You are on page 1of 13

PROSES PEMBBENTUKAN SINAR X

ANGGOTA KELOMPOK :

 Aditya Liansyah Putra

 Riska Yulianti

 Risqia Irhamna Putri

 Vivi Ramadhani

 Wahyu Adhi Pranata

. tetapi mempunyai panjang gelombang yang sangat pendek sehingga dapat menembus benda-benda. cahaya sinar ultraviolet. panas. Gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh sinar X sejenis dengan gelombang radio. Pengertian Sinar X Sinar X atau sinar Roentgen adalah gelombang elektromagnetik dari elektron yang menabrak atom dengan kecepatan tinggi juga dapat menembus benda-benda lunak seperti daging atau kulit akan tetapi tidak dapat menembus tulang. gigi dan logam karena hanya memiliki panjang gelombang 10-8 sampai 10-12 dan frekuensi1016 sampai 1021 Hz.

Sejarah Sinar X Sinar X pertama kali ditemukan oleh fisikawan asal Jerman Wilhelm C. Roentgen selanjutnya mencoba menutup tabung itu dengan kertas hitam dengan harapan agar tidak ada cahaya tampak yang dapat lewat. Dia mengamati nyala lampu hijau pada tabung yang sebelumnya menarik perhatian Crookes. Saat itu Roentgen bekerja menggunakan tabung. Nyala hijau yang terlihat oleh Crookes dan Roentgen akhirnya diketahui bahwa sinar tersebut tak lain adalah gelombang cahaya yang dipancarkan oleh dinding kaca pada tabung sewaktu elektron dengan kecepatan yang sangat tinggi menabrak atom. Selanjutnya Roentgen mengetahui bahwa sinar X dapat merambat lurus dan tidak dapat dibelokkan baik oleh medan listrik maupun medan magnet. Roentgen pada tanggal 8 november 1895. Namun setelah ditutup ternyata masih ada sesuatu yang dapat lewat. .

muatan (electron) akan memancarkan radiasi elektromagnetik dan ketika energy electron cukup tinggi maka radiasi elektromagnetik tersebut dalam range sinar-x. sinar-x yg terjadi dinamakan “sinar- x brehmsstrahlung” or “braking radiation”. electron tiba-tiba akan mengalami pelemahan yg sangat darastis oleh target sehingga menimbulkan sinar-x. karena adanya beda potensial. Sinar-X Brehmsstrahlung Electron dengan kecepatan tinggi (karena ada beda potensial 1000 Kvolt) yang mengenai target anoda.Sinar-x jenis ini tidak dipergunakan untuk XRD (X-Ray Difraction) . Pada waktu muatan (electron) yang bergerak dengan kecepatan tinggi (mengalami percepatan). Proses Terjadinya Sinar X 1.

maka jenis ini banyak diaplikasikan untuk XRD (X-RAy Diffraction) dalam menentukan struktur material. dapat mengenai electron dari atom target (anoda) sehingga menyebabkan electron tereksitasi dari atom. . Karena sinar-X karakteristik memiliki Panjang gelombang tertentu yang dapat difilter. dengan memancarkan sinar-x yang memiliki energy sebanding dengan level energy electron. Sinar Karakteristik Electron dari katoda yang bergerak dengan percepatan yg cukup tinggi.2. kemudian electron lain yang berada pada sub kulit yang lebih tinggi akan mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh electron tadi.

Hole yang ditinggalkannya itu akan diisi oleh elektron dari kulit luar dan proses itu melibatkan pelepasan foton (cahaya elektromagnetik) dari elektron pengisi terrsebut. .Cara Kerja Sinar X Karakteristik Penciptaan sinar X tak lagi mengandalkan mekanisme tabung crookes. meninggalkan hole pada tempat semula. melainkan dengan menggunakan pesawat sinar X modern. Elektron yang tertumbuk akan terpental dari orbitnya. Pesawat sinar X modern pada dasarnya membangkitkan sinar X dengan menghantam target logam dengan elektron berkecepatan tinggi sehingga menghasilkan energi tinggi dan mampu menembus elektron-elektron orbital luar pada materi target hingga menumbuk elektron orbital pada kulit k (terdekat dengan inti atom). Foton yang keluar itulah yang kemudian disebut sinar X karakteristik.

.

5. Mempunyai daya tembus yang tinggi Sinar X dapat menembus bahan dengan daya tembus yang sangat besar. 2. Mempunyai efek biologi. Sinar X dapat menghitamkan emulsi film setelah diproses di kamar gelap. Efek biologi ini digunakan dalam pengobatan radioterapi. .000 panjang gelombang yang kelihatan 3. SIFAT-SIFAT SINAR X Sifat-sifat sinar X : 1. dan digunakan dalam proses radiografi. 4.Efek primer sinar X apabila mengenai suatu bahan atau zat akan menimbulkan ionisasi partikel-partikel bahan zat tersebut. Mempunyai sifat berionisasi. Mempunyai efek fotografi. Mempunyai panjang gelombang yang pendek Yaitu : 1/10. Sinar X akan menimbulkan perubahan- perubahan biologi pada jaringan.

Manfaat Sinar X 1. Bidang Kesehatan a. Sinar X keras digunakan untuk memusnahkan sel-sel kanker. b. Sinar X boleh menembusi badan manusia tetapi diserap oleh bagian yang lebih tumpat seperti tulang. Kaedah ini dikenal sebagai radioterapi. . Sinar X lembut digunakan untuk mengambil gambar foto yang dikenal sebagai radiograf. Foto sinar X digunakan untuk mengesan kecacatan tulang mengdeteksi tulang yang patah dan memperlihatkan keadaan organ-organ dalam badan.

Mengetahui kecacatan dalam struktur binaan atau bagian-bagian dalam mesin. c. dinding konkrit dan tekanan tinggi. 3. Memeriksa retakan dalam struktur plastik dan getah. Sinar X digunakan untuk memeriksa barang atau beg penumpang. Keguunaan Lainnya e. f. b. Manfaat Sinar X 2. . 4. Bidang Perindustrian a. Memperbaiki rekahan dalam pipa logam. Bidang Penyelidikan d. Penyelidikan sinar X digunakan untuk menyelidik struktur hablur dan jarak pemisahan antara atom-atom dalam suatu bahan hablur. Mengesahkan pada suatu lukisan atau objek seni purba benar atau tiruan.

Kerontokan rambut . Kerusakan/ iritasi 5. 3. Perubahan struktur genetik suatu sel. Bahaya Radiasi Sinar x Walaupun sinar X sangat berguna kepada manusia. Radiasi sinar X dapat membunuh monosit (salah satu sel darah putih) yang terdapat pada arteri sehingga dapat mengakibatkan meningkatnya kadar monocyte chemo-attractant protein 1 (MCP- 1) yang dapat mengarahkan pada penyakit kardiovaskular. 2. Pemusnahan sel-sel dalam badan. 4. tetapi pemakaian secara berlebihan kepada sinar X dapat menyebabkan yaitu : 1.

Terima Kasih Atas Perhatiannya  .

Pertanyaan • Felda: apa yang dimaksud struktur hablur? • Slamet : perubahan gen akibat radiasi? • Gilang : mengapa saat rontgen tidak boleh membawa logam? • Shofani : apakah usg bahaya bagi kehamilan dan janinnya? .