Patofisiologi

Evaluasi patologis dari lesi payudara berfungsi
untuk membangun diagnosis histologis dan
untuk mengkonfirmasi ada tidaknya lainnya
faktor diyakini mempengaruhi prognosis.

Terdiri dari 2 karsinoma: invasive dan non-invasi

22. (Dipiro et al. Jenis kanker payudara invasif lain meliputi: • Kanker payudara lobular invasif. • Kanker payudara terinflamasi. Infeksi dari kanker payudara jenis ini dimulai saat sel-sel kanker yang berada di dalam lobules atau juga disebut pembuluh-pembuluh payudara keluar dari tempatnya yang seharusnya dan menginfeksi jaringan-jaringan payudara di dekatnya. • Kanker Paget pada payudara. Penyakit ini berkembang pada kelenjar penghasil susu yang disebut lobulus. Karsinoma invasive Adalah jenis kanker payudara yang banyak diderita oleh para pasien kanker payudara.9% dari semua kasus kanker payudara yang ada adalah kanker payudara invasive. 2011) .

serta belum menyebar. Kanker jenis ini masih dapat disembuhkan jika segera mendapat penanganan dari dokter ahli. Tipe yang paling umum dari kanker ini adalah duktal karsinoma in situ. Bentuk kanker non-invasif biasanya ditemukan melalui mamografi karena jarang menimbulkan benjolan. 2011) . Karsinoma non-invasif Terjadi jika sel-sel kanker masih ada di dalam lobules dan belum menyebar ke jaringan-jaringan payudara yang lain. Jenis kanker payudara ini bersifat jinak dan ditemukan dalam saluran (duktus) payudara. Pada kasus dijelaskan bahwa pemeriksaan patologis menyatakan bahwa lesinya merupakan karsinoma duktal kelas III yang termasuk dalam golongan non-invasif. (Dipiro et al. Jenis ini juga sering disebut pra kanker.

2016) . maka tumor agaknya lebih bersifat agresif. (Zainudin. Perbedaan antara DCIS dan kanker invasif adalah bahwa sel-sel belum menyebar (menginvasi) melalui dinding duktus ke jaringan payudara di sekitarnya. Sekarang. Duktal Karsinoma in situ  DCIS berarti sel-sel kanker berada di dalam duktus dan belum menyebar keluar dinding duktus ke jaringan payudara disekitarnya. tidak ada cara yang baik untuk mengetahui secara pasti kasus yang akan pergi untuk menjadi kanker invasif dan mana yang tidak. ahli patologi biasanya akan mencari area dari sel-sel kanker yang telah mati. Ketika terdiagnosa DCIS. DCIS dianggap sebagai pra – kanker karena beberapa kasus dapat pergi untuk menjadi kanker invasif. Istilah comedocarsinoma kadang digunakan untuk menjelaskan DCIS dengan nekrosisa. disebut nekrosis tumor dalam sample jaringan. DCIS berarti sel-sel yang berjajar di saluran telah berubah terlihat seperti sel-sel kanker. Bila nekrosis ditemukan. meskipun.

Pharmacotherapy: A Pathophysiologic Approach. Available at https ://hainoni. et. Eighth Edition..com/kanker/kanker-payudara/ jenis [November 15th 2016] .Al. (2008). New York: Mc-Graw Hill Zainudin. Jenis Kanker Payudara. 2016. Daftar Pustaka Dipiro. J.T.