PENGERTIAN DAN

SEJARAH PRAMUKA
Pengertian Pramuka
Pramuka adalah kepanjangan dari praja muda karana
yang artinya sekumpulan anak muda yang memiliki
karya atau sedang berkarya.Dari pengertian tersebut,
maka pantas apabila pramuka dianggap sebagai
penerus bangsa yangmemiliki karya dan kemajuan
dalam berfikir, disiplin dan mampu mengatasi masalah,
banyak karya yang dapatdikuasai dalam mengikuti
pramuka, seperti mampu memberi pertolongan dengan
membuat tandu apabila dalamkeadaan genting, mampu
membuat simpul, dan banyak manfaat lain yang dapat
kita ambil di dalamnya.

dan pernah menjabat sebagai Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Maka tanggal 14 Agustus 1961 ~ Hari Pramuka (Praja Muda Karana) . nama aslinya adalah Robert Stephenson Smyth  Pramuka Indonesia Sri Sultan Hamengkubuwono IX ( Sompilan Ngasem. Yogyakarta. AS.Sejarah Pramuka Pada awalnya pramuka pelopori oleh Lord Robert Boden Powel of Gilwell yang dijuluki sebagai pendiri pertama pramuka. beliau berasala dari Inggris berkelahiran tanggal 22 Februari 1857di london. Beliau juga Wakil Presiden Indonesia yang kedua antara tahun 1973 – 1978. 12 April 1912 – Washington. 1 Oktober 1988 ) adalah seorang Raja Kesultanan Yogyakarta dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. DC. Beliau juga dikenal sebagai Bapak Pramuka Indonesia.

Menanamkan semangat kebangsaan. kepribadian dan akhlak mulia kaum muda 2. patriot dan pejuang yang tangguh. cinta tanah air dan bela negara bagi kaum muda 3. intelektual dan fisiknya. serta menjadi calon pemimpin bangsa yang handal pada masa depan. social. Membentuk. Meningkatkan keterampilan kaum muda sehingga siap menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat.Tujuan Kepramukaan bertujuan untuk membina kaum muda dalam mencapai sepenuhnya potensi-potensi spiritual. agara mereka bisa: 1. .

Pramuka sendiri singkatan dari Praja Muda Karana. sebagaimana yang kita ketahui dan lazim karena kegiatan ini merupakan program pemerintah bagi anak usia sekolah. yang bisa diartikan sebagai "anak muda yang suka berkarya".Arti Lambang Pramuka  Tunas Kelapa dipakai sebagai simbol Pramuka. .

  Buah nyiur tahan lama. Mengandung arti. Ini mengandung arti.  Nyiur pohon yang serbaguna. Pramuka berpegang pada dasar-dasar yang kuat.Arti Lambang Pramuka adalah sebagai berikut: Buah nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal. setiap Pramuka memiliki cita- cita yang tinggi. Ini mengandung arti. Pramuka berguna bagi nusa. Pramuka adalah orang yang mampu beradaptasi dalam kondisi apapun  Nyiur tumbuh menjulang tinggi. Ini mengandung arti. bangsa dan agama.  Akar nyiur kuat. Ini mengandung arti.  Lambang keris melambangkan senjata tradisional Jawa Tengah Lambang sepuluh api yang berkobar melambangkan Dasadarma. Pramuka adalah orang yang jasmani dan rohaninya kuat dan ulet. Ini mengandung arti Pramuka adalah inti bagi kelangsungan hidup bangsa (tunas penerus bangsa).  Padi dan kapas melambangkan kesuburan dibidang pangan dan sandang  Kode daerah melambangkan daerah kota daerah  Nama kabupaten melambangkan kota cabang  Bintang melambangkan lima Sila Pancasila .  Nyiur dapat tumbuh di berbagai jenis tanah.

.Arti tunas kelapa 1) Lambang gerakan pramuka adalah tunas kelapa artinyaseorang pramuka adalah orang yang pertama yang akan meneruskan bangsa dan Negara RI 2) Pohon kelapa berbatang lurus artinya : seorang pramuka harus senantiasa berjiwa jujur  3) Pohon kelapa berpangkal kuat artinya : seorang pramuka memiliki jiwa dan mentalyang kuat 4) Pohon kelapa menjulang tinggi artinya : pramuka memiliki cita ± cita yang tinggi 5) Pohon kelapa dari akar hingga ujung dapat digunakan untuk kebutuhanhidup manusia artinya : seorang pramuka haruslah senantiasa berguna bagi masyarakat.

LAGU LAGU PRAMUKA KAMI PRAMUKA INDONESIA Kami pramuka indonesia Manusia pancasila Satyaku kudharmakan. darma ku kubaktikan Agar jaya indonesia indonesia tanah air ku Kami jadi pandu mu .

KELANA RIMBA DiTengah-tengah Hutan Di Bawah Langit Biru Tenda Terpancang Di Tiup Sang Bayu Api Menjilat-jilat Terangi Rimba Raya Membawa Kelana Rimba Dalam Impian Dengarlah Dengar Sayup-Sayup Irama Merdu Nan Memecah Malam Jauhlah Dari Kampung Menurut Kata Hati Guna Bakti Pada Bunda Pertiwi .

SIAPA YANG PUNYA ? Pramuka siapa yang punya ? Pramuka siapa yang punya ? Pramuka siapa yang punya ? yang punya indonesia ! .