You are on page 1of 10

PENGEMBANGAN

KURIKULUM
D E S A I N KUR I KULU M B E R BA S I S I LM U
P E N G E TA H U A N

DOSEN PENGAMPU :
D R . Y U S N E LT I , M . P D

(A1C114036) PENDIDIKAN KIMIA REGULER . (A1C114015) FENI ALPONITA (A1C114016) D W I M AYAS A R I ( A 1 C 1 1 4 0 3 5 ) RTM INTAN S.KELOMPOK 3 GITA MONIKA (A1C1140 SEPTINA N.

pola. PENGERTIAN Globalisasi kurikuum Pendidikan Nasional DESAIN → rancangan. atau model Jadi. mendesain kurikulum berarti menyusun rancangan atau model kurikulum sesuai dengan misi dan visi sekolah .

. kurikulum aktualisasi diri. sosial. kurikulum sebagai fungsi sosial dan kurikulum yangberdasarkan minat individu. kompetensi yang bersifat spesifik atau kurikulum teknologi. proses. kurikulum rekonstruksi sosial. kurikulum sebagai 3. kurikulum rekonstruksi 1. kurikulum sebagai teknologi. kurikulum teknologi.MACAM DESAIN KURIKULUM : • Eisner danVallance (1974) membagi desain menjadi lima jenis yaitu model pengembangan proses kognitif.BEBERAPA AHLI MERUMUSKAN MACAM . akademik. membagi kurikulum menjadi kurikulum subject matter  disiplin. • McNeil (1977) membagi desain kurikulum menjadi empat model yaitu model kurikulum humanistis. dan kurikulum rasionalisasi akademis. • Saylor Alexander dan Lewis (1981). dan kurikulum subjek 2.

dan model kurikulum yang didasarkan kepada analisis situasional.MACAM DESAIN KURIKULUM : • Brennan (1985) mengembangkan tiga jenis model desain kurikulum. yaitu kurikulum yang berorientasi pada tujuan.BEBERAPA AHLI MERUMUSKAN MACAM . Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa desain kurikum ini tidak terlepas dari ilmu pengetahuan dan adanya kurikulum ini nantinya dapat mewujudkan tujuan pendidikan nasional . proses. model 4.

poster. Salah satu kurikulum yang berorientasi pada disiplin ilmu atau disebut juga kurikulum subjek akademis adalah Man a Course of Study ( MACOS ). Mereka menyusun materi pembelajaran apa yang harus dikuasai oleh siswa baik yang menyangkut data dan fakta.DESAIN KURIKULUM DISPLIN ILMU Model kurikulum yang berorientasi pada pengembangan intelektual siswa. yang dirancang untuk memperbaiki proses perbaikan pengajaran ilmu - ilmu sosial dan humanistis. dikembangkan oleh para ahli mata pelajaran sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing. permainan dan perlengkapan kelas lainnya. Kurikulum ini diperuntukkan untuk siswa - siswa sekolah dasar. Dalam paket kurikulum itu terdiri dari buku. konsep maupun teori yang ada dalam setiap disiplin ilmu mereka masing-masing. film. .

Melalui perbandingan dengan binatang.DESAIN KURIKULUM DISPLIN ILMU Pengembangan kurikulum mengharapkan siswa dapat menggali faktor . anak menyadari akan kemanusiannya. Tujuan utama kurikulum MACOS adalah perkembangan intelektual yaitu membangkitkan penghargaan dan keyakinan akan kemampuan sendiri dengan memberikan serangkaian cara kerja yang memungkinkan anak mampu menganalisis kehidupan sosial walaupun dengan cara yang sederhana.faktor penting yang menjadikan manusia sebagai manusia. . Dengan membandingkan suatu masyarakat dengan masyarakat lainnya anak akan memahami adanya aspek universal dari kebudayaan manusia.

      Subje ct centered curriculu • Correlated Curriculum m • Subject centered curriculum .BENTUK ORGANISASI KURIKULUM YANG BERORIENTASI PADA DISIPLIN ILMU: Integrate d Curriculu m .

ADA 3 PERSPEKTIF DESAIN KURIKULUM Perspektiv e Status Quo Perspektif Perspektif Pembaharu Masa an Depan .

THANKS .