You are on page 1of 11

“EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA”

Oleh : Kelompok 2

Asril Sirait
Els Frime Tamba
Habibah Ani Ramadhani
Roima Rizki Lestari
B-1 Pend. Matematika

A. LATAR BELAKANG penilalaian mempunyai makna ditinjau dari berbagai segi siswa guru sekolah .

.

.TES ialah percobaan yang diadakan untuk mengetahui ada atau tidaknya hasil-hasil pelajaran tertentu pada seorang murid atau kelompok murid dan biasanya berbentuk tes tertulis.

. Ciri-ciri pertanyaannya didahului dengan kata-kata seperti:  uraikan jelaskan mengapa bagaimana bandingkan. menghubungkan pengertian- pengertian yang telah dimiliki.. menginterpretasi.Tes Surjektif Adalah sejenis tes kemajuan belajar yang memerlukan jawaban yang bersifat pembahasan atau uraian kata-kata. simpulkan Tujuan tes ini menuntut kemampuan siswa untuk dapat mengorganisir.

Tidak banyak memberi kesempatan untuk berspekulasi atau untung-untungan. . 4. 3. Mendorong siswa untuk berani mengemukakan pendapat serta menyusun dalam bentuk kalimat yg bagus. Mudah disiapkan dan disusun. Kelebihan Tes Surjektif 1. Memberi kesempatan kepada siswa untuk mengutarakan maksudnya dengan gaya bahasa dan caranya sendiri. 2.

Waktu untuk mengkoreksinya lama dan tidak dapat diwakilkan kepada orang lain. Kurang representative dalam hal mewakili seluruh scope bahan pelajaran yanag akan dites karena soalnya hanya beberapa saja (terbatas). Kekurangan Tes Surjektif 1. 2. 3. 5. Pemeriksaannya lebih sulit sebab membutuhkan pertimabangan individual lebih banyak dari penilai. Kadar validitas dan realibilitasya rendah karena sukar diketahui segi- segi mana dari pengetahuan siswa yang betul-betul telah dikuasai. . 4. Cara memeriksanya banyak dipengaruhi oleh unsur-unsur subjektif.

Hal ini memang dimaksudkan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan dari tes bentuk esai. Kadang-kadang untuk tes yang berlangsung selama 60 menit dapat diberikan soal 30 – 40 butir soal. Dalam penggunaannya tes objektif ini jumlah soal yang diajukan jauh lebih banyak dari pada tes esai.Tes Objektif Adalah tes yang dalam pemeriksaannya dapat dilakukan secara objektif. .

Kelebihan Tes Objektif 1. Lebih mudah dan cepat cara memeriksanya karena dapat menggunakan kunci tes bahkan alat-alat hasil kemajuan teknologi. . dapat dihindari campur tangannya unsur-unsur subjektif baik dari segi siswa maupun segi guru yang memeriksa. lebih objektif. 3. 2. Lebih representative mewakili isi dan luas bahan. Pemeriksanya dapat diserahkan kepada orang lain.

Soal-soalnya cenderung untuk mengungkapkan ingatan dan daya pengenalan kemabali saja. . dan sukar untuk mengukur proses mental yang tinggi. Kekurangan Tes Objektif Persiapan untuk menyusunnya jauh lebih sulit daripada tes esai karena soalnya banyak dan harus teliti untuk menghindari kelemahan- kelemahan yang lain.

Macam Tes Objektif .Tes Macam .