You are on page 1of 36

Laily Handayani

Kepaniteraan Klinik Bagian Ilmu Kesehatan
Anak
RSUD SUNAN KALIJAGA DEMAK
2016

DBD itu
apa
sih ???

Penyakit demam berdarah dengue
adalah Penyakit demam akut yang
disebabkan oleh virus genus flavivirus,
melalui perantara nyamuk Aedes
Aegypti.

Merupakan suatu penyakit infeksi virus yang berat dan berpotensi mematikan .

DBD lebih sering terjadi dan bisa lebih berbahaya jika dialami oleh anak .

Apa penyebabnya ???? .

yang termasuk dalam genus Flavivirus.Disebabkan oleh virus dengue. yang ditularkan melalui nyamuk aedes aegypti .

nyamuk ke man aimana caranya .

Nyamuk aedes aegypti Nyamuk Menggigit/mengh menggigit/menghi isap darah sap darah orang penderita DBD sehat Virus pindah Virus dengue bersama air liur ikut terhisap nyamuk Berkembang biak dan menyebar seluruh tubuh nyamuk dan air liur .

Bagaimana ciri nyamuk Aedes aegypti??? .

Aedes Aegypti Warna hitam dengan belang- belang putih. kaleng dll Tempat hinggap yang disukai adalah di tempat yg agak gelap dan lembab. Mampu terbang sampai 100 meter Berkembang biak di tempat penampungan air yang tidak berhubungan langsung dengan tanah : misalnya di bak mandi. Biasa menghisap darah pada pagi sampai sore hari. vas bunga. misalnya di pakaian yg digantung dan korden .

Bagaimana gejalanya ???? .

O Demam/panas tinggi O mendadak O Terus menerus O selama 2-7 hari. .

nafas cepat. tidak ada nafsu makan . kencing berkurang. Pada DBD setelah suhu turun: Klinis memburuk. lemah. gelisah. tangan kaki dingin.

tanda DBD : K : KEPALA NYERI L : LEMAH. LETIH M: MUAL. MUNTAH N: NYERI SENDI O: NYERI OTOT P : PERDARAHAN R : RUAM .• Terdapat tanda.

APA YANG HARUS DILAKUKAN ?? .

Tirah baring atau istirahat baring.Minum banyak (2 – 2.Jika anak menunjukan tanda – tanda tersebut yang perlu dilakukan: 1. 3.   .Diet makan lunak. pemberian cairan merupakan hal yang paling penting bagi penderita DHF. teh manis.5 liter/24 jam) dapat berupa : susu. sirup dan beri penderita sedikit oralit. 2.

.

Bagaimana penularannya ??? .

  . maka anak itu akan dapat tertular penyakit ini. Bila anak ini digigit nyamuk Aedes Aegypti maka bibit penyakit ikut terhisap masuk ke dalam tubuh nyamuk. Dan bila nyamuk tersebut menggigit anak lain (anak sehat).Anak yang sakit demam berdarah di dalam darahnya mengandung virus.

WASPADA !!! .

dan tidak mau makan/ minum apapun apalagi disertai nyeri perut. ingin tidur. Penderita mengalami masa kritis bila demam turun tetapi anak bertambah lemah. ini merupakan tanda awal terjadinya SYOK   .

KAPAN HARUS DIBAWA KE RUMAH SAKIT ??? .

Tanda-tanda Kegawatan MPP K 3 Muntah2 Kencing << Perut sakit Ke RS Kulit dingin Perdarahan Kesadaran /kejang .

BAGAIMANA PENCEGAHANNYA ?? ? .

DAUR HIDUP NYAMUK AEDES AEGYPTY Dari telur sampai nyamuk Tiap 2 hari nyamuk dewasa dewasa 7 – 10 hari membutuhkan darah untuk bertelur Umur nyamuk dewasa betina dapat mencapai 2 – 3 bulan .

tahan sampai 6 bulan di tempat kering Jentik nyamuk berukuran 0.Telur sangat kecil (0. warna hitam. selalu bergerak aktif .7 mm).5-1 cm.

. tempat minum burung. tangki penampungan bekas. ban bekas. dan lain-lain. botol pecah. dan lain-lain. vas bunga. Di dalam rumah: bak mandi. tampayan.  Di luar rumah: drum. potongan tempurung kelapa.

FAKTOR RISIKO PENULARAN Galang Kusuma Anantyo .

Apa yang harus dilakukan untuk mencegah DBD?? .

PERANG DENGAN NYAMUK AEDES AEGYPTI ! .

Pencegahan dilakukan dengan langkah 3M : 1. Menguras bak mandi .

Pencegahan dilakukan dengan langkah 3M : 2. Menutup tempat-tempat yang mungkin menjadi tempat berkembang biak nyamuk .

Pencegahan dilakukan dengan langkah 3M : 3.barang bekas yang dapat menampung air hujan . Menyingkirkan / mendaur ulang barang.

PLUS MENGHINDARI GIGITAN NYAMUK YAITU: Menggunakan kelambu ketika tidur Memakai obat yang dapat mencegah gigitan nyamuk Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam kamar Mengupayakan pencahayaan dan ventilasi yang memadai Memperbaiki saluran dan talang air yang rusak Menaburkan bubuk pembunuh jentik di tempat yang sulit di kuras .

TERIMA KASIH .