PUBLIC SPEAKING

PENGERTIAN  The art of science  ( seni ilmu pengetahuan mengenai komunikasi lisan yang efektif dengan para pendengar) Komunikasi yang dilakukan secara LISAN tentang sesuatu hal atau topik dihadapan orang banyak Seni berbicara di depan umum (publik) .

Topik yang akan dibicarakan 2.Susunan pesan (bagian awal.DASAR PS (MENURUT ARISTOTELES) : 1. tengah.Siapa yang diajak bicara 3. dan akhir) .

Umpan balik (feedback) .UNSUR DALAM PS 1.Pendengar (Listener) 2.Pembicara (Speaker) 3.

PURPOSES OF PS : .

PREPARATION PS .

. MEMILIH TOPIK 2.TOPIK. 1. . SUMBER TOPIK a) Bernilai dan menarik bagi khalayak a) Pengalaman pribadi sasaran b) Hobi dan ketrampilan b) Cukup tajam dan spesifik sehingga lebih m udah dikendalikan c) Pengalaman pekerjaan atau profesi c) Cukup sempit dan mendalam lebih d) Pelajaran sekolah atau kuliah baik daripada topik yang terlalu luas e) Pendapat pribadi d) Jangan memilih topik yang mencakup berbagai hal yang tAerlalu banyak f) Peristiwa hangat dan pembicaraan (jelas ruang lingkupnya) public e) Sesuaikan topik dengan waktu g) Masalah yang umum penyampaian h) Kilasan biografi f) Topik tersebut berada dalam penguasaan Anda i) Kejadian khusus g) Sesuai waktu dan situasi j) Minat khalayak ..

ANALISIS SITUASI DAN PUBLIK.. 1) Jenis pertemuan  Sejumlah orang yang dalam kesempatan tertentu 2) Tempat akan berkomunikasi dengan kita 3) Fasilitas 4) Waktu . terdiri dari unsur yang harus menafsirkan ide- : ide yang kita sampaikan. . ANALISIS SITUASI ANALISIS PUBLIK  Wadah tempat kita  Obyek sekaligus subyek berbicara..

Menghafal  Digunakan bila isi pembicaraan menyangkut kasus-kasus politik yang sensitif atau bila waktu yang terbatas 4. Ekstemporer  Persiapan menyeluruh. 1. mengingat gagasan pokok.. Improptu (Naskah)  Membacakan pidato 3..METODE PENYAMPAIAN. . Improptu  Penyampaian tanpa persiapan khusus 2. urutan kemunculan dan barangkali menghapal beberapa kalimat pertama dan terakhir .