JOURNAL READING

INSIDEN KEGANASAN PADA STRUMA
MULTI-NODULAR: PENELITIAN PROSPEKTIF
PADA PUSAT AKADEMIK TERSIER

DISUSUN OLEH :
FEBRIAN PARLANGGA 1102012085
INTAN DWI SUSANTI 1102012129
RAZWA MAGHVIRA 1102012232

PEMBIMBING :
DR. FIRMANSYAH SP. B

namun berbagai penelitian telah melaporkan risiko yang signifikan terhadap keganasan. PENDAHULUAN Struma multi-nodular atau Multi-nodular Goiter (MNG) adalah salah satu tanda umum dari berbagai penyakit tiroid. Persoalan yang lama dan sampai sekarang belum . Meskipun MNG secara tradisional dianggap berisiko rendah untuk terjadinya keganasan dibandingkan dengan nodul primer.

TUJUAN Untuk menentukan insiden dan keganasan tiroid pada struma multi- nodular dengan melakukan pemeriksaan histopatologi pada spesimen tiroidektomi total. .

India dari Januari 2007 sampai Desember 2010. terbagi atas 85 kasus MNG pada perempuan. BAHAN DAN METODE  Penelitian menggunakan metode prospektif observasional  Dilakukan di Departemen Bedah di Rumah Sakit AJ dan Pusat.  Dalam penelitian prospektif ini terdapat 220 kasus struma. .  Sebagian besar pasien berasal dari bagian pesisir Karnataka dan Kerala.  Dari 100 kasus. 15 kasus MNG pada laki laki. India. Mangalore. 100 kasus merupakan struma multi-nodular.

Lanjutan. ......  Rata-rata MNG terjadi pada usia 30-40th  Keluhan yang paling umum timbul adalah pembengkakan di leher (92% pasien)  Rata-rata jumlah nodul yang terdeteksi adalah tiga nodule.

BENIGN PAPILLARY FOLLICU HURTHLE MEDULLA TOTAL CA LAR CA CELL CA RY CA Kasus 90 6 2 1 1 100 .  100 kasus adalah struma multi-nodular.HASIL  Dalam penelitian prospektif ini terdapat 220 kasus struma.

.

11 kasus bentuk koloid  1 kasus berpotensi mengalami keganasan .6cm dan 30 kasus terdapat gambaran mikrokalsifikasi yang solid dan hipoekoik. Pada sample yang mengalami pembengkakan (92%). dilakukan FNAC yang hasilnya : .  Pada 30 kasus tersebut.9 kasus neoplasma folikuler .10 kasus hasilnya masih belum jelas . kemudian dilakukan USG tiroid. dengan rata rata ukuran nodul 1.

dan hasilnya : .Diantara 10 pasien tadi.10 kasus berpotensi keganasan (10%)  6 kasusnya karsinoma papiler .Rata rata berusia 41-50 (50%) . Dalam 100 kasus dilakukan tiroidektomi total dan hasilnya dievaluasi secara histopatologi. 8 erempuan dan 2 laki laki .

.

 Defisiensi ringan dalam konsumsi makanan beryodium.  Etiopatogenesis dari MNG masih belum jelas. DISKUSI  Struma multi-nodular (MNG) didefinisikan sebagai perabaan beberapa nodul yang berbeda ukuran pada kelenjar tiroid yang membesar. peningkatan iodide clearance dari ginjal dan adanya thyroid stimulating immunoglobulin merupakan berbagai penyebab yang dapat dikaitkan dengan pencetus MNG . sedikit penurunan dari sintesis hormon.

 USG dan FNAC adalah alat yang sangat diperlukan dalam evaluasi pra operasi dari MNG untuk kecurigaan pada keganasan.  Yang paling penting pada USG ditemukan mikrokalsifikasi.  FNAC ini juga sangat penting dalam penilaian nodul tiroid . batas nodul yang tidak teratur.

KESIMPULAN: ҉ Pada penelitian ini disimpulkan bahwa risiko keganasan pada struma multi-nodular tidak serendah yang difikirkan sebelumnya. . ҉ Disebutkan pula bahwa keganasan yang terjadi pada struma multi-nodular cukup signifikan. harus tetap di follow up untuk mengetahui apakah terdapat potensi keganasan atau tidak agar lebih mudah untuk ditindak lanjuti. ҉Semua pasien dengan struma multi-nodular yang telah diterapi secara konservatif.

TERIMAKASIHHHHHHH  .