You are on page 1of 9

i s Da t a

e n Ba s
a n a j em
M
Sistem (D BS M )

memelihara. . Definisi DBSM DBMS adalah sebuah perangkat lunak yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan. membuat. dan mengontrol akses ke basis data.

DBMS menyediakan kontrol terhadap pengaksesan suatu database. update. misalnya sebuah sistem keamanan yang tidak berkepentingan mengakses database. DBMS memungkinkan pengguna untuk menentukan suatu basis data. Fasilitas DBMS Beberapa fasilitas yang disediakan dalam DBMS adalah sebagai berikut : 1. 2. delete. biasanya menggunakan Data Definition Language (DDL). DBMS memungkinkan pengguna untuk melakukan insert. DDL mengizinkan pengguna untuk menspesifikasikan tipe dan struktur data serta batasan-batasan data yang akan disimpan dalam database. 3. . dan retrieve terhadap data-data yang ada di dalam database melalui Data Manipulation Language (DML). DML menyediakan suatu fasilitas umum bagi data yang disebut query language.

mainframe. sampai pada sebuah jaringan dari komputer. . Beberapa hardware bergantung pada kebutuhan organisasi dan DBMS yang digunakan. Komponen DBMS Komponen-komponen dalam lingkungan DBMS adalah sebagai berikut: 1. Hardware yang diperlukan dapat berkisar dari sebuah personal komputer. Perangkat keras (hardware) DBMS dan aplikasi memerlukan hardware untuk dijalankan.

. software jaringan jika DBMS menggunakan jaringan.2. Perangkat lunak (software) Komponen software terdiri dari software DBMS itu sendiri dan program aplikasi bersama dengan sistem operasi.

3. . Prosedur Merupakan instruksi dan aturan yang memerintah perancangan dan penggunakan database. Data berfungsi sebagai jembatan antara komponen mesin dan manusia 4. Penggunaan sistem dan petugas yang mengatur database memerlukan dokumentasi prosedur bagaimana untuk menggunakan dan menjalankan sistem. Data Merupakan komponen DBMS yang paling penting.

Logical database designer : Berhubungan dengan mengidentifikasi data. Database Designer : Pada bagian ini terdiri dari tipe perancang yaitu: i. Database Administrator : Menyediakan dukungan teknis untuk implementasi keputusan tersebut. design dicapai secara fisik. relasi antar data. Komponen-komponen manusia terdiri dari : a. Pemrogram Aplikasi : Bertanggungjawab untuk membuat aplikasi database dengan menggunakan bahasa pemrograman yang ada. c. ii. Phisical database designer : menentukan bagaimana logical database iii.5. End User: Siapapun yang berinteraksi dengan sistem secara online atau tidak melalui komputer atau jaringan . b. d. constraints pada data yang di simpan di database. Manusia Merupakan komponen terakhir yang terlibat dengan sistem. dan bertanggung jawab atas keseluruhan kendali sistem pada tingkat teknis.

yaitu : • Kebebasan data dan akses yang efisien • Mereduksi waktu pengembangan aplikasi • Integritas dan keamanan data • Administrasi keseragaman data • Akses bersamaan dan perbaikan dari terjadinya crashes (tabrakan dari proses serentak). • Mengurangi data redundancy : Data redundansi dapat direduksi/dikurangi. tetapi tidak dapat dihilangkan sama sekali (untuk kepentingan keyfield) • Membutuhkan sedikit memory untuk penyimpanan data. . Kelebihan DBSM Pengunaan DMBS untuk mengelola data mempunyai beberapa kelebihan.

Conversion. Kekurangan DBSM • Memperoleh perangkat lunak yang mahal (teknologi DBMS. Risk). kemudahan yang dibuat oleh DBMS dalam mengambil informasi mendorong lebih banyak terminal pemakai yang disertakan dalam konfigurasi daripada jika sebaliknya. Operation. DBMS berbasis mikro biayanya mencapai beberapa ratus dolar. dapat menggambarkan suatu organisasi yang kecil secara berarti • Memperoleh konfigurasi perangkat keras yang besar. DBMS mainframe masih sangat mahal. DBMS sering memerlukan kapasitas penyimpanan primer dan sekunder yang lebih besar daripada yang diperlukan oleh program aplikasi lain. Juga. Planning. .