ORGANISASI

Kelompok 2

Adesta Eka Mulyadi
Devi Setyawati
Fikih Septyanurani
Nurul Fajriyant

Verennita
Riszia Yunita

Organisasi dan Struktur Organisasi Organisasi adalah Organisasi (organization) dan pengorganisasion (organizing) memiliki hubungan yang erat dengan manajemen. Pengertian Pengorganisasian . . Organisasi merupakan alat dan wadah atau tempat manejer melakukan kegiatan-kegiatannya untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

dan lingkungannya dengan demikian hasil pengorganisasian adalah struktur organisasi.Pengorganisasian adalah seperti diuraikan tentang manajemen tentang pengorganisasian adalah merupakan fungsi kedua dalam manajemen dan pengorganisasian di definisikan sebagai proses kegiatan penyusunan struktu organisasi sesuai dengan tujuan-tujuan. sumber-sumber. .

spesialisasi pekerjaan.. . Selain daripada itu struktur organisasi juga menunjukan spesilisasi. Lanjutan.. saluran perintah dan penyampaian laporan. Struktur organisasi menunjukan adanya pembagian kerja dan menunjukan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan- keegiatan yang berbeda beda tersebut di integrasikan atau kordinasi. Struktur organisasi adalah susunan komponen- komponen atau unit-unit kerja dalam organisasi.

Fungsi dan Tujuan Pengorganisasian : Fungsi pengorganisasian : Adanya pembagian tugas dan penggolongan kegiatan perusahaan Pembagian tugas kegiatan perusahaan kepada kelompok yang telah ditetapkan Menentukan kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan Tujuan pengorganisasian Kemudahan dalam pelaksanaan tugas Kemudahan pimpinan dalam melakukan pengawasan Kemudahan dalam menentukan orang-orang yang dipercaya dalam melaksanakan tugas   .

Bentuk-Bentuk Organisasi Organisasi Garis : Diciptakan oleh Henry Fayol Organisasi ini hanya mengenal satu komando.kelebihan dari organisasi garis seperti adanya pengawasan secara langsung.Taylor Bentuk organisasi ini merupakan gabungan dari untuk organisasi fungsional dan organisasi garis dan staff. serta mengambil kelebihan-kelebihan dari organisasi staff seperti adanya spesialisasi kerja Organisasi Fungsional : Diciptaka oleh F. Satu wewenang yang turun masuk dari pemimpin kebawahan. bawahan bertanggung jawab pada atasan Organisasi Garis dan Staff : Diciptakan oleh Harrington Emerson Merupakan bentuk organisasi yang mengambil kelebihan.W. . mulai dari manager puncak langsung komando.

sedangkan dalam organisasi juga terdapat kepemimpinan.Mengorganisasikan dunia kerja Manajemen dan organisasi sangat berubungan erat. Hubungan dari manajemen. dan tatakerja adalah organisasi secara keseluruhan atau sebagai suatu keselurahan memerlukan manajemen untuk mengatur system tatakerja. Dengan demikian untuk menyusun organisasi yang baik dan dapat mencapai tujuan di perlukan manajemen yang baik juga. manajemen merupakan atau berarti sebagai kepemimpinan. organisasi. .

Ada pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas .Ada sasaran .Ada tujuan .Ciri-ciri Organisasi Ciri-ciri organisasi yaitu: .Terdapat komponen ( atasan dan bawahan) .Ada keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati .Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang) .

Sedangkan kegagalan dapat disebabkan karna adanya faktor internal di pengorganisasian tersebut yang bersifat negatif.Penyebab kegagalan dan keberhasilan organisasi Keberhasilan atau kegagalan organisasi pasti berhubungan dengan peran para anggotanya. . Suatu keberhasilan dapat dicapai bila ada kerjasama yang baik antar para anggotanya.