You are on page 1of 9

MEMBUAT RELASI

TABLE PADA MYSQL

maka setiap data yang disimpan dalam Field Primary Key tidak akan memiliki nilai yang sama. PRIMARY KEY Primary Key. Sebuah Field/atribut yang ditandai sebagai kunci utama dari sebuah tabel dengan tujuan untuk membuat nilai dari Field Primary Key sebagai nilai yang unik. maka tidak akan terjadi penyimpanan data yang memiliki data yang sama. Sebagai nilai yang unik. Dengan demikian. .

field yang dapat dipilih sebagai Primary Key adalah ID_Dokter karena setiap dokter memiliki ID yang berbeda. . Dengan memilih ID_Dokter sebagai  Primary Key. maka tabel Dokter tidak akan dapat menyimpan ID_Dokter yang sama lebih dari satu kali.Misalnya dalam Tabel Dokter.

Sebuah Field dalam sebuah Tabel dimana Field tersebut berasal dari Field Primary Key dari sebuah Tabel Lain dengan tujuan untuk membuat relasi dengan tabel tersebut. FOREIGN KEY Foreign Key. .

Ke-4 Field tersebut disebut Foreign Key karena berasal dari Tabel lain.Misalnya pada tabel Rawat terdapat Field ID_Dokter. dan Kode_Obat. . ID_Pasien.Kode_Penyakit.

REFERENCES parent_table(columns) adalah perintah untuk mereferensikan ke tabel utama (primary key) . constraint_name adalah nama yang akan Anda berikan untuk membuat foreign key FOREIGN KEY adalah perintah untuk mendefinisikan foreign key foreign_key_name (columns) adalah nama yang digunakan untuk constraint foreign key dan kolom yang akan dijadikan foreign key.Syntak foreign key Di bawah ini adalah sintak dasar untuk mendefinisikan foreign key pada sebuah tabel di MySQL: CONSTRAINT constraint_name FOREIGN KEY foreign_key_name (columns) REFERENCES parent_table(columns) Penjelasan sintak: CONSTRAINT adalah perintah untuk membuat sebuah constraint.

Contoh dalam mysql .