keramik dari pada logam . sehingga ikatan ini kuat). akibatnya sifat seperti keras. Struktur kristal keramik merupakan salah satu yang paling kompleks dari semua struktur bahan. umumnya ikatan kovalen (berbagi elektron. Ikatan ion juga lebih kuat dari pada logam.Struktur keramik Ikatan antara atom-atom ini Struktur kristal keramik terdiri dari berbagai ukuran atom yang berbeda atau minimal terdiri dari 2 jenis unsur.

.

•Tahan terhadap korosi. semikonduktor. •Kapasitas panas yang baik dan konduktivitas panas yang rendah. komposisi kimia dan mineral bawaannya. tetapi bersifat mudah pecah. Secara umum sifat keramik meliputi : •Keras.Sifat keramik Sifat keramik sangat ditentukan oleh struktur kristal. konduktor bahkan superkonduktor. kuat. . •Sifat listriknya dapat menjadi isolator. •Dapat bersifat magnetik dan non magnetik.

Video pembuatan keramik .

Sekian Dan Terimakasih .