You are on page 1of 56

3

2

1

NAMA KELOMPOK :
1. AYU AULIA (470115004)
2. MAYA FEBRIANTIKA P
(470115021)
3. NURUL KHOTIMAH
(470115024)
4. RENZY DWI R
(470115028)
5. YUSTINA DWI C (470115041)

PENERAPAN ATAU
TINJAUAN ETIKA di
DUNIA MODERN

terutama yang disebabkan perkembangan pesat dalam ilmu pengetahuan dan tekhnologi khusunya ilmu-ilmu biomedis. Telah terjadi manipulasi genetis. 2. . Timbulnya masalah-masalah etis baru. Peranan Etika dalam Dunia Modern 1. Adanya pluralisme moral Adalah suatu kenyataan sekarang ini bahwa kita hidup dalam zaman yang semakin pluralistik. Masalah cloning dan penciptaan manusia super sangatlah mengandung masalah- masalah etis seru dalam kehidupan manusia. yakni campur tangan manusia atas perkembangbiakan gen-gen manusia. tidak terkecuali dalam hal moralitas. Ciri lain yang menandai zaman kita adalah timbul masalah- masalah etis baru.

. Yang diproklamirkan oleh Persatuan Bangsa Bangsa (UNO) pada 10 Desember 1948. Gejala yang paling mencolok tentang kepedulian etis adalah Deklarasi Universal tentang Hak-hak Azasi Manusia. Dengan kepedulian etis yang universal ini.3. Adanya pergerakan-pergerakan perjuangan moral yang terorganisir seperti dalam bentuk kerjasama antar Lembaga-lembaga Swadaya Masyarakat .juga kita dapat menyaksikan adanya suatu kesadaran moral universal yang tidak terorganisir tapi terasa hidup dan berkembang dimana-mana. Munculnya kepedulian etis yang semakin universal. antar Dewan Perwakilan Rakyat dari beberapa negara . maka pluralisme moral pada bagian pertama diatas dapat menjadi persoalan tersendiri.

Perubahan yang terus terjadi itu muncul dibawah hantaman kekuatan yang mengenai semua segi kehidupan kita. Ada banyak cara berpikir yang berkembnag. . social dan rohani masyarakat kita. konsumerisme. serta cara berpikir dan pendidikan modern yang telah banyak mengubah lingkungan budaya. Hantaman gelombang modernisasi Kita sekarang ini hidup dalam masa transformasi masyarakat yang tanpa tanding. individualisme. sekularisme.4. yaitu gelombang modernisasi.materialisme. nasionalisme. pluralisme religius. Yang dimaksud gelombang modernisasi disini bukan hanya menyangkut barang atau peralatan yang diproduksi semakin canggih. melainkan juga dalam hal cara berpikir yang telah berubah secara radikal. sepeti rasionalisme.

Pemikiran kritis dapat membantu untuk membuat penilaian rasional dan objektif. Tawaran berbagai ideologi           Banyak orang merasa kehilangan pegangan. . dan tidak mudah terpancing oleh berbagai alasan yang tidak mendasar.5. Disini etika dapat membantu orang untuk sanggup menghadapi secara kritis dan objektif berbagai ideology yang muncul. Ada cukup banyak orsang ysng terombang-ambing mengikuti tawaran yang masing-masing mempunyai daya tarik sendiri itu. dan tidak tahu harus berbuat atau memilih apa. Situasi seperti ini tidak jarang dimanfaatkan oleh berbagai pihak untuk menawarkan ideology-ideologi mereka sebagai jawaban atas kebingungan tadi.

 Membantu seseorang mampu menentukan pendapat. 4.  Menjembatani semua dimensi atau nila-nilai yang ada dalam masyarakat.  Membantu membedakan mana yang tidak boleh dirubah dan mana yang boleh dirubah sehingga dalam kehidupan bermasyarakat kita tetap dapat yang layak diterima dan ditolak mengambil sikap yang dapat dipertanggungjawabkan. Manfaat Etika di Dunia Modern Etika di dunia modern mempunyai manfaat yang besar dalam kehidupan sehari-hari. .  Membantu suatu pendirian dalam beragam pandangan dan moral 2. yaitu : 1. 3.

Kebutuhan akan refleksi itu akan kita rasakan. Akan tetapi berbeda dengan ilmu-ilmu lain yang meneliti juga tingkah laku manusia.Karena itulah etika merupakan suatu ilmu. Untuk itulah diperlukan etika. yaitu untuk mencari tahu apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia. Secara metodologis. tidak setiap hal menilai perbuatan dapat dikatakan sebagai etika. . antara lain karena pendapat etis kita tidak jarang berbeda dengan pendapat orang lain. Maksudnya etika melihat dari sudut baik dan buruk terhadap perbuatan manusia. metodis. dan sistematis dalam melakukan refleksi. Etika memerlukan sikap kritis. etika memiliki sudut pandang normatif. Etika Sebagai Tinjauan Etika dimulai bila manusia merefleksikan unsur-unsur etis dalam pendapat-pendapat spontan kita. objek dari etika adalah tingkah laku manusia. Sebagai suatu ilmu.

. bagaimana cara menghormati yang lebih tua. Jadi etika dalam keluarga adalah etika yang telah diatur di lingkungan keluarga(di dalam rumah). dan bagaimana bersikap saat bersama dengan mereka. ayah dan anak-anak atau ibu dan anak yang sering di sebut keluarga inti. tentang bagaimana kita berinteraksi dengan orang tua. Etika Dalam Keluarga Keluarga adalah suatu kelompok yang terdiri dari beberapa individu yang terikat oleh adanya hubungan perkawinan atau darah . kelurga yang terdiri dari ayah –ibu dan anak .

• Meminta maaf pada orang tua bila melakukan kesalahan. • Tidak pulang larut malam dan tepat waktu. ibu dan kakak. • Tidak berbicara pada saat makan bersama. • Bertutur kata dengan lembut dan sopan pada orang tua. • Membantu ibu dalam melakukan pekerjaan rumah. • Mendengarkan nasehat orang tua. Contoh Etika Dalam • Keluarga Pamitan dan mencium tangan orang tua sebelum pergi ke luar rumah. • Tidak membantah perintah orang tua. • Saling menghormati dan menghargai. • Tidak mengeluarkan suara (menyiplak) saat mengunyah makanan . • Tidak menyebutkan nama pada saat memanggil ayah. • Tidak berbohong pada orang tua. • Tidak membuang angin pada saat makan bersama.

Contoh Gambar Pamitan kepada orang Membantu orang tua tua Meminta maaf kepada Menndengarkan nasehat orang tua orang tua .

intelektualitas dan etika pergaulan seseorang. Bila etika makan dibentuk secara instan maka akan menghasilkan kualitas etika makan yang canggung dan tidak luwes . Dengan kebiasaan sehari-hari dengan melakukan etika makan yang baik maka merupakan proses pembelajaran yang sangat baik. Kualitas etika makan harus dilakukan sejak usia anak dan remaja. Jika mampu menunjukkan sopan santun di meja makan. Etika Di Meja Makan Etika makan merupakan peraturan atau tatacara yang baik dan perlu diamalkan semasa makan di meja makan. Etika makan tidak dibentuk secara tiba-tiba. sebenarnya secara tidak langsung menunjukkan kualitas pergaulan.

Contoh Etika Di Meja Makan Cuci tangan sebelum makan dan sesudah makan. .

.Makan dalam posisi duduk tidak sambil jalan-jalan atau berlarian.

Berdoa sebelum dan sesudah makan .

Tepat dan benar menggunakan peralatan makan. Begitu juga bila memakai sumpit dan pisau . Sendok dan garpu digunakan sebagaimana fungsinya.

Mulailah makan bila semua masakan sudah terhidang di meja makan .

Ambil makanan sesuai dengan porsinya .

2) Mengucapkan salam seraya menyapa dengan hormat saat berpapasan dengan mereka. Etika Pergaulan Etika di lingkungan sekolah 1) Menghormati Guru Menghormati mereka dimanapun mereka berada. Memperhatikan dan mendengarkan saat mereka menerangkan pelajaran di kelas. . 4) Bertanya dengan sopan ketika menemui pelajaran yang kurang di pahami. Tidak mengolok-olok. 5) Benggunakan bahasa yang santun ketika berbicara atau ketika bercakap-cakap dengan mereka.baik di sekolah maupun diluar sekolah. mengerjai dan tidak membicarakan kejelekan mereka. 3) Mengerjakan semua tugas pelajaran yang mereka berikan.

mendidik dan membiayai hidup kita. • Namun tidak selayaknya kita mengabaikan kewajiban menghormati dan menuruti segala nasehat dan perhatiannya.Etika Pergaulan Dengan Orang Yang Lebih Tua • Kita wajib menghormati orang tua yang telah memelihara kita dan membesarkan. • Bertutur kata yang sopan .

IKUT GOTONG-ROYONG MEMBERSIHKAN LINGKUNGAN DESA .

jangan mengangkat kaki di atas kursi atau meja meskipun dalam keadaan istirahat • Jangan pernah sekalipun meludah di lantai sekolah apalagi di kelas • Jangan tertawa dan berteriak berlebihan dan keras bila di dalam kelas • Bila meminjam alat tulis. dan tidak merebahkan kepala di meja. ETIKA DI DALAM KELAS • Didalam kelas sebaiknya bersikap duduk yang sopan duduk tegak. buku atau apapun kepada teman harus segera dikembalikan. .

Contoh gambar etika pergaulan Mengerjakan tugas sesuai perintah guru Bekerja sama dengan baik Memperhatikan diskusi di antar teman dalam kelas .

sopan santun serta muka tidaklah tampak. Etika Dalam Berbisnis • Bicara Melalui Telepon Dalam percakapan berhadapan muka. orang dapat melewatkan begitu saja kata-kata yang tidak jelas diucapkan. Tetapi melalui telepon. gerak-gerik. . jauh lebih menghargai suara yang mudah ditangkap daripada senyum simpul yang tidak kelihatan. Oleh sebab itu kita harus sanggup mengucapkan tiap-tiap kata dan kalimat dengan nada yang jelas dan terang. Lawan bicara di telepon. hanya suara yang terdengar.

kita harus membantu team tersebut dan ikut serta memecahkan masalah yang terjadi.• Loyalitas Selama kita menjadi anggota team di kantor. Sebagai pegawai yang loyal sudah tentu kita tidak akan mencari keuntungan pribadi dengan biaya kelompok. .

Gambar etika berbisnis d Berbicara sopan saat Bekerja sama saat pembuatan melayani klien proyek bisnis .

Etika Bertamu dengan Baik Contoh Dalam Berpakaian • Pakailah pakaian yang bersih dan rapi • Hendaklah mendahulukan anggota badan sebelah kanan baru kemudian sebelah kiri • Tidak terlalu ketat dan transparan • Contoh Dalam Berhias • Memakai perhiasan atau alat-alat untuk berhias yang halal dan tidak mengandung efek ketergantungan • Menggunakan alat-alat atau barang-barang hias sesuai dengan kebutuhan dan kepantasan serta tidak berlebihan .

"Anggaplah rumah sendiri!" . Contoh Dalam Bertamu •Sebelum memasuki rumah seseorang. kita harus meminta izin terlebih dahulu dengan mengucapkan salam •Sebagai tamu. meskipun sudah dikatakan oleh tuan rumah. janganlah berbuat seenaknya di rumah orang. maka tinggalkanlah rumah itu segera •Apabila sudah diterima dengan baik. apabila kita tidak mendapati tuan rumah atau merasa tidak diterima oleh tuan rumah karena suatu hal.

maka cicipilah makanan dan minuman tersebut setelah dipersilahkan oleh tuan rumah • Menjadi tamu di rumah dekatpun harus tetap menjaga kesopanan • Jika dirasa sudah cukup keperluannya.• Jika kita dihidangkan makanan atau minuman. maka dengan sikap yang agak berat kita harus berpamitan untuk pulang .

kita harus segera menyambutnya dengan penuh hormat • Harus bersikap ramah dan sopan.Contoh Dalam Menerima Tamu • Apabila kedatangan tamu. sebab menerima tamu hukumnya wajib • Sebagai tuan rumah. banyak hal yang dapat ditanyakan atau diberikan kepada tamu .

nyatakan perasaan sayang dan menyesal atas pertemuan yang begitu singkat .•Jangan sekali-kali menanyakan pertanyaan yang kurang sopan kepada tamu •Ketika tamu berpamitan hendak pulang.

Duduk dengan sopan Mengambil makanan sesudah dipersilahkan oleh pemilik rumah Mengucapkan salam saat .

.

ETIKA ETIKA DALAMDI KAMPUS LINGKUNGAN KAMPUS  Mematuhi  peraturan- peraturan yang berlaku di lingkungan kampus .

Menghormati dan menghargai dosen selaku orang yang mengarahkan dan memberi ilmu pengetahuan kepada mahasiswa .

teman setingkat dan kakak tingkat.Memberi contoh yang baik dalam berperilaku kepada adik tingkat. .

Saling menghormati dan menghargai terhadap sesama mahasiswa. .

Berperilaku dan bertutur kata yang sopan dan baik .

S A L A H .Tidak berperilaku asusila atau tidak bermoral.

.Bersedia menerima sanksi yang ditetapkan atas pelanggaran terhadap peraturan yang berlaku sebagai bagian dari pendidikan disiplin.

an .Berpakaian yang rapi dan sopan.

.Jika kita mau bertanya atau mengutarakan pendapat atau jawaban hendaknya kita mengacungkan tangan terlebih dahulu sebelum bertanya.

bukannya kita ngomong sendiri dengan teman kita. .Kita hendaknya diam dan memperhatikan ketika dosen menjelaskan materi.

 Jika kita ingin ke belakang kita meminta ijin terlebih dahulu kepada guru atau dosen. .

Duduk ditempat duduk yang disediakan dan duduk yang baik .

.Kita hendaknya menyapa dosen atau guru dengan sapaan pak atau bu meskipun dosen atau guru tersebut umurnya tidak jauh berbeda dengan kita.

CONTOH ETIKA DALAM ETIKA LINGKUNGAN LINGKUNGAN Membuang sampah pada tempatnya .

Berusaha untuk tidak menggunakan kendaraan bermotor jika tempat yg dituju dekat mengurangi polusi .

 Tidak mengotori air  .

Membersikan saluran air (selokan /got ) dilingkungan rumah .

Menanam pohon .

Hemat air .

S N .