KELOMPOK 1

NAMA :
DEWI NOVITA SARI
SILVIA ANGGRAINI
ANGGITA SAFITRI
FANNY ALFIRA
SINDY ISWARI AZRA
SRI AGUSTARI

Wirausaha
Produk
Kerajinan
Fungsional
dari Limbah

A.Diversifikasi Produk Dalam Kewirausahaan Produk Kerajinan Diversifikasi produk dilakukan agar usaha tidak tergantung pada satu jenis produk saja. Saat satu jenis produk .

B.sehingga perolehan bahan bakun. Perbedaan dapat terdapat pada cara pengemasan dan promosi produk . Produk fungsional dapat berupa kerajinan yang terbuat dari bahan limbah.teknik. dan alat kerja tidak akan banyak berubah. Kerajinan dari bahan limbah dapat menjadi produk fungsional sederhana yang .PRODUK KERAJINAN FUNGSIONAL BERBAHAN LIMBAH Produk fungsional tersebut dapat terbuat dari bahan baku limbah yang sama.

BAHAN BAKU LIMBAH PADAT UNTUK KERAJINAN FUNGSIONAL 1. memanfaatkan bahan limbah yang memiliki potensi untuk menghasilkan nilai estetika. Produk fungsional yang .KARAKTER DAN POTENSI LIMBAH PADAT Produk fungsional yang merupakanbagian dari gaya hidup dan fesyen. C.

3.Bahan utama dan bahan pendukung produk fungsional sebuah produk fungsional harus memiliki konstruksi yang baik agar aman dan nyaman saat digunakan.2. .Bahan baku limbah dilingkungan sekitar bahan baku harus memiliki jumlah yang cukup untuk menghasilkan produk fungsional sesuai target produksi.

d.Teknik produksi kerajinan fungsional berbahan limbah 1. tahapan produksi Tahapan produksi baik untuk produksi hiasan maupun produksi fungsional terbagi atas 4 tahap: • Limbah • Pembahanan • Pembentukan • Perakitan • Finishing • Produk .

maupun yang berbentuk silinder seperti potongan kemasan saset B.teknik pembuatan dengan potongan Alat potobng yang digunakan tergantung dari material yang akan dipotong .2.daun kering. a.teknik dan alat produksi Teknik produksi yang digunakan untuk membuat produk fungsional berperan penting dalam menghasilkan kekuatan konstruksi dan keawetan produk tersebut. Teknik pembentukan dengan pengayaman Teknik anyaman digunakan untuk material lembaran seprti kertas.karton.

lem dan benang. Teknik sambungan diantarannya dengan pasak. . Teknik penyambungan Teknik sambungan yang baik akan menghasilkan kontruksi yang kuat.c.

menarik dan awet.d. Finishing produk dari limbah plastik pada hanya dengan merapikan bagian bagian produk dari lem atau material yang tidak rapi. serat eceng gondok dan batang pisang . Finishing berupa pelapisan permukaan pada umumnya dilakukan pada material alami seprti kayu. Teknik finishing Finishing dilakukan pada permukaan produk agar rapi.

Pada metode tradisional. satu orang melakukan setiap tahapan produksi. metode produksi dan keselamatan kerja Produksi dapat dilakukan dengan metode tradisional atau moderen.3. sedangkan pada metode modern satu .

Pemanfaatan metode moderen lebih efisien dalam mengunakan waktu sehingga sesuai untuk produksi dalam jumlah banyak. Metode tradisional kurang tepat digunakan untuk produksi dalam jumlah banyak karena produksi yang dihasilkan sulit untuk mencapai standart bentuk yang sama. .

Riset Potensi Limbah Data Tentang Limbah Eksplorasi Ide Desain Ide Produk Pengembangan dan Produksi Produk Fungsional Produk Fungsional Pasar .dan biaya produksi produk fungsional 1. Proses pencarian ide menjadi sangat penting. perancangan desain.PENGEMBANGAN DESAIN Desain produk fungsional harus dapat berfungsi baik selain memiliki nilai kebaruan dan nilai estetik.produksi.

A.Studi tentang kegiatan dan fasilitas yang dibutuhkan B. Ide produk fungsional dengan mengenali pengguna . Studi tentang penggunaan produk fungsional C.

pembentukan. Bahan baku yang pilih dan desain akhir.2. PERANCANGAN PROSES PRODUKSI DAN K3 Tahapan pada proses produksi secara umum terdiri dari pembahanan. perakitan. menentukan proses apa saja yang dilakukan . dan finishing.

3. PERHITUNGAN BIAYA PRODUKSI Titik impas (Break Even Point) adalah seluruh biaya modal yang telah dikeluarkan sudah kembali. sebuah usaha akan mulai dapat menghitung keuntungan penjualan. Biaya modal kerja ini dibayar dengan laba yang diperoleh dari hasil penjualan. . Setelah mencapai titik impas.

F. PENGEMASAN DAN PROMOSI 1.KEMASAN UNTUK PRODUK FUNGSIONAL Kemasan produk fungsional berfungsi melindungi produk dari debu dan kotoran serta memberikan kemudahan distribusi .

2.PROMOSI PRODUK FUNGSIONAL DARI LIMBAH Kegiatan promosi produk fungsional terutama bertujuan untuk memperkenalkan fungsi dan keunggulan dari produk tersebut. .

. Perencanaan wirausha produk fungsional dan limbah 1. seperti proses produksi yang dijalankan tergantung pada bahan dan desain dari produk yang akan dibuat. SKEMA PROSES WIRAUSAHA PRODUK DARI LIMBAH Skema proses dalam wirausaha produk dari limbah secara umum sama dengan skema proses yang terjadi pada wirausaha kerajinan lainnya. Perbedaannya terdapat pada detail aktivitas yang dilakukan. g.

Material (Bahan). . Market (Pasar). Method (Cara kerja) dan. Money (Uang).2. PROPOSAL USAHA Wirausaha pada dasarnya adalah kegiatan pengelolaan sumber daya usaha dikenal dengan istilah 6M. yakni Man (Manusia). Machine (Peralatan).

 Unsur-unsur keamanan bersifat material :  Baju kerja  Masker  Kaca mata .PERTANYAAN & JAWABAN • Kelompok 4 : 1. Bagaimana keselamatan kerja ditetapkan dalam membuat produk ? • Jawab : Keamanan/ keselamatan kerja adalah unsur-unsur penunjang yang mendukung terciptanya suasana kerja yang aman.

unsur-unsur keamanan bersifat nonmaterial : Buku petunjuk kerja Rambu-rambu dan isyarat bahaya Himbauan-himbauan Petugas keamanan .

• Kelompok 5 : 1. Sehingga kemasannya menjadi rapi dan tidak rusak . udara dan uap air sehingga selama masih hemetis wadah ini tidak dapat dilalui oleh bakteri dan debu. Cara pengemasan yang bagaimana agar produk terlindungi ? •. Jawab : Penggunaan kemasan hermetis (tahap uap dan gas) : Yaitu kemasan yang secara sempurna tidak dapat dilalui oleh gas.

yANG BEKERJA : • Meringkas : dewi novita sari. silvia nggraini • Mempresentasikan : anggita safitri & sindy iswari azra • Menjawab pertanyaan : silvia anggraini & fanny alfira siagian • Memonitori presentasi : dewi novita sari . fanny alfira siagian. sri agustari & sindy iswari azra • Membuat powerpoint : dewi novita sari.