Tugas Elemen Mesin II

Daerah Toleransi Dari Poros Dan Bantalan

Disusun oleh
Nama : Renault Sumampow
Nim : 15021104016

. Daerah Toleransi Daerah toleransi adalah selisih antara ukuran maksimum dan minimum yang diizinkan dari suatu lubang maupun poros dalam harga mutlak.

.

5 mm dan -0. Tanda + berarti letak daerahnya ada di atas garis batas dasar (garis O) dan tanda . Harga toleransi ± 0. yaitu pada ukuran panjang dan ukuran lebar.5) = 24.5 = 1 mm.Gambar 1 menunjukkan sebuah segi empat yang mempunyai toleransi ± 0..5 .(negatif) berarti daerahnya terletak di bawah garis batas dasar. Dengan demikian daerah toleransinya. artinya penyimpangannya adalah +0. . Ukuran maksimum sisi panjangnya adalah 25 + (+0.ukuran minimum = 25.5) = 25.5 mm.5 pada masing-masing ukuran.5 mm.5 mm. .24. yaitu ukuran maksimum . Oleh karena itu dalam gambar tersebut ditunjukkan juga daerah toleransinya.Gambar 2 menunjukkan hasil ukuran yang mungkin terjadi karena adanya toleransi. Ukuran minimum dari sisi panjangnya adalah 25 + (-0.5 mm.

.

contoh berikut menunjukkan posisi daerah toleransi poros dengan notasi yang menunjukkan penyimpangannya. . hal yang sama berlaku juga bagilubang. memotong. hanya notasi penyimpangannya ditulis dengan huruf capital. bawah. perhatikan tandanya (positif atau negative). posisi daerah toleransi poros terhadap garis nol bias terletak disebelah atas.atau menempel.

Pada gambar ini garis O adalah garis batas dasar. Di bawah garis dasar pada daerah yang diarsir adalah daerah toleransi poros. bagian yang diarsir menunjukkan daerah toleransi lubang. Bila ukuran poros maksimum dan ukuran lubang mini mum maka akan terjadi kelonggaran yang minimum. . Bila ukuran poros adalah minimum dan lubang maksimum maka kelonggarannya adalah maksimum.

. Tp = toleransi poros : perbedaan antara penyimpangan atas dengan penyimpangan bawah atau perbedaan antara ukuran maksimum dengan ukuran minimum izin.Ud = Ukuran Dasar Pa = Penyimpangan Atas Pb = Penyimpangan Bawah Umaks = Ukuran maksimum Umin = Ukuran minimun Tl = Toleransi lubang.

Terima Kasih .