Pembelajaran Seni Tari SD

Dian Yuni Kuswandari (11)
Estilivia Retno Oktavianis (16)
M. Iqbal Maulana (28)
Oppy Iqbal Wiratama (30)
Rakyan Nimmanarati Cittamassa Kamanitra (32)
Retno Dwi Anugrawati (33)
Savero Nova Tsania (36)
Offering A4

Kata Kunci Deskripsi Seni .

K : 2017)  Seni tari adalah pikiran.O : 2017)  Seni tari merupakan hasil antara perasaan dan gerakan yang seirama (Oppy I. perasaan manusia yang diungkapkan dalam bentuk gerak (Estilivia R.T.W : 2017)  Seni tari adalah bentu pengungkapan atau ekspresi .S : 2017)  Seni tari adalah ungkapan perasaan yang dituangkan dalam bentuk gerak yang memiliki nilai keindahan dan diiringi dengan irama (Diah Y.A : 2017)  Seni tari adalah gerakan yang indah dengan diiringi irama yang dilakukan di tempat dan suasana (waktu) tertentu (Savero N. Iqbal M : 2017)  Seni tari adalah eskpresi jiwa manusia yang diungkapkan melalui gerka yang indah dan diiringi dengan irama (Retno D.Pemahaman Tentang Seni Tari Seni tari adalah seni yang diekspresikan lewat gerakan  ritmis yang biasanya diiringi dengan irama ritmis (M.

Konsep Pendidikan Melalui Seni inilah yang dianggap paling sesuai untuk diajarkan atau diselenggarakan di sekolah umum. Menurut konsep ini. Artinya seni harus diwariskan melalui  lembaga pendidikan termasuk pendidik. .  Seni digunakan dalam pembelajaran di sekolah untuk mendorong perkembangan peserta didiknya secara optimal. seni dilihat sebagai sarana atau alat untuk mencapai tujuan pendidikan dan bukan tujuan seni itu sendiri. Pendidikan melalui seni pada hakekatnya merupakan proses pembentukan manusia melalui seni. menyanyi dan sebagainya perlu diajarkan kepada anak dalam rangka pengembangan dan pelestariannya.   Konsep Kedua  : Pendidikan Melalui Seni Konsep ini  dipopulerkan oleh Herbert Read dalam Education Truought Art. menciptakan keseimbangan rasional dan emosional. khususnya pada tingkat dasar dan prasekolah. Pendidikan seni secara umum berfungsi untuk mengembangkan kemampuan setiap peserta didik menemukan pemenuhan dirinya (personal fulfillment) dalam hidup. Konsekuensi ini tentunya menuntut tenaga pendidik atau guru yang menguasai sepenuhnya dalam bidang kesenian. keahlian seni seperti melukis. Berdasarkan pandangan ini. Penerapan konsep Pendidikan Melalui Seni ini akan menekankan pada “proses” daripada “ hasil”.Perbedaan Konsep Seni Sebagai Aspek Artistik dan Seni Dalam Pendidikan  Konsep Pertama : Seni dalam Pendidikan Pada awalnya dikemukakan oleh golongan esensialis yang mengganggap bahwa secara hakiki materi seni penting diberikan kepada anak.

sehingga mengenail dirinya sendiri)  Seni tari membina imajinasi kreatif (memberi kesembatan untuk berimajinasi)  Seni tari memberi sumbangan ke arah pemecahan masalah (dapat melatih memunculkan gagasan-gagasan)  Seni tari memurnikan cara berpikir. dan menilai (memfasilitasi penjelajahan secara terus menerus)  Seni tari memberikan sumbangan kepada perkembangan kepribadian (membantu penyesuaian rasa emosionalnya)  Seni tari membina perkembangan estetik (berupa penghayatan. dan melibatkan kemampuan visualisasi)  Seni tari memberikan sumbangan ke arah sadar diri (membina keunikan anak.Fungsi Pembelajaran Seni Tari di SD  Seni tari memberikan sumbangan pada pertumbuhan dan perkembangan anak  Seni tari meningkatkan pertumbuhan fisik. apresiasi. mental. kegiatan tersebut juga melibatkan kesadaran estetik. berbuat. dan kreasi)  Seni tari membantu menyempurnakan kehidupan (kehidupan . dan estetik siswa (terutama pada aspek motorik. ekspresi.