Para peneliti virus

:
1. D.Ivanovsky
2. M.Beijerinck
3. Wendell M. Stanley

UKURAN TUBUH 20-300µm
ULTRA MIKROSKOPIS
MENGANDUNG DNA / RNA
ENDOPARASIT OBLIGAT INTRA
SEL
BERBIAK DGN MENDUPLIKASI
DIRI
DAPAT DIKRISTALKAN
Bentuk: bola, batang, oval, silindris,
kubus, tidak beraturan, huruf T.

Seludang ekor

.

PERHATIKAN .

.

Daur litik .Reproduksi Virus: Replikasi Daur hidup virus: 1. Daur lisogenik 2.

o Bila sel inang imun o DNA/RNA virus disisipkan ke kromosom inang tanpa mengambil alih fungsi DNA sel inang(Profage) o Jika sel inang membelah virus ikut membelah.materi genetik virus diwariskan pada keturunannya o Jika imunitas sel inang turun virus mengambil alih fungsi DNA dari sel inang(Eklifase/sintesis) .

Fase adsorpsi lisogenik .

Fase injeksi lisogenik .

Fase penggabungan lisogenik .

Fase sintesis lisogenik .

Fase sintesis dan perakitan Lisogenik .

Fase litik Lisogenik .

 Tahap Adsorpsi  Tahap Penetrasi  Tahap sintesis  Tahap Pematangan/ Eklifase  Tahap Lisis .

Fase adsorbsi litik .

Fase injeksi litik .

Fase sintesis dan perakitan litik .

Fase litik litik .

litik .

.

.

.

EBOLA HERPES POLIO FLU .

INF SAL PRN CMV INFLU 2 ADENO VIR HCV HPV HTLV .

TMV RETRO HBV SMALL POX VIRUS .

Memproduksi Vaksin . Melemahkan Bakteri c. Membuat Antitoksin b.a.

Kanker d. Influenza i. Pada MataManusia: Belek h. Hepatitis l. Demam Berdarah g. Pilek (Selesma) . Herpes simplex b.a. Campak (Morbili) m. Rabies n. Penyakit Ebola f. Gondong c. Polio j. Cacar k. AIDS e.

.

.

VIRUS HEPATITIS Hepatitis E Hepatitis A Hepatitis C Hepatitis B .

.

VIRUS AIDS .

.

.

.

kucing. Rabies pada anjing. Penyakit mosaik pd tembakau. tomat. . Penyakit degenerasi pembuluh tapis pd jeruk c. kentang.Pada hewan: a. Penyakit sampar ayam (tetelo) Pada tumbuhan: a. Penyakit kuku dan mulut pd ternak sapi dan kerbau c. b. dan monyet b. Penyakit tungro pd padi.

dan interferon.Sel tubuh mampu mempertahankan diri (imunitas) dari serangan virus dengan menghasilkan sel fagosit. antibodi. .

.

.

.

.

.

Medium yang paling cocok untuk menumbuhkan virus adalah…. buah yang sudah masak dan siap dimakan b.1. a. telur ayam yang sudah matang c. media agar yang diberi nutrisi e. embrio ayam yang masih hidup Jawab : E . bangkai sapi d.

Tubuhnya mengandung asam nukleat yang dilapisi protein b. Virus diangap sebagai makhluk hidup karena:… a.2. dapat memperbanyak diri dalam sel d. dapat menyerang bakteri c. dapat melewati saringan bakteri rangkap dua Jawab : C . dapat menimbulkan penyakit e.

rabies. rabies dan trakhom d. sampar b. difteri dan campak Jawab : C . A. demam dan difteri e. cacar. demam berdarah. difteri dan tifus c. influenza.3. Kelompok penyakit berkut yang disebabkan oleh virus adalah…. TBC. kolera.

4. cacar Jawab : D . trakom. demam berdarah. A. Vaksin yang diberikan melalui mulut adalah vaksin yang digunakan untuk mencegah…. D. C. rabies. B. E. polio.

E. vakuola. A. Sel inang. badan golgi jawab : D . D. Virus dapat berkembang biak pada jaringan hidup inangnya. B.5. sitoplasma. C. ribosom. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membentuk bagian tubuh virus berasal dari. mitokondria.

4 e.6. Perhatikan gambar bakteriofage berikut. 1 b. 2 c. 5 Jawab : A . bagian yang berperan mengatur proses replikasi adalah nomor a. 3 d.

A. 5 e. 4 d.. 1 b. 3 c.7. 6 Jawab : E . Berdarkan gambar disamping bagian dari virus yang berfungi untuk menempelkan pada tubuh sel inang adalah.