You are on page 1of 20

STANDAR PROFESIONAL

DALAM PRAKTIK
KEPERAWATAN
By
Rina Al Kahfi, S.Kep.,Ns

Tujuan Perlu kita ketahui
Pembelajaran

Bahwa didalam standar
profesional dalam
sebuah praktik
keperawatan
Seluruh mahasiswa
mampu memahami
tentang standar Etika dan nilai, kode etik
profesional keperawatan profesional,
keperawatan nilai, etika dan filosofi,
sudut pandang
keperawatan dan
masalah dalam bioetik

Etik lebih mengarah kepada tindakan yang menggambarkan komitmen individu. kelompok-kelompok individu dan untuk masyarakat luas. profesi ataupun masyarakat . baik bagi individu. Etika dan Nilai Etika Studi tentang perilaku dan karakter.

nilai-nilai dan keputusan adalah satu komponen yang tidak boleh bertentangan . lanjutan Dampak dari sebuah pengambilan keputusan terkait pelayanan kesehatan sedangkan dalam mengambil keputusan terdapat perbedaan nilai-nilai antara individu Kesalahpahaman tentang melakukan sesuatu yang benar Etik.

Istilah-istilah dasar dalam etika kesehatan • Otonomi merupakan komitmen terhadap klien dalam mengambil keputusan tentang semua aspek pelayanan. • Kebaikan merupakan tindakan positif untuk membantu orang lain. Persetujuan dilakukan tindakan operasi. Membantu anak untuk minum obat meskipun anda sedang sibuk .

lanjutan • Tidak mencederai didalam pelayanan kesehatan praktik etik tidak hanya melibatkan keinginan untu melakukan kebaikan . tetapi juga janji tidak untuk mencederai. Melakukan pemasangan infus yang sesuai dengan SOP sehingga meminimal lisir tidak mencederai pasien. .

Lanjutan • Keadilan Merujuk pada kejujuran. Janji setia mendukung rasa tidak ingin untuk meningggalkan klien. meskipun klien tidak menyetujui keputusan yang telah dibuat . dalam hal ini adalah kejujuran dalam memberikan pelayanan kesehatan • Kesetiaan Persetujuan untuk menepati janji.

akuntabilitas dan kerahasiaan . tanggung jawab. Kode Etik Keperawatan Profesional Kode etik Sekumpulan prinsip petunjuk yang disetujui oleh semua anggota suatu profesi Prinsip dasarnya : Advokasi.

Lanjut yaaa!!!!! ADVOKASI Merujuk pada sebuah dukungan yakni bagian pian itu harus tahu bahwa hal ini meliputi Advokasi terhadap kesehatan. keamanan dan hak klien. Anda harus menjaga hak klien atas privasi fisik dan pemeriksaan yang dilakukan. .

TANGGUNG JAWAB Keinginan untuk melaksanakan kewajiban dan memenuhi janji Sebagai perawat tentunya anda harus bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukan Harus memiliki kompetensi praktik agar mampu melakukan tanggung jawab dgn baik .

AKUNTABILITAS Merujuk pada kemampuan seseorang untuk menjelaskan alasan tindakan yang dilakukan terhadap orang lain atau pasien .

KERAHASIAAN HIPAA ( The Health Insurance Portability and Accountability Act of 1996 ) Membuat aturan tentang perlindungan pribadi terhadap informasi kesehatan personal klien Anda tidak dapat menyalin rekam medis tanpa izin dari klien dan anda tidak dapat membagi informasi pelayanan kesehatan. diagnosis dan prognosis dengan orang lain tanpa izin khusus dari klien . termasuk hasil lab.

.Rokeach. adat istiadat atau objek yang menentukan standar yang mempengaruhi perilaku (Maslow. NILAI Nilai merupakan kepercayaan individu tentang kegunaan dari ide. sikap.1997. 1973).

(meskipun tidak perubahan dan perkembangan yg tidak selalu menjadi kunci diharapkan yang terjadi dalam dalam mencari kehidupan penyelesaian dilema Mempengaruhi etik. tentunya anda perlu untuk menoleransi • Pola asuh yang didapatkan si anak dari tumbuh sampai perbedaan yang dewasa. pembentukan nilai .Nilai PEMBENTUKAN NILAI KLARIFIKASI NILAI Perkembangan nilai dimulai Dalam proses sejak masa kanak-kanak. terkadang • Pengalaman individu. dibentuk oleh pengalaman klarifikasi nilai dalam keluarga.

seks yg aman mengurangi penyebaran HIV. . pengalaman dan nilai-nilai. contoh : pendidikan praktik hub. • Deontologi praktisi pelayanan kesehatan • Utilitarianisme bahwa nilai dari sesuatu adalah berdasarkan kegunaannya. ETIKA DAN FILOSOFI Pada umumnya dasar dari filosofi etik terdiri dari kepercayaan pribadi yang terdapat pada anda.

• Etika Feminis Lebih berfokus pada perbedaan antar individu • Etika pelayanan Etika pelayanan lebih mengarah pada pembagian tugas yang disesuaikan dengan fungsi dan peran profesinya masing-masing. contoh : etika pelayanan antara dokter dan perawat. . • Konsensus dalam Bioetik kebijaksanaan kolektif dalam membantu sebuah kelompok membuat keputusan terbaik.

SUDUT PANDANG KEPERAWATAN Bagaimana Menanggulangi Dilema Etik a. Kumpulkan informasi yang berhubungan dengan kasus c. apakah ini merupakan dilema etik ?? b. Evaluasi rencana tersebut terus-menerus . pendapat dan nilai d. bedakan antara fakta. Kenali pilihan tindakan yang memungkinkan f. Kemukaan masalah tersebut e. Negosiasikan sebuah rencana g. Buat pertanyaan. Klarifikasi nilai.

. tetapi yang tetap ada untuk bisa memblok itu semua adalah sebuah tanggung jawab untuk menjaga keterampilan dan kesabaran dalam menangani masalah.MASALAH DALAM BIOETIK Secara umum masalah akan ditemukan dalam semua jenis tempat kerja dan masalah akan berubah sesuai dengan perubahan sosial dan teknologi.

Penyebab masalah etik terkini • Kualitas hidup • Skrining genetik • Perawatan yang sia-sia • Alokasi kelangkangan sumber daya : akses ke pelayanan • Alokasi kelangkangan sumber daya : kekurangan tenaga perawat .

THANK YOU SEMOGA BERMANFAAT !!!!!!!! .