Prinsip pengawetan

makanan

menurut Widayani (2008) prinsip pengawetan makanan ada tiga. • Mencegah kerusakan yang disebabkan oleh faktor lingkungan termasuk serangan mikroorganisme penyebab penyakit. yaitu : • Mencegah atau memperlambat laju proses dekomposisi (autolisis) bahan pangan.Secara umum. • Mencegah atau memperlambat kerusakan microbial. .

Prinsip pengawetan makanan terdapat beberapa cara 1. Sterilisasi ± 10000C mikroba dan sporanya . Pasteurisasi ± 7000C mikroba patogen mati b. Pemanasan a.

2. Pengeringan menghilangkan/mengeluarkan air dari bahan makanan .

Pendinginan atau pembekuan * membuat mikroba menjadi tidak aktif * mikroba tumbuh mulai 00C + dan akan menghambat pertumbuhan pada -100C .3.

Pengasaman menonaktifkan berkembang biaknya mikroba dan mematikan sporanya • pH berperan terhadap daya hambat pertumbuhan mikroba pembusuk • Pada umumnya mikroba mati pada pH kurang dari 4.0 .4.

5. . Pengasinan atau penggaraman * membunuh bakteri pembusuk * sifat osmotik yang tinggi sehingga memecah membran sel mikroba.

. * penambahan gula ke dalam sebuah produk akan memberikan efek pengawetan karena air tidak lagi tersedia untuk pertumbuhan organisme pembusuk. Pemanisan * Gula dapat mengikat air secara efisien.6.

7. Radiasi Radiasi terhadap mikroba dapat merusak DNA sel hidup .