You are on page 1of 9

RELASI

TABLE
DALAM
DATABASE

PENGERTIAN RELASI Relasi adalah hubungan antara tabel yang mempresentasikan hubungan antar objek di dunia nyata. . Relasi merupakan hubungan yang terjadi pada suatu tabel dengan lainnya yang mempresentasikan hubungan antar objek di dunia nyata dan berfungsi untuk mengatur mengatur operasi suatu database.

JENIS-JENIS RELASI Beberapa jenis relasi yaitu:  one to one One to many Many to many .

One to one (satu ke satu) Relasi one-to-one merupakan relasi yang merelasikan satu data sebuah tabel dengan hanya satu data dari tabel lainnya. dimana subset data ini tidak dimiliki oleh data tersebut pada umumnya. . Indikasi untuk menggunakan tipe relasi ini adalah jika sebuah data memiliki sebuah subset data tertentu yang menerangkan lebih detil data itu.

Satu data di tabel product hanya terhubung dengan satu data di tabel buku. ISBN. harga. penerbit. jenis. sebuah product secara umum memiliki id_produk. memiliki data tambahan seperti penulis. nama. tanggal_terbit. Jika digambarkan seperti di bawah. .Sebagai contoh. Namun pada tipe product tertentu seperti buku.

. One to many (satu ke banyak) Relasi one-to-many adalah relasi antar dua tabel dimana satu data (record) dari Tabel 1 bisa terhubung dengan beberapa record di Tabel 2.

Misalnya penjualan memiliki id_penjualan. kasir. item_penjualan memiliki id_item. Setiap penjualan bisa terhubung dengan banyak item_penjualan. id_produk.id_penjualan. jumlah. harga_jual. tanggal_jual. Jika digambarkan seperti: .

. Many to many (banyak ke banyak) Relasi many-to-many menghubungkan Satu baris atau lebih data pada tabel pertama ke satu atau lebih baris data pada tabel ke dua.

. dan product bisa terhubungan dengan banyak penjualan. contoh penjualan bisa terhubung (berkepentingan) dengan banyak product. Tabel penjualan dan product memiliki relasi banyak ke banyak yang dihubungkan oleh tabel item_penjualan.