TEKNIK PRESENTASI

By Danny Setyapradja

2. Persiapan presentasi. 3 Tahapan Presentasi 1. Pelaksanaan presentasi 3. Pasca presentasi. .

Benar-benar mengerti tujuan. . Benar Kumpulkan data/informasi Akurat Lengkap Tentukan bahan presentasi Benar Solutif Aplikatif Inovatif Sederhana Siapkan Alat peraga. Siapkan mental.Persiapan Presentasi Nawaitu yang bener.

4 Aspek Penting Dalam Penyusunan Materi Panjang Materi Organisasi Materi PENDAHULUAN ISI POKOK PENUTUP Alur berfikir Rangkuman .

Pelaksanaan presentasi ALURNYA : START Tunjukkan inti pembicaraan Perkenalkan diri Berikan contoh dan Berinteraksi dengan peserta Kenali peserta Mulai dari hal Simpulkan bersama yang dekat2x dengan peserta Finish .

. How ??............. TenSoFALeS TenSoFALeS = OLES- OLES .

TenSoFALeS Tenang Sopan Fasih Apik Lembut Secukupnya .

  Kuasai Audience Tidak Membaca Manuskrip Gunakan Alat Bantu Volume. Intonasi suara dan Kecepatan Bicara .

Pasca Presentasi • Evaluasi Diri • Perubahan Diri .

Elemen dalam Presentasi 1. Elemen Visual Kontak mata Ekspresi wajah Gerak isyarat Sikap tubuh . Lengkap Jelas 2. Elemen Verbal Sederhana Tidak mengandung arti ganda. Elemen Vokal Volume suara Kecepatan bicara (speed) Irama (pitch) Mantap (Emphases) Jeda (pause) 3.

Menggunakan seluruh daya dan kemampuan untuk mengusir rasa takut. Mempersiapkan bahan pembicaraan. MEMPRAKTEKKANNYA!!!! .  Memulai dengan suatu hasrat yang kuat.

Di daerah perbatasan Cepu dan Bojonegoro penduduknya sangat tertinggal dan gaptek. . Penduduk disana sangat kolot dan agak sulit diajak kompromi. Ajak diskusi mereka (para penduduk) karena dengan adanya perbaikan jembatan maka sebagian rumah penduduk akan digusur untuk perluasan jembatan dan para penduduk akan dipindahkan ke pemukiman lebih baik. Kedua daerah tersebut dibatasi oleh sungai. • Studi Kasus 1 Anda beserta teman anda adalah sebuah tim dari pemerintah yang berada di bawah Departemen Kesejahteraan Umum. Tugas tim anda meyakinkan penduduk disana pentingnya perbaikan jembatan penghubung perbatasan.

Yakinkan ibu-ibu itu dengan presentasi tim anda agar mereka mau membeli produk anda. Studi kasus 2 • Anda beserta tim anda merupakan sales dari alat2 kosmetik “cemplon”. Tim anda berusaha untuk meyakinkan para konsumen yang notabene ibu2 muda yang tajir. . Karena produk anda baru maka kondisinya ibu2 muda tadi belum begitu percaya dengan produk perusahaan anda.

anda bisa meyakinkan para wali murid dan murid SMP itu sendiri bahwa dengan mengikuti kursus di tempat anda kemampuan murid SMP itu meningkat. Bagaimanakah tim anda mengajak dialog wali murid dan murid itu sendiri pada saat itu? . Bagaimanakah usaha tim anda pada saat Rapat Wali murid. Kondisi SMP itu banyak murid yang Gaptek. Studi kasus 3 Anda beserta teman-teman anda membuka usaha kursus komputer untuk murid SMP.

Tim anda menemukan solusi bahwa untuk meningkatkan income dari perusahaan anda adalah dengan cara membuka anak cabang perusahaan lagi di daerah Krembung Sidoarjo. . Studi Kasus 4 Anda ber4 adalah tim pengembang dari perusahaan Astra International. Bagaimana tim anda bisa meyakinkan para atasan dan staff untuk dapat merealisasikan ide tim anda. dimana tim anda sekarang sedang berada di rapat Tahunan perusahaan.

Metode Belajar Wawasan Diskusi Simulasi . Peserta mampu mengaplikasikan teknik presentasi dengan baik dan benar. 2. Teknik Presentasi Sasaran belajar 1. Peserta dapat mengetahui teknik presentasi yang baik dan benar serta juga mengetahui elemen penyusun sebuah presentasi.

Tetapi celakanya. Namun tampaknya.Ketika masih muda dan bebas berkhayal. Aku bermimpi ingin mengubah “dunia”. Dengan semangatku yang semakin tersisa Kuputuskan untuk mengubah “keluargaku” Orang yang paling dekat denganku. Seiring dengan bertambahnya usia dan kearifanku. Ketika usiaku makin senja. Maka cita-cita itupun aku persempit lalu aku putuskan untuk mengubah negeriku. Hasrat itupun tiada hasilnya. Mereka pun tak mau diubah!! . kudapati bahwa Dunia tidak kunjung berubah.

Terukir di sebuah makam di Westminster Abbey Inggris 1100 M . Bila jadi aku pun mampu memperbaiki Negeriku.Dan kini. mungkin aku bisa mengubah keluargaku. Tiba-tiba kusadari Andaikan yang pertama-tama kuubah adalah “diriku” Maka dengan menjadikan diriku sebagai panutan. Sementara aq berbaring saat ajal menjelang. Lalu berkat inspirasi dan dorongan mereka. Kemudian siapa tahu aku bahkan bisa Mengubah dunia.

MAtuR NuWuN Thank u KAmSia .