Asuhan Persalinan

Normal
Nama : Dona Puspitasari
NIDM : 26.06.1002.2012

Tutor : dr. Edy Purwanta ,Sp.OG

Lamanya pada Primipara 12-18 jam dan pada Multipara 6-8 jam.III.Kala I ( Pembukaan ) Mulai dari adanya his sampai pembukaan lengkap. karena servik mulai membuka ( dilatasi ) dan mendatar ( affacement ). Tahapan Persalinan ( kala I. Pada saat partus mulai ditandai dengan keluarnya lendir baercampur darah ( bloody show ).II. Darah berasal dari pecahnya pembuluh darah kapiler sekitar kanalis servikalis karena pergeseran letika servik mendatar dan terbuka Kala I dibagi atas 2 fase : • Fase laten fase dimana pembukaan serviks berlangsung lambat sampai pembukaan 3 cm dan berlangsung dalam 7-8 jam .IV ) .

selanjutnya timbul his pelepasan dan pengeluaran uri sehingga seluruh plasenta terlepas.• yang berlasung selama 2 jam dan pembukaan lebih kurang 4 cm • Periode dilatasi maksimal yang berlangsung selama 2 jam dan pembukaan berlangsung cepat m Fase aktif fase yang berlangsung selama 6 jam dan di bagi atas : 1.½ jam dimana kontraksi rahim istirahat sebentar.terdorong kedalam vagina dan akan lahir spontan atau dengan sedikit dorongan dari atas simpisis atau fundus uteri berlangsung 5-30 menit setelah bayi lahir dan mengeluarkan darah kira-kira 100-200 cc . Lamanya pada PP adalah 1-2 jam dan pada MP ¼-1/2 jam sampai dengan ½-1 jam -.Uterus teraba keras dengan fundus uteri setinggi pusat. Kala III ( Pelepasan Plasenta ) Dimulai sejak bayi lahir sampai lahir plasenta. Kala II ( Pengeluaran ) dimulai dari pembukaan sampai anak lahir.menjadi tebal 2x sebelumnya. Periode akselerasi enjadi 9 cm 2. Lamanya kurang lebih ¼ . Peiode deselerasi yang berlangsung lambat yaitu dalam waktu 2 jam dan pembukaan jadi 10 / lengkap -.

interval makin pendek dan kekuatannya makin besar .Pinggang terasa sakit dan menjalar kedepan .makin beraktivitas semakin kuat .Kala IV ( Pengawasan ) adalah pengawasan selama 1 jam setelah bayi dan uri lahir untuk mengamati keadaan ibu terutama terhadap bahaya pendarahan postpartum. Tanda-tanda Persalinan 1. .mempunyai pengaruh terhadap perubahan servik . Tujuan Asuhan Persalinan Yaitu tercapainya kelangsungan hidup dan kesehatan yang tinggi bagi ibu serta bayinya melalui upaya dan kesehatan yang terintegrasi dan lengkap namun mengugunakan intervensi seminimal mungkin hingga prinsip keamanan dan kualitas terjaga pada tingkat yang seoptimal mungkin. Terjadinya his persalinan yang sifatnya : .sifat teratur.

pembukaan menyebabkan lendir terdapat pada canalis servikalis lepas . Pada pemeriksaan dalam ervic mendatar dan pembukaan telah ada . Keluar lendir bercampur darah ( show ) yang lebih banyak karena robekan kecil pada servik.pendataran dan pembukaan .terjadi pendarahan karena kapiler pembuluh darah pecah 3.2. Dengan adanya his persalinan terjadi perubahan pada servik yang menimbulkan : . Pengeluaran cairan Pada beberapa kasus terjadi ketubah pecah yang menyebabkan pengeluaran cairan sebagian ketuban pecah menjelang pemukaan lengkap.dengan itu diharapkan persalinan berlangsung dalam waktu 24 jam 4.

dan boudeloque .oseander.5 cm . Alat pengukur ukuran panggul . FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSALINAN Passage ( jalan lahir ) Ukuran panggul : 1.distandia cristarum : jarak antara kedua crista iliaka kanan dan kiri 28-30 cm .Distansia tubwerum ( dipakai oseander ) 10.Distansia spinarum : jarak antara kedua SIAS 24-26 cm .jangka panggul : martin.pelvimetri klinis dengan pemeriksaan dalam .pita meter .konjugata diagonalis ( periksa dalam ) 12.konjugata externa ( boudelque ) 18-20 cm .collin.5 cm .lingkaran panggul 80-90 cm . Ukuran luar panggul .pelvimetri rontgenologis dibuat oleh ahli radiologi yang hasilnya di interprenstasikan serta di kalkulasikan oleh ahli kebidanan 2.

4. dan pinggir atas simpisis puplis. . . PAP merupakan suatu bidang yang dibentuk oleh promontorium . Jarak antara spina ischiadika 11 cm .3.5-11 . Konjugata obstetrica adalah jark bagian tengah simpisi ke promontotorium.5 cm -. Konjugata tranversa konj. Konjugata vera dengan PD diperoleh konj diaonalis 1.5 x11 cm -. Bidang tersempit ukurannya 11. Ruang tengah panggul -. Bidang terluas ukurannya 13 x 12. Ukuran dalam Panggul . 12-13 cm . linea inominata.

His pendahuluan ( his palsu ) yaitu peningkatan kontraksi braxton hick yang sifatnya : . .tidak ada pengaruh pada pendataran serviks.lamanya his pendek .pada laki-laki kurang dari 80 derajat Power ( kekuatan ) Yaitu tenaga yang mendorongan anak keluar.5 cm -.kalau dibawa jalan tidak bertambah kuat malahan sering berkurang . Pintu bawah panggul . Arkus publis membentuk sudt 90 derajat lebih. Yang termasuk yaitu : His/kontraksi uterus macam-macam his : 1. Ukuran melintang 10.tidak teratur .5.tidak bertambah kuat dengan majunya waktu .nyeri yang hanya terasa dibagian bawah . Ukuran anterio posterior 10-11 cm -.

makin lama makin pendek intervalnya .mempunyai pengaruh pada pendataran dan pembukaan • Tenaga mengedan setelah pembukaan lengkap.bila kepala janin sudah lahir maka bagian yang lain menyusul kemudian.his kuat. His Persalinan yaitu his yang datang berulang yang menimbulkan pembukaan pada servik yang sifatnya : .mak timbulah perasaan mengedan.2.teratur .Nyeri melingkar dari punggung memancar keperut bagian depan .kalau dibawa berjalan bertambah kuat .dan banyak mengalami cidera pada persalinan hingga membahayakan kehidupan janin. .kepala sudah turun. * Passanger • Janin Bagian yang besar dan keras adalah kepala janin dapat mempengruhi jalan persalinan.