You are on page 1of 7

Pemanfaatan Bunga Rosella

(Hibiscus sabdariffa) Sebagai
Anti Hipertensi
Nama : Anisa Dita
Rahmawati
NIM : 1404003
Kelas

: Farmasi 3A

Tangkai daun bulat berwarna hijau dengan panjang 4 – 7 cm. Bunga rosela yang keluar dari ketiak daun merupakan bunga tunggal artinya pada setiap tangkainya hanya terdapat satu bunga. Kelopak bunga ini yang sering dianggap sebagai bunga oleh masyarakat. Tanaman ini berasal Afrika dan Timur Tengah. pertulangannya menjari.PENDAHULUAN Rosella merupakan tanaman dari keluarga yang sama dengan kembang sepatu. tepi bergerigi dan pangkal berlekuk. Bagian inilah yang sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan minuman. berkayu dan berwarna merah. . Daunnya tunggal. Batang bulat. tanaman perdu (tinggi mencapai 3-5 meter) dan mempunyai bunga berwarna merah. pangkalnya saling berlekatan dan berwarna merah. panjangnya 1 cm. Bunga ini mempunyai 8 – 11 helai kelopak yang berbulu. ujung tumpul. tegak. berbentuk bulat telur.

D.7 mmol/prolox. Kandungan seratnya pun cukup tinggi yang berperan melancarkan sistem pembuangan dan menurunkan kadar kolesterol yang juga bermanfaat bagi tubuh. dan flavonoid yang bermanfaat mencegah kanker. Bahkan kandungan vitamin C diketahui 3 kali lebih banyak dari anggur hitam.5 kali dari jambu biji. dan 2. yaitu vitamin A. antosianin.KANDUNGAN BUNGA ROSELLA Kandungan vitamin dalam bunga rosella cukup lengkap. 10 kali dari buah belimbing. C. Vitamin C merupakan salah satu antioksidan penting. Bahan aktif yang juga terdapat dalam rosella adalah peptin. dan B2. 9 kali dari jeruk sitrus. . Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kandungan antioksidan pada teh rosella sebanyak 1. melancarkan peredaran darah dan sebagainya. B1. mengendalikan tekanan darah.

 Komposisi kimia kelopak bunga rosella : .Lanjutan..

Setelah empat minggu. Mauren dan Willian. ND. sebagian orang diminta untuk mengkonsumsi teh rosella sebanyak 1 liter sebelum sarapan pagi. diduga menjadi senyawa bioaktif yang bertanggung jawab untuk menurunkan tekanan darah.Rosella Sebagai Anti Hipertensi Senyawa antosianin dan proantosianidin. Temuan ini didasarkan pada studi sebelumnya yang diduga memberi efek antihipertensi dari antosianin melalui penghambatan ACE II dan karenanya efek vasodilatasi. yang banyak terdapat pada seduhan kelopak kering bunga Hibiscus sabdariffa (HS). . Secara acak. ternyata tekanan darah diastolic berkurang hingga sepuluh angka untuk 79 % orang yang mengkonsumsi rosella dan 84% untuk orang yang mengkonsumsi obat antihipertensi. telah melakukan studi terhadap 70 orang dengan tingkat penyakit hipertensi ringan hingga sedang yang berada dalam kondisi sehat dan tidak melakukan pengobatan apapun sejak sebulan sebelum penelitian dilakukan. seorang dokter naturopathy dari Bastyr University di Seattle. sebagian lagi mengkonsumsi 25 mg obat antihipertensi. Amerika Serikat.

Lanjutan… Gavrilla Pinasthika telah melakukan penelitian Pengaruh Pemberian Seduhan Kelopak Kering Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa) Terhadap Tekanan Darah Penderita Prehipertensi dan Hipertensi Grade 1 Yang Diedukasi Gaya Hidup Sehat dan hasilnya menunjukkan bahwa seduhan kelopak kering bunga rosella dengan dosis 3gr/200ml /hari yang diberikan selama 4 minggu dapat menurunkan tekanan darah systole. .

Cara Konsumsi dan Takaran Untuk Terapi Anti Hipertensi : Cara mudah untuk mengkonsumsi rosella dapat dibuat menjadi teh. Seduh dengan 200ml air hangat Diamkan selama 5 menit. lalu saring. cuci bersih. Teh Rosella ini diminum sekali sehari sebelum sarapan dan lakukan terapi ini secara rutin selama 4 minggu. dengan cara : Ambil 3-4 kuntum bunga rosella. .