Desain Laboratorium IPA

Materi-3

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
Direktorat Pembinaan SMP
2015

2 Menggambar desain laboratorium IPA dengan fasilitas disesuaikan dengan luas dan jumlah praktikan . peralatan. dan fasilitas laboratorium 3. diharapkan peserta dapat : 3.1 Mengatur tata letak bahan. TUJUAN Setelah mengikuti kegiatan ini.

Desain Laboratorium 3. Lay out ruang laboratorium 2. CAKUPAN MATERI Desain Laboratorium IPA 1. Melakukan administrasi ruang laboratorium .

Anda akan: 1.Mengerjakan Tugas dalam Kelompok /Praktek(30%) . AKTIVITAS PENDAMPINGAN Untuk mencapai tujuan(-tujuan) sesi ini.Mendengarkan paparan materi (50%) 2.Mengajukan pertanyaan dan diskusi (20%) 3.

Pada pembahasan ini hanya akan dibahas laboratorium berupa ruang. Biologi dapat berupa kebun biologi. . laboratorium yang digunakan dapat berupa ruang atau alam terbuka misalnya untuk Lab.  Dalam pelajaran IPA. RUANG LINGKUP  Laboratorium sering diartikan sebagai suatu ruang atau tempat dilakukannya percobaan atau penelitian.

. 2. DESAIN LABORATORIUM Desain Laboratorium disesuaikan dengan: 1. atau Biokimia. Biologi.Peruntukan laboratorium.5 m2/ praktikan.Jumlah praktikan. 3. Kimia.Jenjang/tingkatan pendidikan. seperti Lab. Fisika. rasio luasnya 2.

. bahkan lebih spesifik seperti: Lab. Lab. Lab. Genetika. IPA. ada jenis lab. Lab. Musik. jenis lab. dsb. seperti: o Lab.  Untuk efisiensi tempat. Lab. jenis lab.  Pada tingkatan Perguruan Tinggi. yang disebut dengan Science Classroom-Laboratory . Lab. Bahasa. dsb. Lab. Lab. dibuat berdasarkan mata pelajaran. Kimia. berdasar pengembangan cabang ilmu. Biologi. yang difungsikan pula sebagai ruang kelas. Hirarki (Tata Urutan) Sistem Inventaris Laboratorium IPA  Pada tingkat Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah. Lab. Kultur Jaringan Tumbuhan. Lab. seperti: o Lab. Zoologi. Komputer. Lab. Botani. Fisika. Fisiologi. Lab. Pengujian Kualitas Air.

.

.

.

jaringan air dan jaringan gas. • Setiap laboratorium harus memiliki denah yang menggambarkan keadaan macam ruangan  yang ada. Administrasi Ruangan Laboratorium • Informasi tentang jumlah ruangan yang dimiliki. dan kapasitas dalam Format A. . sekaligus ukuran (luas ruang). • Ruangan-ruangan tersebut harus  tercatat namanya. jaringan listrik. ukuran.

PERTANYAAN Berdasarkan pemahaman Anda: •Bagaimanakah efektivitas desain laboratorium berikut. dan bedakah dengan tata letak Laboratorium sebelumnya? .

.

.

Mudah terjangkau. 3. 2. .Memperhitungkan arah angin agar tidak terjadi penyebaran gas berbahaya ke daerah pemukiman warga. Tata Letak Laboratorium Ada beberapa persyaratan dalam pembangunan Laboratorium IPA yaitu: Lokasi 1. 4.Jauh dari sumber air atau daerah resapan air. sehingga jika ada kebakaran dengan mudah dipadamkan.Jangan terlalu dekat dengan bangunan lain.

3. 2. 6. Ruangan ini terdiri atas 70-80 % total luas bangunan.Ruang utama. Tata Letak Laboratorium  Tata Ruang. 5. untuk menyimpan alat dan bahan yang jarang digunakan atau persediaan.Ruang gelap (Dark Room).Ruang Persiapan.Ruang administratif. .Ruang penyimpanan. terdiri atas: 1. digunakan untuk menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk praktikum.Ruang spesimen. 4. merupakan ruang tempat siswa melakukan praktikum.

.

Terima kasih .