Kanker Payudara dan Kanker

Leher Rahim (Serviks)

APRINA IKA NURRAHMI 1611216062
HARYATI PUTRI HASIBUAN 1611216057
ZULFA AHDA 1611216038
SUCI FITRIA 1611216049
DELVIA RAHAYU P 1611216054
EREINA DO PRIVALO 1611216064

Kanker Payudara

Kanker payudara
(Carcinoma mammaee) Kanker payudara adalah
dalam bahasa inggrisnya keganasan yang bermula
disebut breast cancer dari sel-sel di payudara
merupakan kanker pada kemudian tumbuh di
jaringan payudara. Kanker dalam jaringan
ini paling umum payudara. Kanker bisa
menyerang wanita, mulai tumbuh didalam
walaupun laki-laki juga kelenjar susu, saluran
punya potensi terkena susu, jaringan lemak
akan tetapi kemungkinan maupun jaringan ikat
sangat kecil dengan pada payudara
perbandingan 1 diantara
1000.

KPD menempati urutan pertama dengan frekuensi relatif sebesar 18. Penyakit ini juga dapat diderita pada laki - laki dengan frekuensi sekitar 1 %. Badan Registrasi Kanker Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Indonesia (IAPI) dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI). Diperkirakan angka kejadiannya di Indonesia adalah 12/100.000 wanita.000 atau 18 % dari kematian yang dijumpai pada wanita. dimana upaya pengobatan sulit dilakukan.000 wanita dengan mortalitas yang cukup tinggi yaitu 27/100. sedangkan di Amerika adalah sekitar 92/100. menurut data Histopatologik . . (Data Kanker di Indonesia Tahun 2010. Di Indonesia.Epidemiologi Payudara Berdasarkan Pathological Based Registration di Indonesia.6%. lebih dari 80% kasus ditemukan berada pada stadium yang lanjut.

INVASIVE BREAST CANCER (KANKER PAYUDARA YANG INVASIVE) Karsinoma non-invansif Invasive (infiltrating) breast sering disebut juga dengan in cancer adalah jenis kanker situ breast cancer. kelenjar getah bening. Ductal Carsinoma In Situ a. Invasive Ductal Carsinoma (DCIS ) (IDC ) b. Lobular Carsinoma In b. menyerang jaringan tetap berada dalam selubung sekitar yang mendukung tempat asalnya.Jenis-jenis kanker payudara 1. seperti ke susu atau kelenjar air susu. In situ yang sel kankernya telah breast cancer adalah type keluar/lepas dari mana dia kanker yang mana sel kanker berasal. Jadi sel saluran dan kelenjar-kelenjar kanker tidak menyerang payudara. KARSINOMA NON- INVANSIF 2. Invasive Lobular Situ (LCIS ) Carsinoma ( ILC ) . Terbagi Terbagi atas: atas: a. Sel-sel kanker ini bisa menyebar keberbagai jaringan disekitar saluran air bagian tubuh.

Faktor .

sel ini akan berlanjut menjadi carsinoma insitu dan menginvasi stroma. mula – mula terjadi hiperplasia sel – sel dengan perkembangan sel – sel atipik.Patofisiologi kanker payudara Carsinoma mammae berasal dari jaringan epitel dan paling sering terjadi pada sistem duktal. Sel . Carsinoma membutuhkan waktu 7 tahun untuk bertumbuh dari sel tunggal sampai menjadi massa yang cukup besar untuk dapat diraba ( kira – kira berdiameter 1 cm). Pada ukuran itu kira – kira seperempat dari Carsinoma mammae bermetastasis dengan penyebaran langsung ke jaringan sekitarnya dan juga melalui saluran limfe dan aliran darahmmae telah bermetastasis .

Tanda .

Stadium Kanker Payudara Stadium I .

Stadium III B .Sambungan stadium kanker….

. Pencegahan Kanker Payudara 1.

Penanganan kanker payudara 1.Mastektomi .

Kanker Serviks (Leher rahim) Kanker serviks adalah penyakit kanker yang terjadi pada daerah leher rahim atau biasa juga disebut kanker leher rahim. . Kanker ini 99.7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik. Yaitu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim.

yaitu sel kolumnar dan sel skuamosa. Sekitar 70% kejadian kanker serviks merupakan akibat dari HPV 16 dan HPV 18. Awalnya sel kanker berkembang dari serviks / mulut rahim yang letaknya berada di bawah rahim dan di atas vagina. Penyebab kanker servik  Penyebab utama kanker serviks adalah infeksi Human Papilloma Virus (HPV atau virus papiloma manusia). Oleh sebab itu kanker serviks disebut juga kanker leher rahim atau kanker mulut rahim. Sel skuamus ini sangat berperan dalam perkembangan kanker serviks . Di mulut rahim ada dua jenis sel.

Rangsangan penis/sperma dapat memicu perubahan sifat sel menjadi tidak normal. Pada usia remaja (12-20 tahun) organ reproduksi wanita sedang aktif berkembang. . apalagi bila terjadi luka saat berhubungan seksual dan kemudian infeksi Virus HPV. Sel abnormal inilah yang berpotensi tinggi menyebabkan kanker serviks. Next… Infeksi Virus HPV dapat terjadi dalam 2-3 tahun pertama mereka aktif secara seksual.

Epidemiologi Kanker Serviks Di dunia. kanker merupakan penyebab kematian nomor 2 setelah peny .

Mulai dari SCJ disebut skuamo tumbuh kedalam stroma kolumnar junction serviks dan cenderung (SCJ). Patologi Kanker Servik 1. Ulseratif. Eksofitik. Mulai dari SCJ tahun. dan endoserviks kanalis serviks yang 2. didalam kanalis dan cenderung merusak serviks. . Endofitik. Mulai dari SCJ kearah lumen vagina Karsinoma serviks sebagai massa timbul dibatasi antara proliferatif yang epitel yang melapisi mengalami infeksi ektoserviks (portio) sekunder dan nekrosis. struktur jaringan pelvis Tumor dapat tumbuh : dengan melibatkan fornices vagina untuk menjadi ulkus yang luas. Pada wanita infitratif membentuk muda SCJ terletak ulkus diluar OUE. sedang pada wanita diatas 35 3.

Untuk stadium IB 5-years survival rate sebesar 70 sampai 90%. stadium III kira . dari semua wanita yang terdiagnosis pada stadium IA memiliki 5-years survival rate sebesar 95%. Umumnya.  Stadium 0 : 100 % penderita dalam stadium ini akan sembuh. IA dan IB.kira 50%. Untuk stadium 2B 5-years survival rate sebesar 60 sampai 65%.90%. dari semua wanita yang terdiagnosis pada stadium 2A memiliki 5-years survival rate sebesar 70 . Prognosis Kanker Serviks Prognosis kanker serviks tergantung dari stadium penyakit. dan untuk stadium IV kurang dari 30%. 2A dan 2B.  Stadium 2: Kanker serviks stadium 2 dibagi menjadi 2.  Stadium 4 : Pada stadium ini 5-years survival rate-nya sebesar 20-30%. 5-years survival rate untuk stadium I lebih dari 90%. Ini tidak termasuk wanita dengan kanker pada limfonodi mereka. untuk stadium II 60-80%. .  Stadium 1 : Kanker serviks stadium I sering dibagi menjadi 2.

Faktor .

Gejala .

ke arah parametrium dan dalam tingkatan yang lanjut menginfiltrasi septum rektovaginal dan kandung kemih. Patofisiologi Kanker Servik Pada umumnya secara limfogen melalui pembuluh getah bening menuju 3 arah : a. ke arah fornices dan dinding vagina. b. . dan c. ke arah korpus uterus.

CATATAN MEDIS DAN DAN PEMERIKSAAN DI BAWAH PEMERIKSAAN FISIK ANESTESI  Dokter akan meminta informasi tentang kesehatan Anda. termasuk diperlukan jika kanker mencari kemungkinan tersebut diketahui pada penyebaran kanker ke tahap dini kelenjar getah bening ataupun organ terdekat. memiliki tumor besar. PROKTOSKOPI. .Diagnosis Kanker Servik CYSTOSCOPY.  Ini adalah prosedur yang faktor risiko terkait. Pemeriksaan fisik lengkap Prosedur ini tidak akan dilakukan. dan paling sering dilakukan tentang kesehatan pada wanita yang anggota keluarga Anda. faktor.

Stadium Kanker servik Stadium 0 ( .

Pencegahan Kanker Servik Pencegahan Primer .

Pengobatan Kanker Servik Pembedahan .