You are on page 1of 12

Study Kolaboratif

Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia
Bangka Tengah

Nama NISN Kelas
1.Daffa Ariesta Fathul Barri 0020571659 X MIPA 1
2.Arianto 0010251313 X MIPA 1
3.Rahmasari 0014637814 X MIPA 1
4.Bella Puspita Aziatri 0018012399 X MIPA 2
5.Sri Risky Utami 0012138630 X MIPA 2
6.Safira Amalia 0017937941 X MIPA 2

Tak hanya di Palembang ia bahkan juga membangun kota baru yakni kota Mentok atau kota Muntok yang terletak di pulau Bangka.Sejarah Kota Muntok Sultan Mahmud giat melaksanakan pembangunan. . beliau membangun benteng. Bahkan istrinya yang bergelar Mas Ayu Ratu itu pula yang menetapkan letak kota Mentok yakni di pesisir Barat pulau Bangka. dan kanal-kanal.Masjid Agung. Mentok didirikan sebagai penghormatan terhadap istri pertamanya yang berasal dari pulau Siantan. dekat Gunung Menumbing Kota Mentok yang mulai di bangun pada bulan September 1734 menjadi bertambah maju terutama setelah sejumlah orang Siantan yakni dari keluarga Mas Ayu Ratu menemukan tambang timah di pesisir kota itu.

tapi di museum ini juga dilengkapi perpustakaan untuk membantu pengunjung mendapatkan informasi . Pembangunan museum ini digagas sejak tahun 2012   yang pada langkah awalnya yakni PT.Sejarah Museum Timah Indonesia Salah satu destinasi wisata di Pulau Bangka yaitu Museum Timah Muntok Kabupaten Bangka Barat Provinsi Bangka Belitung yang di resmikan pada 7 November 2013 .Timah melakukan konservasi gedung Di ruangan Museum Timah Muntok ini terdapat galeri sejarah para pemimpin yang pernah diasingkan di Muntok dan galeri yang menggambarkan sejarah perang dunia kedua Selain itu Museum Timah Muntok bukan saja hanya mengoleksi barang bersejarah. Museum Timah Bangka Muntok ini dulunya bernama "Gedung Hoofdbureau-banka tin winning" yang kini menjadi museum dulunya merupakan tempat pengaturan pertimahan di Pulau Bangka.

Proses Pembentukan Timah .

Proses terbentuknya endapan timah primer Endapan timah primer terbentuk sebagai bagian dari proses magmatisme pembentukan batuan beku granit yang merupakan batuan bersifat asam. Mineral casiterite inilah sebagai mineral pembawa endapan timah di Indonesia . Pada saat-saat akhir pembentukan batuan. Senyawa tersebut  kemudian bereaksi dengan air (H2O) membentuk mineral SnO2 (Casiterite) dan HF. kondisi magma banyak mengandung gas sebagai larutan sisa. yang diantarannya adalah senyawa SnF4. yaitu pada suhu sekitar 800o sd 400 o celcius.

endapan sungai. serta adanya cekungan atau lembah yang menjadi • Tipologi endapan timah placer terdiri tempatelluvial.Proses terbentuknya endapan timah pacer Endapan timah placer sering • Faktor-faktor yang disebut juga sebagai endapan mengontrol terbentuknya timah alluvial. Sebagian besar endapan perlapukan yang ditemukan di kepulauan timah Indonesia adalah endapan sungai (alluvial). sedimentasi. Meskipun saat ini keberadaannya banyak (granit tipe S). erosi. endapan kipas. terjadinya di laut. terendapkan kondisinya masih transportasi dan berupa daratan. namun pada saat proses pelapukan. . dari endapan terendapkannya coluvial. endapan rawa material dan hasil timah endapan pantai. karena sebagian endapan timah placer besarnya berupa endapan adalah keberadaan bantuan sedimen yang terbentuk di sumber pembawa timah daratan (alluvial).

tentunya terkandung didalam laut. Proses penambangan timah melakukan pengekslorasian alluvial menggunakan pompa semprot terlebih dahulu. Hasil produksi dari mitra usaha dibeli oleh perusahaan sesuai . mitra usaha melakukan kegiatan daerah yang memiliki timah penambangan berdasarkan perencanaan untuk melakukan ekspedisi yang diberikan oleh perusahaan dengan terhadap daerah tersebut memberikan peta cadangan yang telah dengan cara di Cam atau di dilakukan pemboran untuk mengetahui Bor terlebih dahulu kekayaan dari cadangan tersebut dan mengarahkan agar sesuai dengan pedoman atau prosedur pengelolaan lingkungan hidup dan keselamatan kerja di lapangan. Eksplorasi dan PenambanganTimah di Bangka Belitung Penambangan Lepas Pantai • Penambangan Timah Darat Penambangan darat dilakukan di wilayah Untuk menemukan timah yang daratan Pulau Bangka Belitung.Setiap kontraktor atau kecil itu dikirimkan ke daerah. para sistem operasional yang digunakan pekerja penambangan timah tidaklah sama seperti pada wilayah lepas biasanya menggunakan sapu kapal (kapal kecil ragi) untuk pantai. Kapal-kapal (gravel pump).

seng. logam berat tersebut akan terakumulasi di dalam . apa dampak yang terjadi dari akan berakhir sebagai pembentukan kolong ini tailing. dalam jangka panjang. Ketika pertambangan timbal pada era kerajaan Romawi masuk kedalam tubuh masih memproduksi air asam tambang 2000 makhluk hidup logam- tahun setelahnya. merkuri. dan arsen. Sebagai contoh. Sekitar 97 persen sudah tidak produkti dalam bentuk kolong seperti dari bijih yang diolah oleh seseorang yang sedang membuat kolam tapi dengan ukuran 10 sampai 1000 kali lebih besar pabrik pengolahan bijih dari kolam biasa.Dampak Yang Ditimbulkan Akibat dari Eksplorasi Timah di Bangka Belitung Terbentuknya Kolong Tambang oTailing Bukan terbentuk dari alam seperti halnya danau. timbal sudah terbentuk maka akan sangat sulit untuk atau timah hitam. Ketika air asam tambang seperti tembaga. menghentikannya karena sifat alamiah dari reaksi yang terjadi pada batuan. Tailing dihasilkan dari danau di daerah lain namun itulah hasil akhir dari penambangan timah yang tidak terkoordinasi dan operasi pertambangan bersifat ilegal biasanya membuat pelaku usaha dalam jumlah yang sangat meninggalkan lahan yang mereka kerjakan karena besar. Tailing   mengandung logam-logam Air Asam Tambang berat dalam kadar yang Air asam tambang mengandung logam-logam berat berpotensi menimbulkan dampak lingkungan cukup mengkhawatirkan.

memprihatinkan banyak yang keberadaan kapal kapal ini semakin memang diurus tapi juga tidak tidak jelas apakah resmi atau tidak. membuat kayu membuat sakit mata dan sakit hati. Meranti. Pantai- pantai yang dulu terlihat eksotis hanyalah sekumpulan besar kapal- kini terlihat sangat kapal hisap dan kapal keruk. dsb sepanjang mata memandang yang lihat menjadi sangat langka. Seruk. jadi sudah hampir ditentukan. sedikit rusak dikarenakan adanya yang pasti masyarakat kecil di Pulau kegiatan penambangan disekitar Bangka tidak ikut menikmati sekaligus pantai. jenis Garu.Dampak Yang Ditimbulkan Akibat dari Eksplorasi Timah di Bangka Belitung Rusaknya Ekosistem di Darat Rusaknya Ekosistem di Laut Dahulu eksploitasi tambang laut Lokasi penambangan  dimulai dilakukan oleh PT. contohnya Pantai Rebo menghancurkan isi laut dalam hal ini. Timah di tambang dengan Kapal lindung/ konservasi menjadi Keruk dan Kapal Hisap yang relatif target mereka entah itu jumlahnya masih kecil dan masih dikerjakan secara legal ataupun tertata dengan batas-batas yang telah ilegal. namun sekarang jika setengah dari luas hutan di pulau memandang ke laut lepas dari Bangka sekarang menjadi sekeliling pantai di Pulau Bangka akan daratan pasir.Timah dan dari bibir pantai hingga hutan perusahaan swasta di bawah kendali produksi dan tidak sedikit hutan PT.   .

Kelapa. dan Melayu itu terbukti dari karena bagi masyarakat Bangka banyaknya penemuan ratusan kedepannya akan sangat sulit untuk kapal karam berisi barang mengenalkan nama-nama jenis pohon dan dagangan seperti perhiasan. dsb mahluk air di sekitar pantai kepada anak yang diperkirakan berusia cucunya kelak dikarenakan pohon tersebut ratusan tahun. karena kayu-kayu tersebut umumnya sudah habis dibabat oleh alat-alat berat (PC) agar dapat . mangkok. korban keganasan kapal keruk Karet. mudah rapuh dan tidak tahan lama. dsb yang secara kualitas sangat dan kapal hisap. sekarang sudah tidak dapat lagi tumbuh di tanah semenjak laut Bangka di yang berpasir. Dampak dari pertambangan eksploitasi secara besar timah darat juga mengakibatkan besaran  menemukan sisa masyarakat harus membangun rumah kerangka kapal saja sudah dengan kayu tidak sulit karena telah ikut menjadi berkelas seperti kayu Cempedak. piring.Dampak Yang Ditimbulkan Akibat dari Eksplorasi Timah di Bangka Belitung Hilangnya sebagian sejarah Dampak Psikologis untuk Anak Cucu Bangka masyarakat Bangka Dahulu Pulau Bangka terkenal Saat ini mungkin anak cucu kita tidak begitu sebagai tempat singgah atau mengerti akan apa yang sedang dialami perniagaan dari Bangsa China oleh bumi tempat ia berpijak dan lahir. guci.

Dampak Yang Ditimbulkan Akibat dari Eksplorasi Timah di Bangka Belitung .

Terima Studi Kasih @2017 Kolaboratif .