You are on page 1of 14

OLEH

:
PERSIAPAN
Kepala AKREDITASI
Seksi Registrasi dan
PUSKESMAS
Akreditasi
DINAS KESEHATAN KAB.PASBAR
ELMI MATRA ARIES,SKM,MKes

APA YG DIMAKSUD AKREDITASI. AKREDITASI PUSKESMAS ? Akreditasi adalah proses menilai instansi sejauh mana telah menerapkan standar pelayanan. Akreditasi merupakan penilaian secara menyeluruh tentang kondisi lembaga tersebut Akreditasi puskesmas adalah pengakuan terhadap Puskesmas yang diberikan oleh institusi yang berwenang setelah dinilai bahwa puskesmas telah memenuhi standar yang berlaku 2 .

mutu dan kinerja . Tujuan khusus • Memacu puskesmas untuk memenuhi standar yang ditetapkan • Menetapkan strata akreditasi puskesmas yang telah memenuhi standar yang ditentukan • Memberikan jaminan kepada petugas puskesmas bahwa pelayanan yang diberikan telah memenuhi standar yang ditetapkan • Memberikan jaminan kepada pelanggan/masyarakat bahwa pelayanan yang diberikan oleh puskesmas telah sesuai standar • Terbinanya puskesmas dalam rangka memperbaiki sistem pelayanan.Tujuan akreditasi puskesmas Tujuan umum: • Meningkatkan mutu layanan puskesmas.

aman serta terjamin bekerja pada puskesmas yang telah terakreditasi  Menambah kesadaran akan pentingnya pemenuhan standar dan peningkatan mutu sehingga dapat memotivasi untuk bekerja . artinya telah sesuai standar BAGI PETUGAS  Petugas merasa lebih tenang. MANFAAT AKREDITASI A. BAGI MASYARAKAT  Masyarakat akan lebih merasa aman karena mendapat pelayanan dari puskesmas yang telah terakreditasi B.

Apa yang dinilai dalam Akreditasi Puskesmas Penyelenggaraan Administrasi Manajemen Pelayanan Penyelenggaraan Yang Upaya Kesehatan Masyarakat diakreditasi Penyelenggaraan Upaya Kesehatan Perorangan .

SIAPA YANG MELAKUKAN PENILAIAN AKREDITASI PUSKESMAS ?? • BADAN AKREDITASI : 1. 4.Penilai terdiri para ahli di bidang kesehatan masyarakat atau Tenaga Kesehatan yang memiliki pengalaman bekerja di Puskesmas minimal 2 tahun ( Tim Pendamping Akreditasi Dinkes).KARS dan Fasyankes Lainnya atau 2.Komisi Akreditasi Puskesmas 3.Periode penilaian : per 3 tahun 6 .

IV. VIII. II. IX ≥ 20 %  Terakreditasi Madya: jika pencapaian nilai Bab I. II. VI. VII. II. Bab VI. VII. II. III. Bab VIII. VIII. V ≥ 75 %.KEPUTUSAN AKREDITASI  Tidak Terakreditasi: jika pencapaian nilai Bab I. VII ≥ 75 %. IX ≥ 20 %  Terakreditasi Utama: jika pencapaian nilai Bab I. IX ≥ 20 %  Terakreditasi Paripurna: jika pencapaian nilai semua Bab ≥ 75 % . V. VIII. IX kurang dari 20 %  Terakreditasi Dasar: jika pencapaian nilai Bab I. V. IV. dan III kurang dari 75 % dan Bab IV. III. VI. dan Bab IV. VI. VII. V. dan III ≥ 75 %.

KOMITMEN PUSKESMAS MANGARAN KAB. SITUBONDO .

PELAYANAN LOKET SEBELUM DAN SETELAH IMPLEMENTASI AKREDITASI 9 .

RUANG TUNGGU SEBELUM 10 .

RUANG TUNGGU PASIEN SETELAH AKREDITASI 11 .

antrian Pengaduan otomatis dan layanan pengaduan ( via email dan kotak .PUSKESMAS MAESAN Tidak Ada Sistem After Tersedianya sistem informasi Informasi Dan .

cetak . PUSKESMAS MAESAN B e fore 1 Terpasang media informasi elektronik. sehingga After sangat membantu pelayanan dan memudahkan akses .

be r s a p a i n y terc a di t a s i ak re TERIMA KASIH .+ i tm e n Ko m k u n ci a m a .