Kerangka Penulisan

Karya Ilmiah

Kerangka Penulisan

 Kelengkapannya disesuaikan dengan jenis hasil
penelitian.
 Tidak harus membuat sendiri, mengikuti
sistematika penulisan karya ilmiah yang sudah
ada.

Kenapa Butuh Kerangka Ilmiah

 Kerangka Penulisan Karya Ilmiah PENTING untuk
memudahkan kita menuangkan IDE dan
GAGASAN dalam karya Ilmiah.
 Untuk membedakan dengan karangan non
ilmiah.

Tahapan Penyusunan Karya Ilmiah  Tahap persiapan  Tahap Penulisan Data  Tahap Pengorganisasian/Penyuntingan/Evaluasi .

 Menentukan tujuan  Mengumpulkan bahan/data  Mengembangkan kerangka pemikiran yang berupa kajian teoritis  Membuat hipotesis  Menyusun metodologi . Tahap Persiapan  Menemukan masalah yang akan dibahas dalam penelitian.

Tahap Penulisan  Tahap Penulisan merupakan perwujudan tahap persiapan ditambah dengan pembahasan yang dilakukan selama dan setelah penulisan selesai. .

penyusunan kalimat.  Menghindari pemakaian bahasa yang kurang efektif. penyusunan paragraf. Tahap Pengorganisasian/Penyuntingan/Evaluasi  Tahap penyuntingan dilakukan setelah proses penulisan dianggap selesai. . maupun penerapan kaidah ejaan.  Menghindari penyajian yang berulang-ulang atau tumpang tindih (overlapping). misalnya dalam penulisan dan pemilihan kata.  Tujuan :  Melengkapi yang kurang.  Membuang yang kurang relevan.

Kerangka Penulisan Karya Ilmiah— penelitian kuantitatif  Halaman Sampul  Lembar Logo  Halaman Judul  Lembar Persetujuan 1) Lembar Persetujuan dari Pembimbing Skripsi 2) Lembar Persetujuan Sekaligus Ratifikasi Skripsi  Abstrak  Kata Pengantar  Daftar Isi  Daftar Tabel  Daftar Gambar  Daftar Lampiran .

Rumusan Masalah C. Kerangka Penulisan Karya Ilmiah— penelitian kuantitatif  BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah B. Definisi Istilah . Hipotesis Penelitian E. Tujuan Penelitian D. Ruang Lingkup Dan Batasan Penelitian G. Kegunaan Penelitian Anggapan Penelitian F.

E.. Kerangka Penulisan Karya Ilmiah— penelitian kuantitatif  BAB II KAJIAN PUSTAKA A. . ……………………. ……………………. B. …………………….. ……………………. D.. Dst. C..

Pengumpulan Data E. Kerangka Penulisan Karya Ilmiah— penelitian kuantitatif  BAB III METODE PENELITIAN A. Populasi Dan Sampel C. Instrumen Penelitian D. Analisis Data . Rancangan Penelitian B.

Pelukisan Data B. Kerangka Penulisan Karya Ilmiah— penelitian kuantitatif  BAB IV HASIL PENELITIAN A. Pengujian Hipotesis .

……………………… B. ……………………… C. ……………………… E. …………………….. Kerangka Penulisan Karya Ilmiah— penelitian kuantitatif  BAB V PEMBAHASAN A. . D. Dst.

Kesimpulan B. Kerangka Penulisan Karya Ilmiah—penelitian kuantitatif  BAB VI PENUTUP A. Saran .

Kerangka Penulisan Karya Ilmiah— penelitian kuantitatif  Daftar Rujukan Pernyataan Keaslian Tulisan Lampiran Riwayat Hidup .

–    Lampiran. –   Kata pengantar. Bagian penunjang : –   Daftar pustaka.   C. .   B. Bab III: Tinjauan/ulasan. Bab II: Kajian teori dan fakta mengenai hal yang dipermasalahkan.lampiran. Bagian Isi : Bab I : Pendahuluan uraian mengenai hal yang dipermasalahkan. –   Lembar pengesahan. –   Abstrak. Bab IV: Kesimpulan. Kerangka Penulisan Ilmiah---TINJAUAN/ULASAN ILMIAH HASIL GAGASAN SENDIRI Bagian Pendahuluan : –   Halaman judul. –   Daftar isi.

Bagian Pendahuluan –         Kata pengantar –         Daftar isi –         Penjelasan tujuan buku pelajaran –         Petunjuk penggunaan buku –         Petunjuk pengerjaan soal latihan   B. Bagian isi –         Judul bab atau topic isi bahasan –         Uraian singkat isi pokok bahasan –         Penjelasan tujuan bab –         Uraian isi pelajaran –         Penjelasan teori –         Sajian contoh –         Ringkasan isi bab –         Soal latihan –         Kunci jawaban soal latihan   C. Kerangka Penulisan Karya Ilmiah---Buku A. Bagian penunjang –         Daftar pustaka –         Lampiran-lampiran .

Penjelasan Komponen  JUDUL (a) Dirumuskan secara singkat(b) Mencerminkan area permasalahan. variabel penelitian dan target populasi(c) Memuat kata-kata kunci yang akan diacu dalam penelitian(d) Memisahkan antara judul utama dan judul pelengkap .

Pada Bagian akhir teks (di pojok kanan-bawah) dicantumkan kata penulis tanpa menyebut nama terang. Penjelasan Komponen  Kata Pengantar o Dicantumkan ucapan terima kasih penulis kepada semua pihak yang membantu dalam penyelesaian karya ilmiah. . o Panjang teks tidak lebih dari 2 halaman.

o Teks abstrak disajikan secara padat intisari tidak lebih dari 2 halaman. Penjelasan Komponen  Abstrak o Dicantumkan kata kunci 3-5 buah. . Pada Bagian akhir teks (di pojok kanan-bawah) dicantumkan kata penulis tanpa menyebut nama terang.

Abstrak Disajikan secara padat intisari penelitian dan laporan penelitian yang mencakup latar belakang. kesimpulan yang dapat ditarik. . metode yang digunakan. dan saran yang diajukan. hasil yang diperoleh. masalah yang diteliti.

alasan mengapa penelitian dilakukan. tujuan dan hipotesis jika ada. .  Pendahuluan laporan penelitian > kompleks dibandingkan pendahuluan untuk makalah atau artikel ilmiah. PENDAHULUAN  Pengantar untuk mengetahui topik penelitian.  Biasanya memuat latar belakang singkat.

 Teori bisa disusun sendiri secara eklektik. bisa juga berupa teori yang digunakan oleh seorang ahli. . TINJAUAN PUSTAKA  Berisi kerangka teoritis yang digunakan untuk landasan kerja penelitian.  Teori harus dapat dipertanggung jawabkan melalui kajian sejumlah pustaka dan hasil penelitian dalam lingkup topik penelitian.

pengolahan data. prosedur penelitian dimulai dari pengumpulan data. . Metode  Metode penelitian dalam laporan penelitian kuantitatif. dan diakhiri dengan analisis data.

. dan teknik pengambilan sampel (3) Variabel yang dirumuskan secara operasional. (5) teknik pengumpulan data . (2) populasi. sampel. Metode  Yang perlu diuraikan dalam bab pendekatan atau penelitian kuantitatif adalah: (1) jenis dan desain penelitian. (6) teknik pengolahan dan analisis data. (4) instrument penelitian disertai penentuan validitas dan reliabilitasnya.

(5) alat dan teknik pengumpulan data. (3) sumber data. (2) fokus penelitian. (4) teknik sampling. (7) Model analisis data. (8) Prosedur penelitian. . Metode  Metode penelitian dalam laporan penelitian kualitatif mencakup bagian-bagian sebagai berikut: (1) dasar penelitian. (6) objektivitas dan keabsahan data.

 Dalam hasil disampaikan data yang diperoleh dalam penelitian.  Dengan demikian hasil harus disajikan secara objektif dan sesuai dengan data yang diperoleh (tabel atau gambar). . Hasil dan Pembahasan  Dalam laporan penelitian bagian hasil dan pembahasan kecenderungannya dibuat dalam bentuk bab.

 Bagian pembahasan ini memperlihatkan ketajaman dan keluasan wawasan penulis mengenai permasalahan yang dikajinya. Hasil dan Pembahasan  PembahasanBagian ini berisi pembahasan tentang hasil penelitian sesuai dengan acuan dan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. .

 Berisi tentang kupasan. argumentasi dan pendirian penulisan mengenai masalah yang dibicarakan. . Pembahasan berisi hasil analisis dan hasil penelitian yang dikaitkan dengan struktur pengetahuan yang telah mapan (tinjauan pustaka yang diacu oleh penulis). dan memunculkan ‘teori-teori’ baru atau modifikasi terhadap teori-teori yang telah ada. analisis.

tujuan. dan merupakan ringkasan dari hasil pembahasan dan analisi.  Simpulan harus sejalan dengan masalah. . Penutup/Kesimpulan dan Saran  Simpulan hendaknya berisi uraian tentang -temuan yang penting dalam penelitian dan implikasi-implikasi dari temuan tersebut.  Uraian dalam simpulan harus menjawab masalah yang dikemukakan dalam bab pendahuluan dan memenuhi semua tujuan penelitian.

 Saran dikemukakan dengan mengaitkan temuan dalam simpulan dan jika memungkinkan jalan keluarnya juga disampaikan. Selain itu.  Saran dapat bersifat praktis atau teoritis. perlu juga dikemukakan masalah-masalah baru yang ditemukan dalan penelitian yang memerlukan penelitian lanjutan. .

. berupa saran atai rekomendari bagi penelitian lebih lanjut.(e) Saran semata-mata ditujukan pada upaya perbaikan atas kelemahan-kelemahan yang dikemukakan atau berupa rekomendasi aplikasi temuan.(d) Saran yang dikemukakan bersifat objektif dan disertai langkah-langkah operasional bagi implementasinya. Kesimpulan dan saran dikategorikan baik jika memenuhi syarat sebagai berikut:(a) Pernyataan mengenai kesimpulan diungkap secara tepat dan akurat tanpa disertai pernyataan baru atau pengantar yang tidak relevan(b) Kesimpulan dibuat menurut ruang lingkup generalisasi atas dasar justifikasi data yang disajikan(c) Kesimpulan seyogyanya diikuti dengan pertanyaan-pertanyaan baru.

. karena itu sumber tertulis lain yang tidak dikutip meskipun pernah dibaca penulis dalam kaitannya dengan penulisan skripsinya tidak perlu dimasukkan dalam daftar pustaka. Daftar Pustaka  Daftar pustaka hanya berisi sumber-sumber tertulis yang dikutip dan digunakan dalam karya ilmiah (skripsi).

 Penulisan pustaka disusun menurut abjad dari nama penulisnya dan nama keluarga harus ditulis lebih dahulu tanpa menyertakan gelar.5 inchi untuk baris ke dua dan seterusnya.  Sumber tulisan (pustaka) yang menggunakan lebih dari satu baris diketik satu spasi dengan menjorok ke dalam sejauh 0. sedangkan jarak antar pustaka diketik dengan dua spasi dan diawali pada margin kiri .

 TERIMA KASIH .