You are on page 1of 19

ANEMIA

Oleh: dr.Mutmainah
Puskesmas Mojolangu

Definisi anemia  Anemia disebut juga kurang darah  Merupakan keadaan dimana terjadi penurunan jumlah sel darah merah (eritrosit) dan atau hemoglobin yang sehat dalam darah berada dibawah nilai normal (kurang darah)  Hemoglobin adalah bagian utama dari sel darah merah yang berfungsi mengikat oksigen dan memberikan warna merah pada sel darah merah  Jika kekurangan sel darah merah atau hemoglobin yang normal maka tubuh tidak akan mendapatkan oksigen yang cukup. anemia didefinisikan sebagai Hb (hemoglobin) kurang 13 g/dl untuk laki-laki dan kurang 12 g/dl untuk perempuan  Anemia terjadi biasanya karena rendahnya asupan protein hewani serta tingginya serat dari tumbuh- tumbuhan protein nabati merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya anemia besi . Akibatnya timbul gejala anemia  Menurut WHO.

Kurang darah (anemia) itu berbeda dengan darah rendah. Darah rendah merupakan rendahnya tekanan darah (baca: tekanan darah rendah) Sedangkan anemia adalah kurangnya sel darah merah atau hemoglobin .Sering salah mengartikan Dalam masyarakat kita anemia dikenal dengan istilah kurang darah .

lesu  Lemah dan cepat capek(letih)  Mudah mengantuk  Pusing dengan pandangan mata berkunang kunang terutama ketika bangkit dari posisi duduk atau membungkuk  Sakit kepala  Tangan kaki dingin  Mudah pingsan  Berdebar  Mudah kesemutan  Penurunan konsentrasi (lalai) .GEJALA DAN TANDA ANEMIA Bila kekurangan kadar hemoglobin hanya sedikit atau hanya menderita anemia ringan . secara fisik penderita akan:  Kelelahan. penderita hampir tidak menampakkan gejala . Tetapi bila kekurangan Hbnya cukupnya banyak.

Penyebab anemia: Ada lebih 400 jenis anemia. Secara garis besar penyebabnya dibagi 3 kelompok: Anemia yang disebabkan oleh kehilangan darah Anemia yang disebabkan oleh penurunan produksi sel darah merah Anemia yang disebabkan oleh kerusakan sel darah merah .

kanker (berak darah) 2. Menstruasi. obat ( biasanya penghilang nyeri) menyebabkan maag.Penyebab Anemia karena kehilangan banyak darah Mengeluarkan darah atau berdarah oleh sebab apapun seperti:  Kecelakaan  Terluka  Perdarahan perlahan selama jangka waktu panjang kadang kala tidak terdeteksi: 1. wasir. melahirkan terutama jika perdarahan berlebihan . perdarahan saluran cerna 3. Maag.

asam folat. vitamin b12. masalah sumsum tulang . atau kekurangan besi.Penyebab anemia karena kurangnya produksi sel darh merah Anemia karena kurangnya kualitas atau kuantitas sel darah merah yakni: kurangnya produksi sel darah merah terganggunya pembentukan sel darah merah Terbentuk sel darah merah tapi tidak bagus sehingga fungsinya tidak optimal Kondisi yang terkait dengan penyakit.

Hipertensi berat dll .tidak dapat menahan stres rutin dari sistem peredaran darah sehingga dapat pecah .seperti. Gangguan pembekuan darah. Turunan (talasemia) Infeksi .racun ular.Penyebab anemia kerena rusaknya sel darah merah Sel darh merah rapuh .

kecacingan )  Meningkatnya kebutuhan zat besi  Kekurangan asam folat dan vitamin  Sumsum tulang belakang kurang mampu membuat sel-sel darah merah baru .Penyebab anemia:  Kurangnya asupan zat besi dan protein dari makanan  Gangguan penyerapan pada pencernaan  Perdarahan akut maupun kronis (misalnya karena wasir. sedangkan penghancuran sel darah merah berlangsung lebih cepat dari pembuatannya  Menjalankan diet miskin zat besi atau pola makan yang kurang baik juga rentan anemia .

Kurangnya asupan zat besi dalam makanan menjadi penyebab anemia nomor 1 di Indonesia Jarangnya memvariasikan menu makan menjadi faktor utama penyebab anemia Penderita anemia perlu meningkatkan jumlah konsumsi makanan yang kaya akan zat besi dan membuat menu makanan memenuhi konsep “ pedoman gizi seimbang” Zat besi merupakan bagian penting dari hemoglobin Hemoglobin adalah komponen sel darah merah yang berperan dalam membawa oksigen dari paru-paru keseluruh tubuh .

Anemia dapat dicegah dengan mudah. dan mengganggap hal itu hanya sekedar lemah.letih lesu dan lelah saja . lelah . Namun masyarakat terlalu menggampangkan .

Pencegahan anemia Perbaikan pola makan dan kabiasaan makan yang sehat dan baik selama remaja membantu mendapatkan asupan gizi cukup sehingga dapat mencegah dan mengurangi kondisi anemia Dianjurkan memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan zat besi. asam folat juga vitamn B. seperti Hati Daging Kuning telur Ikan teri Susu Kacang-kacang seperti tempe dan susu kedelai. tahu Sayuran berwarna hijau tua seperti bayam dan daun katuk .

ikan dan unggas banyak mengandung zat besi lebih mudah diserap tubuh Juga konsumsi jenis makanan yang mempermudah penyerapan zat besi. jeruk . misalnya makanan yang mengandung vitamin c (brokoli. tomat.Zat besi yang terdapat pada daging.stroberi) .

umummya mangandung mineral .Yang perlu dihindari Makan /minuman yang dapat menghambat penyerapan zat besi.bumbu seperti bawang merah. cabai.logam lain yang dapat mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh pada saat minum tablet tambah darah dan segera makan makanan yang banyak mengandung Fe . misalnya Beberapa sayuran . paprika dan kunyit Kopi Teh coklat Penggunaan obat maag yang berfungsi menetralkan asam lambung.

Yang mengandung asam folat Asparagus Kuning telur Bayam Kacang merah Buah-buahan : jeruk. melon. anggur. pisang. stroberi .

Untuk itu perlu dihindari mengkonsumsi teh/kopi/ antasida bersamaan dengan makanan kaya zat besi .

Maka kondisi anemia membutuhkan perhatian lebih lanjut dan penanganan dokter .ANEMIA Kondisi anemia akibat perdarahan Penyakit darah Kelainan tubuh lainnya .

minum cukup air .Cara mengatasi efek samping tablet tambah darah Tingkatkan komsumsi makanan kaya serat seperti sayur dan buah .

TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT .