ANALISA KINERJA PENGGUNAAN TOWER

CRANE PADA PROYEK GEDUNG PASCA
SARJANA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Oleh:
Lismawati Furi 201310340311193

JURUSAN TEKNIK SIPIL
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
2016

Pada Proyek Gedung Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Malang yang memiliki satu basemen dan sembilan lantai ini sangat dibutuhkannya tower crane sebagai alat yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan. Pada Proyek Gedung Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Malang tower crane digunakan pada pekerjaan pengangkatan tulangan dari tempat suplai yang berada pada tingkat paling bawah. Tower crane sendiri adalah sebuah alat berat yang digunakan untuk mengangkat benda atau material yang pada umumnya tidak dapat diangkat oleh manusia. pengangkatan bekisting dan pada proses pengecoran tower crane digunakan untuk . PENDAHULUA Latar N Tower crane Belakang merupakan salah satu alat yang sangat diperlukan dalam pembangunan gedung bertingkat. secara vertikal maupun horizontal ke tempat yang tinggi dengan ruang gerak yang terbatas.

PENDAHULUA Rumusan N Masalah Berdasarkan dari latar belakang diatas maka dapat dirumuskan suatu permasalahan yaitu: “Bagaimana kinerja penggunaan tower crane pada Proyek Gedung Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Malang?” Batasan Masalah Alat berat yang akan diteliti adalah tower crane yang berlokasi di Proyek Gedung Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Malang. Penelitian pada kinerja tower crane meliputi efektivitas waktu dan biaya pemakaian. .

Bila dijabarkan lebih lanjut. TINJAUAN Pengertian Tower PUSTAKA Crane Tower Crane adalah suatu alat bantu yang ada hubungannya dengan akses bahan dan material konstruksi dalam suatu proyek. Visualisasi tower crane seperti terlihat dibawah ini. fungsinya lebih dekat terhadap alat mobilisasi vertikal-horisontal yang amat sangat membantu didalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi. .

Climbing Tower Crane . Travelling Tower Crane 4. Self Supporting Static Tower Crane 2. Supported Static Tower Crane 3. TINJAUAN Macam-macam Tower PUSTAKA Crane Tower Crane memiliki banyak model yang disesuaikan dengan kondisi proyek. Ada empat jenis tower crane yaitu : 1.

Kabin operator adalah ruang untuk operator mengoperasikan tower crane . yang berfungsi untuk menahan jib agar tetap lurus 90 derajat terhadap tiang utama 2. Counter jib adalah tiang penyeimbang 4. Tipe ropes. Counter weight adalah penyeimbang beban 3. TINJAUAN Bagian-bagian Tower PUSTAKA Crane kawat 1.

TINJAUAN Bagian-bagian Tower PUSTAKA Crane 5. Climbing device merupakan alat untuk menambah ketinggian crane 10. Footing block adalah tempat pijakan tower crane . 7. Slewing ring berfungsi untuk memutar jib 6. Jib adalah tiang horizontal yang panjangnya ditentukan berdasarkan jangkauan yang diinginkan. Trolley adalah alat yang bergerak sepanjang jib 8. Mast merupakan tiang vertikal yang berdiri di atas base atau dasar 11. Hook merupakan pengait material atau alat yang akan diangkat 9.

Kemudahan operasional baik pada saat pemasangan maupun pembongkaran 4. Bentuk struktur bangunan 3. Kapasitas tower crane . Kondisi proyek 2. TINJAUAN Cara Pemasangan Tower PUSTAKA Crane Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Tower Crane 1.

Counter weight – 20 ton Tower crane dilengkapi dengan dua tombol limit untuk memastikan operator tidak mengangkat beban berlebih: 1. . Daya angkat maksimum – 18 ton atau 300 ton-meter 4. untuk memonitor tarikan pada kabel dan memastikan beban tidak melebihi 18 ton 2. untuk memastikan operator tidak melebihi prinsip ton-meter ketika beban digerakkan pada jib. Tombol beban maksimum. Jangkauan maksimum – 70 meter 3. Tombol momen beban. Tinggi maksimum berdiri sendiri – 80 meter 2. TINJAUAN PUSTAKA Besar Beban yang mampu diangkat Tower Tipikal tower crane Crane memiliki spesifikasi sebagai berikut: 1.

Teknik Pengumpulan Data 1. yaitu berisi gambaran proyek secara umum seperti nama proyek. Data umum. Jalan Raya Tlogomas No. Observasi dan wawancara 2. 246. jumlah hari kerja. Malang. METODOLOGI PENELITIAN Tempat Penelitian Proyek Gedung Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Malang. lokasi. durasi sewa tower crane dan luas tanah proyek . Studi pustaka Data yang dibutuhkan 1. jumlah jam kerja.

5. 4. METODOLOGI PENELITIAN Data yang dibutuhkan 2. pengecoran dan lain-lain. ketinggian antar lantai. letak tower crane. serta jarak antar kolom 3. Data biaya operasional tower crane mencakup biaya sewa. Data tower crane yang dipakai. berisi tentang nama dan jenis tower crane yang dipakai. efisiensi kerja serta cek jangkauan tower crane terhadap luas gedung. lebar dan tinggi gedung. berisi tentang denah gedung. Jenis pekerjaan. biaya pelumas dan biaya listrik. biaya operator. Data proyek. yaitu pekerjaan tulangan. . bekisting.

TERIMA KASIH .