You are on page 1of 17

SAFETY

CAMPAIGN

5R
RINGKAS – RAPI – RESIK – RAWAT - RAJIN

APA ITU 5R? Ada beberapa istilah 5R yang biasa dipakai DI JEPANG DI BARAT DI INDONESIA ADA 2 ARTI SEIRI SORT RINGKAS PEMILAHAN SEITON SET IN ORDER RAPI PENATAAN SEISO SHINE RESIK PEMBENAHAN SEIKETSU STANDARDIZE RAWAT PEMANTAPAN SHITSUKE SUSTAIN RAJIN PEMBIASAAN .

.

.

.

.

.

*TUJUAN 5R *Mewujudkan lokasi kerja yang nyaman *Mendisiplinkan pekerja menggunakan standar *Mengurangi angka Kecelakaan Kerja dan Kebakaran *Membangun kesan yang positif bagi perusahaan .

* DAMPAK PELAKSANAAN 5R *MENGURANGI potensi dari : *Kecelakaan *Kerusakan *Pemborosan biaya *Kecacatan produk *Meningkatkan efisiensi serta Motivasi Kerja .

karena suatu saat peralatan tersebut akan dibutuhkan .  Tidak meletakkan peralatan tanpa kejelasan. serta tidak meletakkan barang pada suatu area yang tidak berhubungan dengan pekerjaan di area tersebut.  Membuang barang yang tidak diperlukan. “RINGKAS” ADALAH :  MENYINGKIRKAN/MENYINGKIRKAN/MENGELUARKAN semua barang/material yang diperlukan dengan yang tidak diperlukan LANGKAH-LANGKAH PENERAPAN RINGKAS. *ARTI 5R 1. YAITU :  Memisahkan barang/peralatan yang diperlukan dan tidak diperlukan.

 Memastikan semua barang memiliki tempat khusus.  Mendorong semua orang untuk mengembalikan barang pada tempatnya setelah digunakan . YAITU :  Menandai barang/peralatan yang rusak. *ARTI 5R 2. LANGKAH-LANGKAH PENERAPAN RAPI. ditempatkan terpisah dan segera dicari penggantinya. “RAPI” ADALAH :  Menata barang/material yang diperlukan pada tempat yang memudahkan untuk diambil.  Meletakkan barang sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

*ARTI 5R 3.  Memeriksa dan mengevaluasi tempat kerja yang telah dibersihkan . YAITU :  Mencari sumber kotoran dan menentukan apa saja yang hendak dibersihkan.  Melakukan pembersihan sesuai dengan daftar cek dan jadwal.  Memilih peralatan kebersihan yang akan digunakan. “RESIK” ADALAH :  Menjaga lingkungan kerja dan seluruh barang/material dalam keadaan baik dan bersih.  Membagi tugas untuk bertanggung jawab pada kebersihan area masing- masing tempat. LANGKAH-LANGKAH PENERAPAN RESIK.

“RAWAT” ADALAH :  Memelihara/Merutinkan ketiga komponen 5R sebelumnya. rapi dan bersih dengan terus- menerus  Memasang SOP (prosedur) atau rambu-rambu 5R . Rawat berarti memelihara lingkungan yang sudah bersih dan rapi sepanjang waktu LANGKAH-LANGKAH PENERAPAN RAWAT. yaitu Ringkas. Rapi. *ARTI 5R 4. YAITU :  Mempertahankan tempat kerja yang ringkas. dan Resik.

Training 5R ke pekerja). Rapi.  Menerapkan disiplin yang tinggi atas standar prosedur tersebut. Resik. sehingga menjadi kebiasaan atau sikap kerja seluruh karyawan. *ARTI 5R 5.  Membuat suasana yang kondusif sehingga setiap orang saling menghormati satu sama lain .  Rajin berarti mempertahankan standar prosedur yang telah ada untuk menjalankan Ringkas. YAITU :  Membuat SOP/PROSEDUR dan peraturan secara prosedural (penjadwalan. “RAJIN” ADALAH :  Rajin adalah membuat 4R sebelumnya menjadi suatu kebiasaan untuk pengembangan yang berkelanjutan. dan rawat secara berkelanjutan LANGKAH-LANGKAH PENERAPAN RAJIN.

*CONTOH PELAKSANAAN SEBELUM 5R SETELAH 5R .

*CONTOH PELAKSANAAN SEBELUM 5R SETELAH 5R .

*SELESAI TERIMA KASIH .