Disusun oleh

:
korupsi
1.Fellia Febriyanti / 4001415029
2.Effiatul Fajriyah / 4001415041
3.Yosia Adi Setiawan / 4101415010
4.Setyo Irawan / 4101415016
5.Retno Farizul Khasanah / 4101415045

korupsi berarti penyelewengan atau penggelapan (uang negara atau perusahaaan) dan sebagainya untuk keuntungan pribadi atau orang lain. . Kolusi dan Nepotisme disebutkan bahwa korupsi adalah tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam ketentuan peraturan perundang- undangan yang mengatur tentang pidana korupsi. • Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelewengan Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi. Definisi Korupsi • Kamus Besar Bahasa Indonesia.

4. namun kenyataannya sekarang kasus-kasus korupsi di Indonesia dilakukan oleh koruptor yang memiiki kemampuan intelektual yang tinggi. pada kasus korupsi yang merebak di Indonesia para pelakunya bukan didasari oleh kemiskinan melainkan keserakahan. suatu pemerintahan asing tidak menggugah kesetiaan dan kepatuhan yang diperlukan untuk membendung korupsi. Faktor Penyebab Korups 1. 2. terpelajar dan terpandang sehingga alasan ini dikatakan kurang tepat. sebab mereka bukanlah dari kalangan yang tidak mampu melainkan para konglomerat. Kolonialime. 3. Kurangnya pendidikan. Lemahnya pendidikan agama dan etika. Keserakahan. .

pada saat sistem nilai mengalami perubahan radikal. 10. Perubahan radikal. Tidak adanya sanksi yang keras dan tegas atas pelaku tindak pidana korupsi.5. 9. korupsi muncul sebagai suatu penyakit tradisional. Keadaan masyarakat. Kelangkaan lingkungan yang subur untuk pelaku anti korupsi. Gaji yang masih rendah. . administrasi yang lamban dan sebagainya. 7. 8. Struktur dan sistem pemerintah. korupsi dalam suatu birokrasi bisa mencerminkan keadaan masyarakat secara keseluruhan. 6. kurang sempurnanya peraturan perundang- undangan.

Keadaan Lingkungan Sekita Sebagai akibatnya. artinya pendirian dan ideologinya sering berubah-ubah sesuai dengan kepentingan politik saat itu. 6) Lembaga-lembaga politik digunakan sebagai dwi aliansi. 7) Kesempatan korupsi lebih meningkat seiring dengan semakin meningkatnya jabatan dan hirarki politik kekuasaan. 2) Muncul pemimpin yang mengedepankan kepentingan pribadi daripada kepentingan umum. Dimulailah pola tingkah para korup. yaitu sebagai sektor di bidang politik dan ekonomi-bisnis. 3) Sebagai oknum pemimpin politik. Derita dan kemiskinan tetap ada pada kelompok masyarakat besar (rakyat). terjadilah runtutan peristiwa sebagai berikut : 1) Partai politik sering inkonsisten. . 4) Terjadi erosi loyalitas kepada negara karena menonjolkan pemupukan harta dan kekuasaan. partisipan dan kelompoknya berlomba-lomba mencari keuntungan materil dengan mengabaikan kebutuhan rakyat. 5) Sumber kekuasaan dan ekonomi mulai terkonsentrasi pada beberapa kelompok kecil yang mengusainya saja.

. sedangkan kamu mengetahui. dan jangan pula membawa urusan harta itu kepada hakim supaya kamu dapat memakan sebagian harta orang lain itu dengan jalan dosa. Surat Al-Baqarah Ayat 188: ‫ووول وتمألكللوا أومموواوللك م وبميونلك م سبِساملوبِساسطسل وولتمدللوا سبوهِسا إسول ى امللحنكِساسم سلوتمألكللوا وفسرقي ق ِسا ممن أومموواسل النِساسس‬ ‫لمثس م وووأتنلتم م وتمعوللموون‬ ‫سبِسا سم‬ Dan janganlah sebagian dari kamu memakan harta sebagian yang yang lain secara batil.

dan tidak pula mereka akan disucikan-Nya. Ayat 77 dari Surat Ali Imran: ‫إسنن انلسذقيون وقيمشوتلروون سبوعمهسد انلس ووأومقيومِساستنسهم م وثومقنِسا وقسليقل لأول لسئوك ول وخولوق وللهم م سفي املسخورسة ووول‬ ‫لقيوكلململهل م انلل ووول وقينلظلر إسولميسهم م وقيمووم املسقويِساومسة ووول لقيوزمكيسهم م وووللهم م وعوذامب أوسليم م‬ Artinya: Sesungguhnya. Bagi mereka adalah siksaan yang pedih. barangsiapa menukar janjinya kepada Allah dengan sumpah- sumpah mereka demi mengambil sedikit keuntungan. . dan Allah tidak akan berbicara dengan mereka ataupun melihat kearah mereka di Hari Pembalasan. maka ia tidak akan mendapatkan bagian (pahala)-Nya di akhirat.

Jika mereka (orang Yahudi) datang kepadamu (untuk meminta putusan). mereka itu adalah orang-orang yang suka mendengar berita bohong. banyak memakan yang haram[418]. . Maka putuskanlah (perkara itu) diantara mereka dengan adil. maka putuskanlah (perkara itu) diantara mereka. jika kamu berpaling dari mereka maka mereka tidak akan memberi mudharat kepadamu sedikitpun. atau berpalinglah dari mereka. Al-Maidah : 42 ‫ضررووك وشميقئِسا ووإسمن‬ ‫ض وعمنلهم م وفولن وقي ل‬ ‫وسنمِسالعوون سلملوكسذسب أونكِساللوون سللرسمحست وفسإن وجِسالءووك وفِسامحلك م وبميونلهم م أومو أومعسر م‬ ‫ض وعمنلهم م ووسإن لتمعسر م‬ ‫وحوكمموت وفِسامحلك م وبميونله م سبِساملسقمسسط إسنن انلو لقيسحرب امللممقسسسطيون‬ 42. sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang adil. Dan jika kamu memutuskan perkara mereka.

. baik itu dari pemerintah pusat sampai bawahannya. Hal ini sering kita dengar dan temukan dalam pemerintahan kita. Penjelasan : "Banyak memakan yang haram" bisa diartikan dengan uang suap dan lain sebagainya. suap dapat diidentikkan dengan uang terima kasih dan melakukan praktek pungutan liar.[418] Seperti uang sogokan dan sebagainya.

orang yang berkhianat mengambil harta yang bukan miliknya atau menyelewengkan harta demi kepentingan pribadi atau golongan padahal jelaslah ia mengetahui bisa diartikan sebagai korupsi. . Penjelasan : Ketika ayat diatas dikaitkan dengan korupsi. sedang kamu mengetahui. Hai orang-orang yang beriman. janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu. Al-Anfal : 27 ‫وقيِسا أورقيوهِسا انلسذقيون آوملنوا ول وتلخولتنوا انلو ووالنرلسوول وووتلخولتنوا أوومِساوتنِساستلكم م وووأتنلتم م وتمعوللموون‬ 27.

. Maka ketika perbuatan awalnya sudah haram. Al Maidah 87 ‫وقيِسا أورقيوهِسا انلسذقيون آوملنوا ول لتوحمرلموا وطميوبِساست ومِسا أووحنل انلل وللكم م ووول وتمعوتلدوا إسنن انلو ول لقيسحرب امللممعوتسدقيون‬ 87. janganlah kamu haramkan apa-apa yang baik yang telah Allah halalkan bagi kamu. dan janganlah kamu melampaui batas. Ini berkebalikan dengan perintah Allah yang justru diharamkan tapi oleh mereka hal itu menjadi halal. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Hai orang-orang yang beriman. praktek korupsi juga termasuk menghalalkan segala macam cara untuk mendapatkan apa yang diharapkan. hasilnya pun akan mengikutinya menjadi haram. Penjelasannya : Dalam kehidupan di masyarakat.

ketika pada hari kiamat nanti hal tersebut akan mendatanginya. Barangsiapa yang berkhianat dalam urusan rampasan perang itu. sedang mereka tidak dianiaya. Ali Imron 161 ‫ووومِسا وكِساون سلونسبيي وأن وقيلغنل ووومن وقيمغللمل وقيمأست سبومِسا وغنل وقيمووم املسقويِساومسة لثن م لتوونفلى لكرل وتنمفسس نمِسا وكوسوبمت وولهم م ول لقيمظلولموون‬ 161. maka pada hari kiamat ia akan datang membawa apa yang dikhianatkannya itu. Ketika seseorang berkhianat menyelewengkan amanat yang diberikan kepadanya. tidak mungkin seorang Nabi berkhianat dalam urusan harta rampasan perang. Penjelasannya : Kini yang menjalankan korupsi tidak hanya orang yang berada di bagian atas atau kepala. namun terjadi juga dibawah yang itu berkongsi untuk melakukan korupsi dengan menyembunyikan dari atasan. kemudian tiap-tiap diri akan diberi pembalasan tentang apa yang ia kerjakan dengan (pembalasan) setimpal. .

8)Berusaha melakukan reorganisasi dan rasionalisasi organisasi pemerintahan melalui penyederhanaan jumlah departemen beserta jawatan di bawahnya. 7) Melakukan pencatatan ulang terhadap kekayaan pejabat yang mencolok. informal dan agama. 4) Para pegawai selalu diusahakan kesejahteraan yang memadai dan ada jaminan masa tua. 5) Menciptakan aparatur pemerintahan yang jujur dan disiplin kerja yang tinggi. . 2) Melakukan penerimaan pegawai berdasarkan prinsip keterampilan teknis. 6) Sistem keuangan dikelola oleh para pejabat yang memiliki tanggung jawab etis tinggi dan dibarengi sistem kontrol yang efisien. 3) Para pejabat dihimbau untuk mematuhi pola hidup sederhana dan memiliki tanggung jawab yang tinggi. Upaya Pencegahan (Preventif) 1) Menanamkan semangat nasional yang positif dengan mengutamakan pengabdian pada bangsa dan negara melalui pendidikan formal.

Ia diduga melekukan pungutan liar dalam pengurusan dokumen keimigrasian. Malaysia. 4. Menahan Konsul Jenderal RI di Johor Baru. 2. Dugaan korupsi pada penyalahgunaan fasilitas preshipment dan placement deposito dari BI kepada PT Texmaco Group melalui BNI (2004). Dugaan korupsi dalam pengadaan Helikopter jenis MI-2 Merk Ple Rostov Rusia milik Pemda NAD (2004). 5. Dugaan penyalahgunaan jabatan dalam pembelian tanah yang merugikan keuangan negara Rp 10 milyar lebih (2004). EM. 3. . Dugaan korupsi dalam Proyek Program Pengadaan Busway pada Pemda DKI Jakarta (2004). Beberapa contoh penindakan yang dilakukan oleh KPK : 1. Upaya Penindakan (Kuratif) Upaya penindakan. dilakukan pemecatan tidak terhormat dan dihukum pidana. yaitu dilakukan kepada mereka yang terbukti melanggar dengan diberikan peringatan.

Kasus penyuapan panitera Pengadilan Tinggi Jakarta (2005). Kasus penyuapan Hakim Agung MA dalam perkara Probosutedjo. . Kasus korupsi dan penyuapan anggota KPU kepada tim audit BPK (2005). 9.6.9 miliar (2004). Menetapkan seorang bupati di Kalimantan Timur sebagai tersangka dalam kasus korupsi Bandara Loa Kolu yang diperkirakan merugikan negara sebesar Rp 15. 10. 7. 8. Kasus korupsi di KBRI Malaysia (2005).

makasih .