You are on page 1of 10

PEMANFAATAN PENGINDERAAN JAUH DAN

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK
INVENTARISASI JENIS MANGROVE
(Studi Kasus: Wilayah Pesisir Probolinggo, Jawa
Timur)

OLEH :

Ewalde T. De R.Maramis 13.25.005

5% (Alongi. Bagi Indonesia. Mangrove berkontribusi terhadap 10-15% sedimen simpanan karbon pesisir. Mangrove Indonesia menyimpan 3.000 kilometer pesisir Indonesia. mangrove merupakan kartu negosiasi penting dalam menghadapi perundingan perubahan iklim di Paris. Ketika laut pasang.14 miliar metrik ton karbon (PgC) (Murdiyarso et al.. Sekitar 3 juta hektare hutan mangrove tumbuh di sepanjang 95. Desember 2015 (CIFOR). Jumlah ini mencakup sepertiga stok karbon pesisir global (Pendleton et al. 2011). Kelompok pohonnya padat. 2014).I.. Tinggi pohon mangrove di Indonesia dapat mencapai 50 meter. hutan mangrove dibanjiri oleh air. menyimpan material organik yang sangat kaya (FAO. .. Jumlah ini mewakili 23% dari keseluruhan ekosistem mangrove dunia (Giri et al. 2007). lumpur tebal melapisi permukaan mangrove. sementara di wilayah pesisir global hanya menyumbang 0. Latar belakang Mangrove merupakan lumbung besar penyimpan karbon. 2015). Dan saat laut surut. 2012). dengan akar berkelindang keluar dari batang pohon.

Metode yang digunakan memiliki permasalahan yaitu bagaimana memanfaatkan citra untuk inventarisasi jenis mangrove dengan mengaplikasikan PJ dan SIG .II. . Rumusan Masalah Menginventarisasi jenis mangrove dengan memanfaatkan penginderaan jauh dan system informasi geografis .

III. . Tujuan Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk menginventarisasi jenis mangrove dengan memanfaatkan citra dan system informasi geografis.

IV. Manfaat Penelitian Manfaat dari inventarisasi jenis mangrove dengan memanfaatkan citra dan system informasi geografis adalah : • Mendapatkan kesimpulan dari jenis-jenis mangrove yang terdapat di wilayah studi kasus. • Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh Dinas terkait dan masyarakat luas. • Memberikan informasi tentang jenis-jenis mangrove yang terdapat diwilayah wilayah studi kasus dengan tujuan agar dapat di jaga dan di lestarikan. .

Peta RBI wilayah Probolinggo . • Inventarisasi jenis mangrove dilihat dari bentuk daun . .V. Jawa Timur. • Melakukan inventarisasi jenis mangrove dengan memanfaatkan citra Landsat 8. buah dan akar. • Data yang digunakan adalah citra Landsat 8 . Batasan Masalah Batasan masalah dalam penelitian adalah sebagai berikut : • Studi kasus penelitian di Wilayah Pesisir Probolinggo.

Rumusan masalah berisikan tentang hal yang akan diteliti oleh penulis dari penelitian tersebut. . Batasan masalah berisikan tentang batasan ruang lingkup yang diteliti oleh penulis pada penelitian tersebut. Sistematika Penulisan Adapun sistematika penulisan dalam penelitian ini sebagai berikut : • Bab I: PENDAHULUAN Berisikan tentang latar belakang yang merupakan alasan penulis mengambil judul tersebut.VI. Sistematika penulisan berisikan tentang tata cara dalam pelaksanaan penelitian. Tujuan penelitian berisikan tentang hal sasaran penulis melakukan penelitian tersebut.

• BAB II: DASAR TEORI Bagian ini berisi tentang gambaran lokasi penelitian serta kajian pustaka dan teori-teori yang berkaitan dengan penelitian ini. • BAB III: METODOLOGI PENELITIAN Berisikan penjelasan tentang bagaimana penelitian ini dilakukan. dimulai dari proses pengumpulan data. . pengolahan data sampai pada hasil akhir yang menjadi tujuan dilakukannya penelitian ini.

• BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN Bagian ini menjelaskan secara rinci pelaksanaan penelitian dalam mencapai hasil serta kajian dan pembahasan hasil dari penelitian ini. serta saran – saran yang berkaitan dengan kesesuaian penggunaan hasil penelitian agar tepat guna dan sasaran. • BAB V KESIMPULAN DAN SARAN Bagian ini merupakan uraian singkat tentang kesimpulan hasil pembahasan yang mencakup isi dari penelitian. .

VII.17 km2. Luas wilayah Kabupaten Probolinggo adalah 1. Indonesia. . Lokasi Penelitian Kabupaten Probolinggo adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur.696.8° 10' LS. Letak Kabupaten Probolinggo berada di 112° 51' - 113° 30' BT dan 7° 40' .