You are on page 1of 18

Penanganan Awal Pada

Trauma Mata
RS MATA dr. YAP

Universitas Kristen Krida Wacana

• Trauma mata  tindakan yang menimbulkan luka pada mata. • Trauma mata = gawat darurat mata • Gawat darerat  suatu keadaan yang terjadinya mendadak mengakibatkan seseorang atau banyak orang memerlukan penanganan / pertolongan segera dalam arti pertolongan secara cermat.Apa itu Trauma Mata ??? • Trauma (benturan)  tindakan sengaja maupun tidak yang menimbulkan luka (berat / ringan). tepat dan cepat .

Jenis-jenis Trauma Mata fisik / mekani k traum a mata fisis kimia .

Trauma Fisik / Mekanik Trauma Tajam Trauma Tumpul Trauma Tembus Peluru .

yaitu perdarahan didalam bola mata. . terlepasnya selaput jala (retina) atau sampai terputusnya saraf penglihatan sehingga menimbulkan kebutaan menetap.Ciri-ciri • Trauma tumpul dapat menimbulkan perlukaan ringan yaitu penurunan penglihatan sementara sampai berat.

Bahan tidak beracun dapat pula menimbulkan infeksi jika tercemar oleh kuman. Benda asing yang tertinggal dapat bersifat tidak beracun dan beracun. kaca. .Ciri-ciri • Trauma tajam selain menimbulkan perlukaan dapat juga disertai tertinggalnya benda asing didalam mata. tembaga serta bahan dari tumbuhan misalnya potongan kayu. Bahan tidak beracun seperti pasir. Benda beracun contohnya logam besi.

Trauma Kimia Trauma Asam Trauma Basa .

Ciri-ciri • Trauma kimia asam umumnya memperlihatkan gejala lebih berat daripada trauma khemis basa. Mata nampak merah. keluar airmata berlebihan dan penderita nampak sangat kesakitan. tetapi trauma basa akan berakibat fatal karena dapat menghancurkan jaringan mata/ kornea secara perlahan-lahan. . bengkak.

sinar las.Trauma Fisis • Trauma termal: misalnya panas api. listrik. . sinar matahari. • Trauma bahan radioaktif: misalnya sinar radiasi bagi pekerja radiologi.

Benda Asing .

Apa yang kita lakukan??? harus .

Sebaiknya jangan lebih dari Penanganan 6 jam setelah terjadi trauma untuk menghindari terjadinya infeksi. Penderita secepatnya harus dikirim ke RS yang ada dokter spesialis mata. .

. Cukup dibebat dengan Trauma plester. jika ada beri salep tumpul mata antibiotik.

Trauma tajam Jangan memberi pengobatan dalam bentuk apapun. Pada umumnya perlu dilakukan operasi segera dengan pembiusan perlukaan umum maka penderita langsung dipuasakan. . Sebaiknya mata dibebat dengan dengan plester.

Trauma Sebaiknya secepatnya diguyur dengan Khemis baik air mengalir sebanyak-banyaknya kemudian diberi salep mata dan dibebat asam dengan plester secepatnya dikirm ke RS yang ada dokter spesialis mata maupun basa .

.

.

TERIMA KASIH .