You are on page 1of 20

VERTIGO Oleh

:
Amri Anugerah
Pembimbing :
dr. Moriko, Sp. THT-
Rahman
PERIFER Daniel P. L. Pardede KL

PENDAHULU
BAB I AN

. Menierre Disease. dan infeksi seperti labirinitis dan neuronitis. Sementara vertigo vestibular dibagi menjadi dua yaitu vertigo sentral dan vertigo perifer. Vertigo non vestibular mencakup vertigo karena gangguan pada visual dan sistem proprioseptif. ataupun sistem propioseptif.PENDAHULUAN  Vertigo adalah perasaan penderita merasa dirinya atau dunia berputar  Vertigo disebabkan oleh adanya abnormalitas organ-organ vestibuler. visual.  Vertigo dibagi menjadi dua kategori berdasarkan yaitu vertigo vestibular dan non vestibular.  vertigo perifer kelainan atau gangguan ini dapat terjadi pada end-organ (utrikulus maupun kanalis semisirkularis) maupun saraf perifer.2 Beberapa contoh kasus vertigo perifer seperti: Benign Paroxysmal Position Vertigo (BPPV).

PENDAHULUAN TUJUAN MANFAAT  Mampu menjelaskan definisi. . serta mampu menentukan terapi dari penyakit vertigo perifer. vertigo perifer. etiologi. patofisologi. klasifikasi. pemeriksaan fisik dan maupun pembaca tentang diagnosis dan penatalaksanaan pemeriksaan penunjang.  Memberikan informasi dan pengetahuan baik bagi penulis diagnosis berdasarkan gejala klinis.

TINJAUAN BAB II PUSTAKA .

dan muntah dengan serangan episodik. dapat sekelilingnya terasa berputar atau badan yang berputar. Vertigo perifer merupakan vertigo patologik dengan rasa berputar disertai pusing hebat. mual.VERTIGO PERIFER Vertigo ialah adanya sensasi gerakan atau rasa gerak dari tubuh seperti rotasi (memutar) tanpa sensasi peputaran yang sebenarnya. Vertigo perifer yang paling sering ditemukan adalah Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV). . Biasanya muncul dengan gerakan kepala yang berubah sebagai pencetus terjadinya vertigo.

ANATOMI & FISIOLOGI ALAT KESEIMBANGAN .

Krista Ampularis Makula .

4% pada populasi orang tua.  Vertigo ditemukan lebih banyak pada wanita dari pada laki-laki(2:1). dan sampai dengan 56. mual.  Dari keempat subtipe dizziness. dan fotofobia). Sebagian besar (hampir 50%) diketahui sebagai “paroxysmal  vertigo” yang disertai dengan gejala-gejala migren (pucat. vertigo terjadi pada sekitar 32% kasus.  Angka kejadian vertigo pada anak-anak tidak diketahui. fonofobia.EPIDEMIOLOGI  Vertigo merupakan gejala yang sering didapatkan pada individu dengan prevalensi sebesar 7%. tetapi dari studi yang lebih baru pada populasi anak sekolah di Skotlandia. dilaporkan sekitar 15% anak paling tidak pernah merasakan sekali serangan pusing dalam periode satu tahun. .

.ETIOLOGI Penyebab vertigo perifer dapat berasal dari organ vestibuler sampai ke inti nervus VIII sedangkan kelainan sentral dari inti nervus VIII sampai ke korteks. Berbagai penyakit atau kelainan dapat menyebabkan vertigo perifer.

Benign Paroxys mal Position al Vertigo Vertig Vertigo Akibat o Penyakit Meniere perife Obat r Neuritis Vestibul aris .

PATOFISIOLOGI Reseptor Pengelola data Efektor • Mata Saraf Pusat • Otot skelet • Vestibuler • Mata • Propioseptik • Leher • Badan • Anggota gerak .

PATOFISIOLOGI Ada beberapa teori yang berusaha menerangkan kejadian ketidakseimbangan tubuh: Teori rangsangan berlebihan Teori konflik sensorik Teori Neural mismatch Teori otonomik Teori neurohormonal Teori Sinap .

DIAGNOSIS Anamnesa Pemeriksaan Fisik Pemeriksaan penunjang .

.

.

.

.

PENATALAKSANAAN Non-Medikamentosa Metode Brandt-Darof Medikamentosa Antikolinergik Antihistamine Antidopaminergik Antagonis Kalsium Asetilleusin .

TERIMAKASIH… .