Eksplorasi

PREV JUDUL ISI MATERI NEXT
Ilmu Alam
Objek IPA dan Pengamatannya

Pengamatan menjadi bagian penting untuk dapat mengetahui ciri-ciri benda
yang ada di sekitar kita. Misalnya, kalian ingin mengetahui makhluk hidup yang
ada di rerumputan. Untuk memudahkan dalam melakukan pengamatan, kalian
dapat menggunakan lup atau kaca pembesar. Dengan menggunakan lup, kalian
dapat melihat dengan jelas benda-benda dan makhluk hidup yang ada di
rerumputan. Dengan demikian, kalian akan mengetahui karakteristik (ciri-ciri)
benda atau makhluk hidup yang tinggal di rerumputan. Untuk memudahkan
dalam pengamatan, sebaiknya kalian lakukan bersama teman dalam satu

Pengukuran Menjadi Bagian dari Pengamatan C. Besaran Pokok dan Besaran Turunan D. Penyelidikan dalam IPA B. Awalan dan Konversi Satuan . Eksplorasi PREV JUDUL ISI MATERI NEXT Ilmu Alam Isi Materi A.

dan mengomunikasikan. Eksplorasi PREV JUDUL ISI MATERI NEXT Ilmu Alam A.  Proses tersebut biasa dikenal dengan proses saintifik. Penyelidikan dalam IPA  Penyelidikan ilmiah IPA melibatkan sejumlah proses. mengasosiasi. yaitu mengamati. . menanyakan. mengeksplorasi/eksperimen.

kalian dapat menggunakan pancaindra. membuat daftar pertanyaan untuk dapat melakukan  Pada saat melakukan penyelidikan lebih lanjut. pengamatan. Eksplorasi PREV JUDUL ISI MATERI NEXT Ilmu Alam 1. . Menanyakan  Proses mengamati menjadi  Setelah melakukan proses awal dalam pengamatan. Mengamati 2. kalian harus melakukan penyelidikan.

 Dalam proses eksplorasi atau eksperimen ini. Mengeksplorasi/Eksperimen  Proses mengeksplorasi atau melakukan eksperimen merupakan proses lanjutan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. . d. b. mengambil data yang diperlukan untuk memenuhi tujuan. e. mengolah data hasil eksplorasi/eksperimen. Eksplorasi PREV JUDUL ISI MATERI NEXT Ilmu Alam 3. ada beberapa langkah yang dapat dilakukan: a. menentukan tujuan mengadakan eksplorasi/eksperimen. menyusun langkah kerja yang dilakukan untuk mengeksplorasi/eksperimen. melakukan diskusi untuk menyimpulkan sementara hasil eksplorasi/eksperimen. c.

. Mengasosiasi 5. Mengomunikasikan  Langkah selanjutnya  Bentuk komunikasi ini dapat adalah membandingkan berupa laporan hasil hasilnya dengan teori yang eksplorasi/eksperimen. telah dikemukakan para ilmuwan yang disebut proses asosiasi. Eksplorasi PREV JUDUL ISI MATERI NEXT Ilmu Alam 4.

matahari. . sampai jagat raya ini. planet-planet. bumi. bulan. misalnya lautan. Eksplorasi PREV JUDUL ISI MATERI NEXT Ilmu Alam Objek yang diamati dalam IPA dapat berupa benda yang berukuran besar.

Pengukuran Menjadi Bagian dari Pengamatan 1. Besaran. Eksplorasi PREV JUDUL ISI MATERI NEXT Ilmu Alam B. Pengukuran.  Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur  Satuan adalah sesuatu yang menyertai nilai besaran yang diukur. dan Satuan  Pengukuran adalah kegiatan atau proses membandingkan suatu besaran yang diukur dengan besaran sejenis yang dipakai sebagai satuan. .

 Untuk dapat memberikan pengertian yang seragam di seluruh dunia maka dibuatlah meter standar. jangka sorong. . dan mikrometer sekrup. Saat ini satu meter didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa selama sekon  Alat-alat ukur panjang yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.  Meter standar tersebut disimpan di Sevres. antara lain mistar. Prancis. Eksplorasi PREV JUDUL ISI MATERI NEXT Ilmu Alam Standar Satuan Panjang  Satuan besaran panjang secara internasional adalah meter.

 Satuan dalam SI untuk massa adalah kilogram.  Satu kilogram standar didefinisikan sebagai massa satu silinder logam yangterbuat dari platina-iridium. Contoh alat ukur massa adalah neraca lengan atau neraca langkan. Massa 1 kg sama dengan massa 1 liter air murni pada suhu 4oC. .  Massa benda selalu tetap.  Alat ukur massa tersebut disebut neraca. Eksplorasi PREV JUDUL ISI MATERI NEXT Ilmu Alam Standar Satuan Massa  Massa dapat dikatakan sebagai kuantitas (jumlah) zat dalam benda. dan timbangan. neraca Ohaus.

 Satuan waktu dalam SI adalah sekon (s).  Satu sekon adalah waktu yang diperlukan oleh atom sesium-133 (Cs-133) untuk melakukan getaran sebanyak 9.  Alat ukur waktu yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari- hari adalah stopwatch dan arloji. . Eksplorasi PREV JUDUL ISI MATERI NEXT Ilmu Alam Standar Satuan Waktu  Waktu adalah besaran yang menunjukkan lamanya suatu peristiwa terjadi.192.770 kali.631.

Eksplorasi PREV JUDUL ISI MATERI NEXT Ilmu Alam . c. artinya dapat digunakan oleh negara di seluruh dunia. a. Bersifat tetap. b.  Satuan yang sudah dibakukan itu harus memenuhi syarat berikut. artinya tidak berubah dalam keadaan bagaimanapun. Bersifat internasional. . artinya mudah dibuat dan diperbanyak untuk keperluan sehari-hari. Mudah ditiru.  Satuan yang disepakati itu disebut satuan baku. Pentingnya Standardisasi (Pembakuan) Satuan  Diperlukan satuan yang disepakati oleh semua orang atau dengan kata lain perlu adanya standar atau keseragaman satuan yang berlaku secara umum.

Eksplorasi PREV JUDUL ISI MATERI NEXT Ilmu Alam C. Besaran Pokok dan Besaran Turunan 1. . Besaran Pokok dan Satuannya  Besaran-besaran yang satuannya sudah ditentukan disebut besaran pokok.  Para ilmuwan menetapkan ada tujuh besaran pokok dan satuan sistem internasional (SI).

Luas = panjang × lebar = meter × meter = meter2 = m2 Jadi. satuan untuk besaran luas adalah m2 (baca: meter persegi).  Contoh :  Satuan luas diperoleh dari dua satuan besaran pokok panjang. . Eksplorasi PREV JUDUL ISI MATERI NEXT Ilmu Alam 2.  Yang termasuk besaran turunan antara lain luas.  Satuan besaran panjang dalam SI adalah meter sehingga satuan untuk luas dapat ditentukan sebagai berikut. volume. percepatan. Besaran Turunan dan Satuannya  Besaran yang memiliki dua atau lebih satuan dari besaran pokok inilah yang dinamakan besaran turunan. dan energi. massa jenis. kecepatan.

Eksplorasi PREV JUDUL ISI MATERI NEXT Ilmu Alam D. lebih mudah menyebutkan 10 kilometer.000 meter.  Awalan satuan (dalam SI) dan kelipatannya dapat dilihat dalam Tabel 1. . Misalnya. untuk menyebutkan 10.2 berikut ini. Awalan dan Konversi Satuan 1. Awalan Satuan  Penggunaan awalan satuan dapat memudahkan dalam berkomunikasi karena angkanya menjadi lebih sederhana.

dan lain-lain. Manakah yang lebih besar: 1. Eksplorasi PREV JUDUL ISI MATERI NEXT Ilmu Alam 2. misalnya inci. atau 3. 1.  Berikut ini contoh faktor konversi beberapa satuan. 4 liter atau 1 galon? . Konversi Satuan  Ada beberapa negara yang menggunakan satuan lain. liter.  Agar mudah dimengerti atau dikomunikasikan kepada orang lain maka satuan tersebut dapat dikonversi (dialihkan) ke sistem metriks. 2. knot. 72 km/jam atau 20 m/s. ons.025 m/jam.5 knot atau 2.