You are on page 1of 13

Muhammad Jati Kusuma

Menggabungkan
beberapa kalimat
dengan konjungsi yang
sesuai

Kata penghubung Kata penghubung terbagi atas : 1. yaitu dan 2. Perlawanan. padahal 5. Pemilihan. yaitu serta 3. yaitu tetapi. Konjungsi Koordinatif merupakan kata penghubung untuk menghubungkan dua atau lebih unsur kalimat yang setara kedudukannya. Penambahan. Pendampingan. yaitu atau 4. yaitu: 1. yaitu sedangkan. Pertentangan. namun .

biar 2. oleh karena.2. agar. maka 7. 4. Konjungsi Subordinatif merupakan kata penghubung untuk menghubungkan dua unsur kalimat yang kedudukannya tidak setara. sekalipun 10. selama. seumpama. kalau. laksana 9. 1. sesudah. Sebab : karena. jika. sampai. Pembandingan : ibarat. Tujuan : supaya. tanpa . seperti. jikalau 3. saat. ketika. daripada. sekiranya 5. Komplementasi/penegasan : bahwa 12. Akibat : sehingga. Atribuut : yang 11. setelah. walaupun. Waktu : sejak. umpamanya. andaikan. sebab. oleh sebab 8. Syarat : bila. sewaktu. Cara : dengan. semenjak. seolah-olah. tanpa 6. Pengandaian : seandainya. Konsesif : biarpun. seakan-akan. sungguhpun. kendati. Alat : dengan.

. Jangankan …. Demikian … sehingga 9. Bukan hanya… . Entah …. tetapi juga 2. pun 4. Tidak hanya ….. melainkan ..3. Konjungsi Korelatif merupakan kata penghubung berupa kata yang berpasangan untuk menghubungkan dua unsur kalimat yang kedudukannya setara. Baik … maupun 3. Bukannya . Contoh 1. entah 5. Sedemikian rupa … sehingga 8.. Apa (kah) … atau 7. melainkan juga 6.

Maka. oleh karena itu. sejak C. Bila. Bahwa. sebelum D. (…) yang dialami industri mode Eropa yang memindahkan pabriknya ke Cina. . Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraph tersebut adalah … A. sebab. hanya persoalan waktu (…) Cina juga menguasai teknologi mode untuk menghasilkan produk bermutu tinggi karya sendiri. sedangkan.Soal dan pembahasan Soal Ujian Nasional 1. akan tetapi. ketika B. Karena. namun. karena E. Sampai saat ini produk mode Indonesia masih dapat bersaing (…) mutunya lebih baik dan ditujukan untuk konsumen kelas menengah atas. Sehingga. namun.

Oleh karena itu.Pembahasan : Kalimat pertama merupakan pernyataan sebeb akibat. Karena mutu lebih baik. akibatnya produk mode Indonesia dapat bersaing. Kata penghubung yang menyatakan waktu yang tepat pada kalimat tersebut adalah sebelum. Sedangkan. kalimat kedua menyatakan pertentangan. kata penghubungan antarkalimat yang tepat adalah kata namun. Jawaban : C .

lukisan pemandangan E. banyak foto B. ukiran jati C. sangat tinggi. Lumayan mewah. Mereka mencontoh desain kamar mandi hotel. mahal sekali . Sangat baik. sangat harum. lukisan pemandangan D.2. Kamar mandi di rumah itu desainnya sangat bagus. terasa (…) Apalagi. Sangat besar. terang sekali. Amat besar. Sangat mewah nyaman sekali. Kesannya (…) bila berada di dalamnya. tenteram sekali. dindingnya dihiasi (…) Frasa berikut yang tepat untuk melengkapi paragraph tersebut adalah … A.

yang berkesan mewah. serba ada.Pembahasan : Frasa atau kelompok kata yang tepat melengkapi paragraph tersebut adalah sangat mewah karena desain mencontoh hotel. sempurna fasilitasnya tentu akan terasa nyaman sekali jika di dinding terpajang lukisan pemandangan Jawaban : C . Nyaman sekali karena tempat yang mewah.

] kita menjauhkan ponsel dari anak- anak sejak dini. bilamana E. daripada. meskipun. Sama.. Sama.... A. apabila D. dengan. Ada baiknya [. Lebih.] orang dewasa. untuk. Radiasi ponsel memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan terutama anak-anak.] banyak [. jika C. [. daripada.. jika . kalau B. Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah.. terhadap. Otak anak-anak menyerap radiasi ponsel dua kali [. daripada. Lebih...] temuan penelitian tersebut belu final..3.. bagi. dengan. kepada. Lebih.

jika Jawaban : E .Jawaban yang tepat adalah Lebih. meskipun. daripada.

bilamana C.] pemerintah sudah menurunkan hujan buatan untuk mengurangi ketebalan kabut.. seandainya E. Meskipun. untuk. [. Biarpun. jika D. bagi..... karena..] tidak segera diantisipasi. Kabut asap yang terjadi di Kalimantan Tengah dan menutupi beberapa negara tetangga menunjukkan [. dampak kabut asap akan semakin meluas. Walaupun. sebab. Walaupun. Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah . A. kalau B. Beberapa kawasan di Kalimantan Tengah masih tertutup kabut asap.4. jika . bahwa. Meskipun.

jika Jawaban : C . bahwa.Jawaban yang tepat adalah Meskipun.

]. A... Keberadaan mereka memenuhi lapangan udara.. masih lemah. Bahkan.. Agak banyak. Sangat banyak. cukup kecil B. Beberapa dari mereka tampak [. sangat kecil D.5. sejak Rabu. Sekelompok burung bangau menyerbu lapangan udara Adisujipto... ada burung yang tidak memiliki kekuatan terbang dan tetabrak pesawat di landasan pacu. Burung bangau itu [. lebih kecil C. Sangat banyak.]. agak lemah. Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah . Paling banyak. Gangguan penerbangan pesawat akibat keberadaan burung bangau itu [. paling lemah.].. cukup kecil E. Yogyakata.. amat kecil . paling lemah. Cukup banyak. Mereka sedang melakukan migrasi. 11 November 2015. sangat lemah.