Dibuat oleh

:

Taq¶n

Pendahuluan
Keamanan dengan menggunakan password untuk saat ini sudah banyak kelemahannya, pertama hanya memiliki fungsi verifikasi, kedua banyak orang yang hanya menggunakan satu password untuk segala hal, mulai dari email, penggunaan kartu ATM, sampai menjadi keanggotaan mailing list.

Untuk mengatasi kelemahan penggunaan password, maka dikembangkanlah teknologi biometrik yaitu suatu metode keamanan database dengan menggunakan anggota badan seperti sidik jari, geometri tangan, retina (mata),suara dan wajah sebagai pengganti password.

Perlindungan data adalah hal yang penting dalam masalah sekuriti. Pada sistem sekuriti data dapat dikategorikan menjadi : 1. Data publik, yaitu data yang dapat diakses oleh siapapun 2. Data rahasia, yaitu data yang tak boleh bocor ke pihak lain yang tidak berhak 3. Data sembarang yaitu data yang sifatnya bebas

CIA
Dalam perancangan dan pembahasan sistem sekuriti lazimnya kita akan dihadapkan pada pertimbangan dengan istilah segitiga CIA ; 1. Confidentiality : yaitu segala usaha yang berkaitan dengan pencegahan pengaksesan terhadap informasi yang dilakukan oleh pihak lain yang tidak berhak. 2. Integrity : yaitu sesuatu yang berkaitan dengan pencegahan dalam modifikasi informasi yang dilakukan oleh pihak lain yang tidak berhak. 1. Availability : yaitu pencegahan penguasaan informasi atau sumber daya oleh pihak lain yang tidak berhak.

3M
Pada hakekatnya seringkali orang melupakan bahwa dalam pelaksanaan sekuriti akan melibatkan 3 M yaitu : 1. Matematika 2. Manajemen 3. Manusia

Biometric authentication
Teknologi biometrik menawarkan autentikasi secara biologis memungkinkan sistem dapat mengenali penggunanya lebih tepat. Terdapat beberapa metode diantaranya : fingerprint scanning, retina scanning, dan DNA scanning. Dua metode terakhir masih dalam taraf penelitian, sedangkan fingerprint scanning saat ini telah digunakan secara luas dan digunakan bersama-sama dengan smartcard dalam proses autentikasi.

Pola Sidik jari
Terdapat 3 (tiga) pola papillary ridge yang paling umum digambarkan di bawah

Loop´ mempunyai 1 delta dan antar baris pusat pada loop dan akan ditunjukkan pada delta.

whorl mempunyai 2 delta dan antar baris delta harus jelas.

arch tidak punya delta

Fingerprint Identification