FORMULASI TEKHNOLOGI SEDIAAN

KOSMETIK
“LULUR ”

Nama kelompok :
1. Ayu lestari
2. Eva rosiana zain
3. Mualifatul lailia
4. Nofia tita sari
5. Sonia nur fibri
6. Tri utari septiani
7. Vindy sapna febiola
8. Zurriatun toibah

Selain itu kami juga menginginkan produk lulur yang bertekstur lembut. putih dan tetap terjaga kelembabannya serta kulit menjadi halus. setengah padat ditambah dengan scrube yang akan membersihkan kulit dari kotoran yang menempel. Spesifikasi Produk Pada praktikum yang akan dilakukan kami menginginkan sebuah produk lulur yang mampu membuat tubuh seseorang menjadi lebih cerah. .

formulasi Gliserin 10% Methyl paraben 0.02% TEA 2% Olive oil 10% Asam stearat 10% Bubuk kopi 5% Cethyl alkohol 5% Lanolin 5% Coconut oil 10% Aqua ad 100ml .018% Propil paraben 0.

018% jadi kurang sedangkan formulasinya yang paling banyak adalah fase minyak Pada metode pembuatan seharusnya tidak semua bahan di lebur menjadi satu sehingga akan mengakibatkan sediaan lebih berminyak dan fase air dan fase minyak tidak bisa menyatu Pada sediaan lulur seharusnya perbandingan antara fase minyak dan fase air itu harus sama tapi pada sediaan lukur fase minyak lebih banyak sehingga sediaan lebih lengket dan tidak seperti lulur tapi seperti lot .1% sampai 0. kekurangan Pada bahan yang berfungsi sebagai scarb pada sediaan lulur adalah kopi dan pada pencampuran kopi ternyata kopi dapat menyerap semua bahan sehingga pada fase minyak dan fase air tidak tercampur dan pecah ` Pada bentuk TEA yang tersedia di lab sudah sedikit berjamur dan lebih cair sehingga mengakibatkan sediaan lulur berjamur Pada konsentrasi zat pengawet seharusnya konsentrasinya 0.4% pada formulasi yang dibuat hanya 0.

Asam stearat 3. Parfum . Emulgite cream 8. Gliserin 6. Chetyl alkohol 4. Olive oil 5. Methyl paraben 9. Tepung beras 10. Propilen glicol 7.formulasi rancangan 1. Aqua 2.

5 gr 7. Chetyl alkohol = 2 gr 4.9 ml 2.perhitungan bahan 1. Emulgite cream = 7. Tepung beras = 10 g 10. Parfum qs .5 gr 3. Methyl paraben = 0. Aqua = 23.5 gr 8. Asam stearat = 2. Olive oil = 1 gr 5. Gliserin = 3 gr 6.5 gr 9. Propilen glicol = 0.

tambahkan tepung beras kedalam campuran 6 digerus ad homogen 8.masuk wadah beri . timbang emulgid masukan kedalam cawan tambahkan propilen gilkol dilebur diatas waterbath ad lebur sisihkan 5. siapkan alat dan bahan 2. timbang semua bahan sisihkan 3. siapkan mortitr panas masukan campuran 4 digerus sambil digerus masukan campuran 5 ke dalam mortir di gerus aduk ad menjadi massa lulur sisihkan 7. siapkan waterbath untuk peleburan 4. tambahkan aqua ad menjadi kental 9. tambahkan parfum 10.cara kerja 1. masukan asam stearat cethyl alkohol olive oil dan gliserin di dalam cawan lebur diatas water bad ad melebur sisihkan 6.

TERIMAKASIH .