You are on page 1of 11

IMUNISASI

OLEH KELOMPOK 3 PSIK UB – RUANG 8 (OBESTETRIC)

APA ITU IMUNISASI?? Imunisasi adalah pemberian kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit dengan memasukkan sesuatu kedalam tubuh agar tubuh tahan terhadap penyakit yang sedang mewabah atau berbahaya bagi seseorang. .

Difteri (indrak) d. Tetanus f. Hepatitis B . b. Campak (measles) c. Poliomyelitis (kelumpuhan). Tuberculosis (TBC) g.Tujuan Imunisasi Imunisasi bertujuan untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit : a. Pertusis(batuk rejan/batuk 100 hari) e.

. Manfaat untuk keluarga • Menghilangkan kecemasan dan biaya pengobatan bila anak sakit. dan kemungkinan cacat atau kematian. Mendorong keluarga kecil apabila si orang tua yakin bahwa anak-anak akan menjalani masa kanak-kanak dengan aman. Apa saja Manfaat Imunisasi?? a. menciptakan bangsa yang kuat dan berakal untuk melanjutkan pembangunan negara dan memperbaiki citra bangsa Indonesia diantara segenap bangsa didunia. c. b. Manfaat untuk negara • Memperbaiki tingkat kesehatan. Manfaat untuk anak • Mencegah penderitaan yang disebabkan oleh penyakit.

Syarat Pemberian Imunisasi 1. Bayi dalam keadaan sehat 2. Bayi umur 0-11 bulan .

Reaksi regional : pembesaran kelenjar getah bening ketiak atau leher. tanpa disertai nyeri tekan maupun demam. Reaksi lokal : 1-2 minggu keberhasilannya diragukan. BCG diberikan 1 kali sebelum anak berumur 2 bulan. . yang akan menghilang dalam waktu 3-6 bulan. pada tempat penyuntikan timbul kemerahan dan benjolan kecil yang teraba keras. 2.Macam-Macam Imunisasi 1) Imunisasi BCG Vaksinasi BCG memberikan kekebalan aktif terhadap penyakit tuberkulosis (TBC). Reaksi yang mungkin terjadi: BCG ulangan tidak dianjurkan karena 1. setelah penyuntikan.

selang waktu tidak melengking. mengalami kejang Difteri adalah suatu infeksi bakteri yang menyerang tenggorokan. Tetanus adalah infeksi bakteri kurang dari 4 minggu. seperti demam ringan atau nyeri di tempat penyuntikan selama beberapa hari. yaitu pada saat anak berumur 2 udara yang ditandai dengan batuk hebat bulan (DPT I). samping yang ringan. pertusis dari pada flu ringan dan pernah dan tetanus. .2) Imunisasi DPT Imunisasi DPT dapat ditunda apabila Imunisasi DPT adalah suatu vaksin 3-in-1 anak menderita sakit yang lebih serius yang melindungi terhadap difteri. Pertusis (batuk Imunisasi DPT diberikan sebanyak 3 rejan) adalah infeksi bakteri pada saluran kali. yang bisa menyebabkan kekakuan pada DPT sering menyebakan efek rahang serta kejang. 3 bulan (DPT II) dan 4 yang menetap serta bunyi pernafasan yang bulan (DPT III).

. lebih. III. Pada kejadian luar biasa dapat diberikan pada umur 6 bulan dan diulangi 6 bulan kemudian.II. sebanyak 1 dosis pada saat Imunisasi dasar polio diberikan 4 kali (polio I. 4) Imunisasi Campak Imunisasi campak memberikan kekebalan aktif terhadap 3) Imunisasi Polio penyakit campak (tampek). dan IV) dengan interval tidak kurang anak berumur 9 bulan atau dari 4 minggu. Imunisasi polio memberikan kekebalan aktif Imunisasi campak diberikan terhadap penyakit poliomielitis.

diberikan sebelum bayi berusia 7 hari setelah si kecil lahir. Vaksin HB COMBO-2 diberikan pada usia 3 bulan. Sedang vaksin HB COMBO-1 diberikan pada usia 2 bulan.5) Imunisasi HBV Imunisasi HBV memberikan kekebalan terhadap hepatitis B. . Vaksin Hepatitis B pertama kali HB-1<7 diberikan segera saat lahir. dan vaksin HB COMBO-3 diberikan pada usia 4 bulan.

B : suntikan ke dalam otot di pangkal 4 paha. dan 4 bulan) · Campak diberikan 1 kali (pada usia 9 bulan) (IDAI.dan 4 bulan) · Polio diberikan 4 kali (pada usia 1.2. dalam mulut Dasar Lengkap Kelima jenis imunisasi yang harus diperoleh anak. Usia 4 bulan = Pentavalen 3 + Polio 4) Hep. Usia 9 bulan = Campak (RSSA. 2014) .3. 3) Campak : suntikan ke bawah kulit di lengan 3 kiri atas. yaitu: · Hepatitis B diberikan 1 kali (pada usia 0-7 hari) · BCG diberikan 1 kali (pada usia 1 bulan) · DPT diberikan 3 kali (pada usia 2. 2 2) DPT : suntikan ke dalam otot di pangkal Usia 3 bulan = Pentavalen 2 + Polio paha. Jadwal 5) Polio : diberikan dengan pemberian diteteskan ke Lima Imunisasi 2016).3. Usia 1 bulan = BCG + Polio 1 1) BCG : dengan suntikan di bawah kulit pada Usia 2 bulan = Pentavalen 1 + Polio lengan kanan atas.Cara Pemberian Imunisasi Pemberian imunisasi dapat diberikan secara Usia 0 bulan = HB 0 suntikan maupun diteteskan ke dalam mulut.

TERIMAKASIH .