You are on page 1of 26

MANAJEMEN STRATEJIK DAN KEPEMIMPINAN

“Case : Southwest Airlines in 2008: Culture, Values, and
Operating Practices”

Disusun Oleh :

ANDRE KURNIAWAN
RENAL RIFAL

Sejarah

 Southwest Airlines dikenal sebagai Air Southwest, didirikan
oleh Rollin King dan Herb Kelleher. Southwest melakukan
penerbangan perdana pada Juni 1971, melayani 3 kota utama
yaitu: Dallas, Houston, dan San Antonio. Selama 2 tahun
pertama Southwest menderita kerugian dan diharuskan
membuat keputusan sulit memberhentikan karyawan atau
menjual salah satu dari keempat pesawatnya.

Southwest membeli salah satu kompetitor utamanya yaitu ATA Airlines. maskapai yang berbiaya rendah untuk penerbangan antara Kanada dengan AS. . Southwest memiliki 243 pesawat dan melihat peluang untuk memperkenalkan program manajemen biaya bahan bakar. dengan mengakuisisi ATA memberikan peluang untuk Southwest untuk melakukan penerbangan ke tujuan tujuan luar negri. Southwest juga berpartner dengan West Jet Airlines. Pada November 2008.Sejarah  Setelah 25 Tahun.

Visi dan Misi  Visi Southwest Airlines : Menjadi maskapai penerbangan yang paling terjangkau dan terpercaya di dunia  Misi Southwest Airlines : Menyediakan penerbangan dengan pelayanan yang maksimal dan penerbangan yang tepat waktu dengan harga yang terjangkau di Amerika Serikat. .

. Beberapa Airlines telah tersingkir dari bisnis atau diakuisisi oleh kompetitor. penurunan bussiness traveller dikarenakan pemotongan anggaran dan meningkatnya regulasi telah menempatkan tekananterhadap perusahaan Airlines. Hal ini digambarkan dengan fakta bahwa sebagian besar kelompok Airlines yang meramaikan industri selama 30 tahun lalu telah menyempit menjadi 6 maskapai yang mengendalikan mayoritas pasar. United. Continental.Tantangan Industri  Faktor-faktor seperti naiknya biaya bahan bakar dan tingginya biaya operasional lainnya. dan US Airways) dan Southwest pemimpin dalam pembiayaan rendah. Delta. Keenam maskapai ini terdiri dari 5 maskapai tradisional (American.

maka setiap maskapai yang menawarkan penerbangan ke kota-kota domestik dilihat sebagai pesaing/kompetitor. .  Beberapa perusahaan baru mencoba menggeser Southwest Airlines sebagai pemimpin pasar berbiaya rendah. akan tetapi beberapa diantaranya menghilang dengan cepat sebagaimana mereka muncul sebelumnya. karena sekarang Southwest beroperasi pada pasar geografis yang luas di seluruh AS.Lingkungan yang Kompetitif  Southwest menggambarkan maskapai lain yang menawarkan penerbangan dengan rute sama sebagai kompetitor. Contohnya adalah skybus yang pendirinya adalah mantan karyawan Southwest dan meniru operasional Southwest.

Pada Tahun 1970an. . perusahaan memiliki 10 menit waktu putar untuk pesawat. sementara rata-rata industri 4 sampai 6 kali lebih lama.Punctuality (Tepat Waktu)  Timeline sudah menjadi karakteristik Southwest sejak semula.

Program Penghargaan  Program ini menawarkan penghargaan terhadap pelanggan setia seperti proses check in terakselerasi up grade dan bahkan penerbangan dan akomodasi hotel gratis. .

Jet Blue (-1.Hasil Keuangan  Southwest Airlines melaporkan suatu keuntungan operasional $449 juta pada Tahun 2008. Total biaya operasional pada Tahun itu meningkat 16% dibanding Tahun 2007 dan sebagian besar dikarenakan naiknya harga bahan bakar (44%) sebagaimana juga biaya pemeliharaan berjalan.3%). Pada 2008. .2% sedangkan kompetitor terdekatnya. Southwest beroperasi dengan ROA 1.

inisiatif. Southwest memenuhi dinding Southwest dengan foto-foto karyawannya sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja. Energi Tinggi. Gaji karyawan Southwest merupakan salah satu yang paling tinggi dalam industri jasa penerbangan. in-flight contest. . dan attitude.Manajemen SDM dengan Mendukung dan Mengapresiasi Budaya Kerja keras. Rasa Senang. serta mengijinkan sesama karyawan menikah. Otonomi Lokal dan Kreatifitas Karyawan  Dukungan dilakukan melalui pelatihan karyawan di University of People.

Differensiasi bandara  Pemilihan lokasi bandara. yang menyasar pada bandara dengan tingkat penerbangannya kurang padat. tanpa perlu lama-lama antri dengan maskapai penerbangan lainnya. . membuat Southwest Airlines dapat dengan cepat melakukan proses landing dan take-off pesawat. Pelanggan juga di untungkan karena dengan traffic yang tidak terlalu padat dan dapat lebih nyaman dalam menggunakan fasilitas yang disediakan.

Perekrutan Pilot Independen  Southwest merekrut pilot yang bukan merupakan anggota serikat nasional sehingga memungkinkan mereka memiliki pilot yang lebih profesional dan memiliki jam terbang yang lebih tinggi. .

Dengan demikian mereka akan dengan sadar diri bekerja secara efektif dan efisien untuk memajukan perusahaan.Pemberian Insentif  Perusahaan membuat kebijakan bagi hasil dengan cara pembagian saham perusahaan kepada karyawan sehingga karyawan ikut merasa memiliki perusahaan. .

memiliki prinsip operasi dari "karyawan datang pertama dan pelanggan datang kedua” .Budaya Organisasi  Budaya Southwest Airlines terutama melibatkan pemberian penekanan pada pentingnya dan kesejahteraan keseluruhan karyawannya.

 Seleksi Karyawan Baru  Sistem Kontrol dengan Melembagakan Kebijakan Budaya Kerja  Sistem Kontrol Formal dengan Gaya Manajemen yang Walking Around  .Analisa Dan Pemabahasan : Sistem Pengendalian Southwest Airlines.

point to point (dari satu titik langsung ke titik lainnya) dan bertarif rendah dengan layanan transportasi udara yang waktu penerbangan rata-rata adalah 55 menit (hemat waktu  Mampu untuk tetap menjaga harga / biaya di dalam perusahaan sendiri  Pemimpin di pasar penerbangan murah .Analisa SWOT Southwest Airlines STRENGTH  Southwest Airlines memiliki jumlah modal di pasar lebih besar dibandingkan maskapai penerbangan lainnya yaitu 11.3 Juta Dollar  Southwest Airlines memiliki penerbangan ke seluruh kota di Amerika Serikat  Frekuensi penerbangan tinggi.

STRENGTH  Maskapai penerbangan di Amerika Serikat dengan jumlah penumpang terbanyak setiap tahunnya dan maskapai penerbangan ke-3 di dunia dengan jumlah penumpang terbanyak  Menjadi salah satu perusahaan di dunia yang paling menguntungkan dan membukukan laba 34 tahun berturut-turut  Pada tahun 2006. 70% dari jumlah total pemesanan penerbangan dan 73% pendapatan berasal dari pemesanan melalui Southwest Website  Menjadi ikon atau simbol perusahaan penerbangan murah dan nyaman  Menjadi perusahaan penerbangan pertama yang memiliki situs tahun 1995  Southwest Airlines memiliki 481 buah pesawat Boeing 737 .

WEAKNESS  Southwest Airlines tercatat sebagai perusahaan dengan jumlah pegawai tetap terbanyak sehingga mengakibatkan penambahan biaya tiap tahunnya  Southwest Airlines hanya menerbangkan satu jenis pesawat. yaitu Boeing 737( 1971)  Relatif lebih sulit untuk meyakinkan konsumen kelebihan yang ditawarkan oleh Southwest Airline dibanding maskapai penerbangan lainnya selain harga yang murah .

seperti Atlanta dan New York  Setiap tahunnya. selalu ada perusahaan penerbangan (seperti Delta) yang mengumumkan kebangkrutan dan meniadakan penerbangan ke kota tertentu yang berarti bertambah kota untuk Southwest Airlines dapat singgahi  Southwest Airlines membuat tren baru dalam penggunaan situs untuk pembelian tiket mulai dari tahun 2006 dilihat pada tahun tersebut terdapat kenaikan 22% untuk pembelian tiket online .OPPRTUNITIES  Terdapatnya kenaikan permintaan untuk penerbangan internasional  Terdapat 11% penolakan dari maskapai penerbangan lain yang keberatan dengan pendanaan terkait pembelian pesawat yang dapat dilihat sebagai kemungkinan pembelian untuk Southwest Airlines  Tingginya permintaan untuk kota-kota yang belum disinggahi oleh Southwest Airlines.

THREATS  Perusahaan penerbangan lain seperti JetBlue merupakan satu-satunya penerbangan yang menggunakan televisi dengan pemancar satelit di pesawat  Tarif pajak yang semakin tinggi  Peningkatan keamanan di bandara terkait dengan semakin maraknya tindakan terorisme .

Mengapa factor lingkungan dijadikan input dalam proses pembuatan strategi?  karena sebagai suatu system. maka perusahaan tersebut harus dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan. Apabila ingin hidup dan bertahan sekaligus menjadi leader. Perusahaan tersebut akan mati.Pembahassan :  a. Kegagalan menyesuaikan diri dengan lingkungan akan berakibat fatal. . Jadi factor lingkungan sangat memegang peranan dalam pembuatan strategi perusahaan. perusahaan akan berinteraksi dengan lingkungannya.

investor. factor-faktor yang berada dalam kegiatan operasi dan langsung mempengaruhi hasil operasi perusahaan :  Tenaga Kerja  Peralatan dan Mesin  Permodalan ( pemilik.Elemen Lingkungan yang Harus diperhatikan dalam Southwest Airlines ◦ Internal . pengelolaan dana)  Sistem informasi dan Administrasi perusahaan .

◦ Eksternal .  Harga bahan bakar  Business traveller  Regulasi pemerintah  Konsumen . faktor-faktor yang berasal di luar perusahaan saling mempertukarkan sumber dayanya dengan perusahaan tersebut dan tergantung sama lain.

Contohnya dengan slogan “how do we love you? Let us count the ways”. Point to Point  Hedging Bahan Bakar  Layanan Pencucian dengan Eco Power  Tepat Waktu  Fokus pada karyawan  Program Penghargaan  Penerbangan ke seluruh kota besar di USA  Mengakuisisi kompetitor utama .  Menerapkan Biaya Rendah.Macam-macam Strategi Perusahaan Southwest Airlines  Southwest menggunakan humor-humor segar dalam iklan.

pada kenyataannya diversifikasi dapat berdampak netral atau pada kenyataannya meningkatkan biaya atau mengurangi pendapatan perusahaan.Motivasi ekonomi untuk melakukan diversifikasi di Southwest Airlines ◦ Meningkatkan daya saing strategis dari seluruh perusahaan. termasuk nya adalah : untuk menetralkan kekuasaan pasar pesaing ( misalnya menetralkan keunggulan maskapai lain dengan membeli atau membuka rute yang serupa dengan yang dimiliki maskapai lain ). Hal ini dikarenakan ketika strategi diversifikasi meningkatkan daya saing strategis. . ◦ Mendapatkan kekuatan pasar dan market share yamg lebih besar dari pesaing yang dilakukan melalui integrasi vertikal. ◦ Motivasi lain mungkin tidak meningkatkan daya saing strategis. memperluas portofolio perusahaan guna mengurangi resiko ketenagakerjaan manajerial (misal jika salah satu rute penerbangan gagal. maka maskapai akan tetap hidup dengan rute penerbangan lain). total nilai perusahaan meningkat.

 Terima Kasih .