Assalamu’alaikum

wr.wb

Pembinaan Keluarga Menurut Persepsi Islam Di susun oleh : Diah Agnes Kusumaningrum Elena Elni Agustina Kustiyanti Evi Aprianti Farihah .

Peta Konsep Pengertian keluarga menurut islam Klasifikasi keluarga menurut islam Fungsi keluarga menurut islam Pembinaan keluarga menurut islam Peran suami dalam membentuk keluarga sakinah .

A.Pengertian keluarga menurut islam Keluarga dapat diartikan sebagai kelompok sosial yang merupakan produk dari adanya ikatan-ikatan kekerabatan yang mengikat satu individu dengan yang lainnya. Dengan pengertian ini keluarga berarti merupakan unit sosial terkecil dalam masyarakat. .

B. yaitu keluarga luas atau keluarga besar yang disebut dengan al-‘ailah. tapi di bawah satu formasi keluarga. istri dan . Sedangkan al-usrah adalah kelompok sosial yang terdiri dari suami.  yang di dalamnya terbentuk sebuah ikatan bersama. Al-‘ailah dimaknai sebagai lembaga tempat hidup bersama dengan situasi yang berbeda-beda. dan keluarga inti atau keluarga kecil yang disebut dengan istilah al-usrah. Klasifikasi keluarga menurut islam Keluarga dapat diklasifikasikan dalam dua kategori.

Kedua jenis kelamin ini secara alami berada pada posisi yang saling membutuhkan. • Fungsi genetik untuk melahirkan seorang anak dalam rangka menjaga keberlangsungan sebuah keturunan. .C. antara laki-laki dan perempuan. • Fungsi kooperatif untuk menjamin kontinuitas sebuah keluarga. • Fungsi regeneratif dalam menciptakan sebuah generasi penerus secara estafet. Fungsi keluarga menurut islam • Fungsi seksual yang membuat terjadinya ikatan di antara anggota keluarga.

muttaqin. Pembinaan keluarga menurut islam • memperkokoh rasa cinta kita dan saling menjaga kehormatan • saling menghormati dan menghargai • jangan menyebarkan kekurangan pasangan kita masing-masing • Harus ada kerjasama (ta'awun)antara suami istri • memfungsikan keluarga kita dengan optimal guna membentuk manusia paripurna. .D.

Bermusyawarah dan Saling Mengingatkan.Memaafkan dan Menegur. Memberikan Sambutan Hangat. 2. 6. Bersikap Santun dan Sabar. 4. 3. 9. Berdanadan. Menjaga Rahasia. 8. Berbicara dan Memanggil yang menyenangkan. Mengobati Hati.E. 5. Peran suami dalam membentuk keluarga sakinah 1. Mencukupi Nafkah. Membantu Pekerjaan. 10. 7. .