You are on page 1of 16

WU XING

02
Modul ke:

Teori Lima Elemen

Fakultas
TEKNIK Ir. Joni Hardi, MT.
Letakkan
Program Studi foto Terbaik
Arsitektur anda disini

Feng Shui mengklasifikasikan semua bagian dari lingkungan ke dalam lima elemen penting yaitu : kayu. Benda-benda ini adalah bagian dari tempat tinggal dan lingkungan kerja kita. dan air. api.Bagian Isi Lingkungan hidup kita terdiri dari banyak benda berbeda. tanah. logam. .

.Judul Sub Bahasan Penerapan Wu Xing dalam Arsitektur Teori tentang Wu Xing merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan keseimbangan antara energi si pemilik bangunan (rumah) dengan energi yang ada di lingkungannya.

. Untuk obyek alam. dan lain sebagainya. sedangkan unsur manusia diuraikan lewat unsur kelahiran. vas keramik merupakan bagian kelompok tanah. unsur alam adalah mata angin. 5 Elemen Energi Setiap benda memiliki energi berbeda satu dengan yang lainnya dan dapat dikategorikan ke dalam salah satu dari lima elemen di atas.. akuarium merupakan bagian dari kelompok air. Karena itu energi Ch’I dapat mengganggu atau bermanfaat bagi orang yang memiliki Ch’I tersebut. misalnya tanaman merupakan bagian kelompok kayu.

angka 4 (Sun). Warna hijau. dikaitkan dengan kayu. Karena sifat kayu yang mudah dibentuk. bentuk persegi panjang. . paha dan panggul. melambangkan sifat yang obyektif dan cukup memiliki rasa kebijaksanaan yang baik. Kayu berhubungan denganTimur dan Tenggara. angka 3 (Chen). khususnya bagi anak laki-laki dalam keluarga. Energi Kayu Energi Kayu mempunyai energi kekuatan yang terpusat dari dalam dan memancar ke semua penjuru. dan suka menangani sesuatu yang melebihi kemampuannya. Pribadinya memiliki kemauan yang keras atau ambisius. Simbol energi kayu melambangkan sifat optimis dan keteguhan diri seseorang. tenggorokan. Ketidakseimbangan dan kelemahan kayu yang disebabkan oleh elemen lain dapat mendatangkan komplikasi pada kaki. Energi kayu juga memberikan keberuntungan nenek moyang yang sangat baik kepada keluarga. biasanya pandai bekerja sama serta mengembangkan dirinya. Energinya membawa keberuntungan dan kesuksesan material. identik dengan pertumbuhan pohon yang cabangnya menjurus ke segala arah.

Unsur ini harus diciptakan. namun tidak bisa timbul dengan sendirinya. Ketidakseimbangan dan kelemahan api yang disebabkan oleh elemen lain dapat mendatangkan komplikasi mata dan jantung. . bentuk segi tiga. dikaitkan dengan api. kurang bisa bersabar. dan selalu menuruti kata hati/implusif. Terlalu kuat energi ini dapat berakibat fatal. Energi ini menawarkan kesuksesan di kehidupan masyarakat. Warna merah. Energi Api Energi api dilambangkan sebagai kekuatan yang memancar dari bawah (dasar) ke atas (puncak). Namun api harus di bawah kendali setiap waktu. serta berjiwa pemimpin. Kepribadiannya biasanya pandai bicara dan mengembangkan dirinya. Api berhubungan dengan arah Selatan. angka 9 (Li). membawa ketenaran. Pribadinya juga mudah emosional. Api merupakan unsur yang sangat kuat. identik dengan nyala api pada benda yang terbakar.

Ketidakseimbangan dan kelemahan tanah yang disebabkan oleh elemen lain dapat mendatangkan komplikasi daerah perut. 5(Pusat Tanah). tangan dan jari kaki. sabar menunggu hasil walaupun bergerak perlahan. Kelemahannya adalah kurang memiliki daya imajinatif atau tidak berani menerima tantangan. . Warna yang berhubungan dengan tanah termasuk kuning. Disamping itu juga bersifat fungsional dan obyektif. Elemen tanah diwakili oleh angka 2 (Kun). dan 8 (Ken). Energi Tanah Energi tanah dilambangkan sebagai kekuatan yang berputar dalam sebuah poros berbentuk horizontal. identik dengan pergerakan bumi mengitari matahari. Energi ini melambangkan jantungnya Feng Shui. coklat dan kuning gading. berhubungan dengan arah Barat Daya dan Timur Laut. biasanya pandai mengarahkan orang untuk menjalankan semua rencananya. perencana yang pintar. Energi tanah melambangkan sifat seseorang yang berjiwa praktis.

berhubungan dengan arah Barat Laut dan Barat. putih. naluri keuangan yag kuat. Warna yang berhubungan dengan logam termasuk emas. selalu bergerak mengikuti insting dan keyakinan diri. Energi Logam Energi Logam dilambangkan sebagai bentuk energi dari luar penjuru yang mengarah ke dalam. Kepribadian orang yang berunsur logam adalah rasa percaya diri yang tinggi. Energi ini memberikan keberuntungan bagi kekuasaan yang disebut manusia langit (heaven man). kurang mau belajar kompromi. 7(Tui). Ketidakseimbangan dan kelemahan logam yang disebabkan oleh elemen lain dapat mendatangkan komplikasi darah kepala. paru-paru. identik dengan benda logam yang memadat. mulut. Logam selalu dihubungkan dengan emas dan perak. dan dada. . Elemen logam diwakili oleh angka 6 (Chien). energinya padat dan mengalir ke dalam.

pandai beradaptasi. kurang tegas dalam mengambil keputusan. cinta damai. berhubungan dengan arah Utara. selalu teromabng-ambing dengan situasi diri. Elemen air diwakili oleh angka 1 (Kan). . Warna yang berhubungan dengan air termasuk biru. dan ginjal. membasahi dan mengendap. Dalam Feng Shui energi ini membawa kemakmuran jika dapat meningkatkan energinya secara benar dengan energi dari unsur–unsur lainnya. darah. Energi Air Energi air dilambangkan sebagai kekuatan yang menurun dari atas ke bawah. identik dengan sifat benda cair yang selalu meresap.   . hitam. Kepribadian orang yang berunsur air adalah berjiwa komunikatif karena dapat menyesuaikan diri. Ketidakseimbangan dan kelemahan air yang disebabkan oleh elemen lain dapat mendatangkan komplikasi darah telinga. mampu mempengaruhi pikiran orang lain.

Siklus Energi .

Siklus Energi .

Siklus Produktif & Reduktif .

.

.

.

Joni Hardi.Terima Kasih Ir. . MT.