MENUNTUT ILMU

DALAM ISLAM
by Rizman A Nugraha

baik laki-laki maupun perempuan”. wajiblah ia memiliki ilmunya dan barang siapa yang ingin selamat dan berbahagia di akhirat. wajiblah ia mengetahui ilmunya pula dan barang siapa menginginkan kedua-duanya. baik dengan jalan bertanya. mendengar maupun melihat. Sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya : “Barang siapa menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia. wajiblah ia memiliki kedua-duanya pula”. Bukhari dan Muslim) .R.Hukum Menuntut Ilmu Menuntut ilmu artinya berusaha menghasilkan segala ilmu. (H. Perintah kewajiban menuntut ilmu terdapat dalam hadist Nabi Muhammad yang artinya : “Menuntut ilmu adalah fardhu bagi tiap-tiap muslim.

(HR At-Tirmidzi. kecuali malaikat pasti meletakkan (mengepakkan) sayap-sayapnya karena ridha dengan apa yang dilakukannya”. Hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih At- Targhib wa At-Tarhib no.Keutamaan Menuntut Ilmu Diantara keutamaan menuntut ilmu adalah sebagai berikut : ■ Dimudahkan jalannya menuju surga “Dan barangsiapa yang menempuh suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani di dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no.) ■ Para malaikat ridha apa yang dikerjakannya “Tidaklah seseorang itu keluar dari rumahnya untuk menuntut ilmu. 85. Ibnu Majah.) . (HR Muslim dan yang lainnya. Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga”. 84. dan Ibnu Hibban.

(HR At-Tirmidzi. maka baginya pahala seperti berhaji secara sempurna”. 88. (HR Ibnu Majah dan Al-Baihaqi. dia tidak bermaksud kecuali untuk belajar kebaikan atau untuk mengajarkannya. maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang”. maka kedudukannya laksana seorang laki-laki yang hanya memandang-mandang barang (perbekalan) saudaranya”. hadits ini dinilai hasan shahih oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no.) . Dan barangsiapa yang datang dengan niat selain itu.) ■ Kedudukannya seperti orang-orang yang berjihad di jalan Allah “Barangsiapa yang mendatangi masjidku ini (yaitu Masjid An-Nabawi) tidaklah ia datang kecuali untuk kebaikan yang akan dipelajari atau diajarkannya. (HR Ath-Thabrani.Keutamaan Menuntut Ilmu (Lanjutan) ■ Mendapatkan pahala haji secara sempurna “Barangsiapa yang pergi menuju masjid.) “Barangsiapa keluar (dari rumahnya) dalam rangka menuntut ilmu. hadits ini dinilai hasan li ghairihi oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no. Hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no. 86. 87. maka ia berada di kedudukan seperti orang-orang yang berjihad di jalan Allah.

5 Manfaat Menuntut Ilmu Bagi Kehidupan ■ Mampu membedakan benar-salah Manfaat menuntut ilmu seseorang tidak akan terperangkap pada perbuatan atau tindakan yang salah. seseorang akan terkenang sampai kapanpun. Hakikatnya manusia akan meninggalkan segala bentuk urusan yang terjalin pada manusia secara otomatis ketika mati. ■ Bermanfaat Hingga Wafat Setelah manusia mati (wafat) maka terputus sudah segala hal keduniawian pada dirinya. Istilah menulislah maka kau akan abadi adalah bentuk dari proses penularan ilmu melalui tulisan. Dengan ilmu yang ditinggalkan atau disampaikan. Ilmu yang terdapat didalam tulisan tersebut akan selalu bermanfaat bahkan setelah penulisnya wafat. Orang berilmu akan punya landasan hidup yang kuat serta selalu berusaha menempatkan diri pada posisi yang ia anggap tepat. . Kemungkinan untuk melakukan tindakan salah karena pengaruh dari orang lain juga sangat kecil.

Dengan pengetahuan akan kebenaran. Entah dimata Tuhan atau dalam pandangan sesama manusia. manusia yang berpikir normal pasti akan berusaha semaksimal mungkin melakukan tindakan atau perbuatan yang benar serta menjauhi tindakan atau perbuatan yang dianggap salah bukan? Kebenaran itulah yang akan menghantarkan seseorang menuju tempat bernama surga. Bahkan seseorang yang berada proses menuntut ilmu pun sudah mendapat pandangan positif dari lingkungan sekitar bukan? . orang yang berilmu senantiasa mendapat penghormatan yang baik.5 Manfaat Menuntut Ilmu Bagi Kehidupan (Lanjutan) ■ Sarana Menuju Surga Sudah dipaparkan pada poin pertama bahwa dengan ilmu seseorang bisa membedakan hal yang benar dan hal yang salah. ■ Meninggikan Derajat Manusia Derajat atau tingkatan manusia akan terangkat dengan ilmu atau pengetahuan yang dimiliki.

. Berbeda dengan ilmu yang mampu menjaga diri manusia serta dapat mendatangkan harta. Seseorang yang kaya saja tidak akan bisa bertahan pada keadaan melimpah yang ia jaga. Akan tetapi orang berilmu yang mampu mengolah keadaan yang dapat mendatangkan harta secara berkesinambungan dalam jangka waktu lama dengan pengetahuan yang ia miliki.5 Manfaat Menuntut Ilmu Bagi Kehidupan (Lanjutan) ■ Hal yang Berharga Selain Harta Apa hal yang mempunyai nilai lebih dan paling berharga di muka bumi ini selain ilmu? Harta dan kekayaaan yang melimpah akan membuat seseorang berusaha menjaga supaya harta tersebut tidak hilang.

“Tuntutlah Ilmu dari semenjak lahir sampai keliang lahad (mati)”. Terima Kasih .