You are on page 1of 29

KKN TEMATIK POSDAYA

UM PALEMBANG
ANGKATAN XI TAHUN2016

LPKKN.UM PALEMBANG

FALSAFAH KKN
 Mata kuliah Wajib Universitas
 Bobot sks 4 = 1 sks pembekalan dan 3 sks

Pelaksanaan KKN dilapangan
a. 1 sks = 1 x 50 menit x 16 kali pertemuan
b. 2 sks = 2 x 50 menit x 16 tugas mandiri
dan terjadwal/terstruktur diluar kelas
c. 3 sks =3 x 50 menit x 16
 Sks 4 = 4 sks Terjadwal, 4 sks Tidak

terjadwal mandiri dan 4 sks tidak terjadwal
terstruktur

2. Rekapitulasi Pelaksanaan Program. Survei dan Analisis Hasil. General Test . dan Matrik Pelaksnaan 6. 7.Kegiatan Terjadwal: 1. Materi Pembekalan KKN A. Teknik Penyusunan Program Kerja 5. Penyusunan Laporan KKN dan laporan Per tanggung jawaban Kegiatan. Pengisian Buku Aktivitas Harian. Komunikasi dan Protokoler 8. Administrasi dan Kelengkapan KKN 4. Wawasan KKN Tematik POSDAYA. 3.

Kegiatan Tidak Terjadwal Terstruktur.B. . materi kegiatan berupa pendalaman atas buku-buku yang berisi hal-hal yang terkait dengan pelaksanaan KKN.

dan pelatihan-pelatihan yang terkait dengan tema KKN. materi kegiatan berupa aktivitas mahasiswa untuk membekali diri sendiri melalui keikutsertaan dalam pelatihan-pelatihan yang diperlukan atau bermanfaat dalam melaksanakan KKN.C. Pelatihan MC. Pelatihan tersebut misalnya: Pelatihan Pengelolaan Kegiatan. . dan Pelatihan Penyusunan Proposal Kegiatan. Pelatihan Pembuatan kerajinan dari bahan limbah dan Pengolahan Makanan.Kegiatan Tidak Terjadwal Mandiri.

1. Wawasan KKN Tematik Posdaya POSDAYA atau Pos PEMBERDAYAAN Keluarga .

 RUH PEMBERDAYAAN = PARTISIPASI MASYARAKAT Kegiatan masyarakat yang timbul atas kehendak & keinginan sendiri. PEMBERDAYAAN  PEMBERDAYAAN MASYARAKAT: Proses penguatan masyarakat dengan cara memberikan motivasi & dorongan agar masy mampu menggali potensi diri & berani bertindak untuk memperbaiki kualitas hidupnya. di tengah masyarakat untuk berminat & bergerak dalam memperbaiki kualitas hidup. .

Kesehatan Mandiri 3. Bid. Bid.Kewirausahaan 4. Bid. POSDAYA Pemberdayaan Keluarga yang sosial •Forum Silaturahmi dan ekonominya lemah •Forum Komunikasi (Kelompok •Forum Advokasi Prasejahtera) •Wadah Penguatan Fungsi- Fungsi Keluarga •Wadah Pelayanan Keluarga 1. Bid.Lingkungan .Pendidikan Keluarga 2.

Ekonomi/Usaha • Daya beli/ Pndptn perkapita 4. Kesehatan • Usia harapan hidup 2.4 PILAR UTAMA POSDAYA PILAR OUTPUT (IPM) 1. Pendidikan • Angka melek huruf • Lama sekolah 3. Pemberdayaan  Lingkungan sehat Lingkungan  Gizi baik  Tambahan income .

ada BKB. ada PAUDnya Ada Koperasi. Posdaya milik kita Posdaya. lingkaran kecil. Posdaya. lingkaran kecil. Posdaya. lingkaran besar Ada Posyandu. ada BKL. LAGU: POSDAYA KITA Lingkaran kecil. lingkaran kecil Lingkaran kecil. kluarga sejahtra . Kebun Bergizi Posdaya.

POSDAYA BKR BKL BKB Posyandu P PENDIDIKAN KESEHATA O N S PAUD/TK/ TPA/ KEJAR D KEBUN BERGIZI A Y KEWIRA A USAHAAN BIDANG LINGKUNGA N HOME INDUSTRI Tahsin/ TAMBAK Tahfiz IKAN Pengajian KEGIATAN KOPERASI KEAGAMAAN .

Bidang Kewirausahaan : Ketua: Anggota: 2. Bidang Pendidikan : Ketua: Anggota: 3. Pembina: II. Pengarah : III.Susunan Pengurus Posdaya I. Bidang Kesehatan: Ketua: Anggota: 4.Ketua Posdaya : Wakil Ketua : Sekretaris : Bendahara : Bidang-bidang/Seksi 1. Bidang Lingkungan : Ketua: Anggota: .

2. Survei dan Analisis Hasil a. Survey awal :mengisi R-OBS MHS untuk mahasiswa dan R-DPL untuk DPL (format ada dalam buku Pedoman KKN 2016) atau dapat di download di Group Fb LPKKN UMP b. Buat peta keluarga posdaya . Mengisi REGISTER PENDATAAN KELUARGA (R/I/KS/15) dan Rekapitulasi (REK/POSDAYA. R/I/KS/15) format dapat di download di Group Fb LPKKN UMP c.

Tata cara pelaksanaan pendataan dan pemetaan Keluarga MELALUI POSDAYA .

net) . dan Pemetaan Keluarga Formulir-formulir yang diperlukan untuk melakukan pendataan dan pemetaan : 1.Data-Data. Rekapitulasi hasil Pendataan Posdaya (Rek/Posdaya.cloudapps. Tata Cara Pendataan. Register pendataan keluarga (R/I/KS/15) 2.R/I/KS/15) CATATAN: Rek/Posdaya.R/I/KS/15 merupakan kelengkapan untuk pengisian data sasaran pada Posdaya online (posdaya.

. 1 1 1 1 1 1 1 1 2 1 1 1 2 1 1 1 1 1 . . 1 2 Sukmajaya √ √ √ √ √ 1 1 √ √ . . . . . . .1 1 Sukmawatya √ √ √ √√ 1 .

√ √√ √ √ √√ .1 1 √ √√ √√ .√ √√ √ x √√ .√√ √ √√ √ x .√√ √ √√ √ x 2 √ √√ √√ .

Kriteria tahapan keluarga diukur dengan pertanyaan seperti berikut : NO. 3 YA/TIDAK LANTAI DAN DINDING YANG BAIK BILA ADA ANAK ATAU ANGGOTA KELUARGA 4 YANG SAKIT DIBAWA KE SARANA ATAU YA/TIDAK PETUGAS KESEHATAN BILA PASANGAN USIA SUBUR (PUS) INGIN BER 5 KB PERGI KE SARANA PELAYANAN KB YA/TIDAK SELURUH ANGGOTA KELUARGA BERUMUR 10- 6 60 TAHUN BISA BACA TULIS TULISAN LATIN YA/TIDAK . KRITERIA JAWAB YA/TIDAK 1 MAKAN PALING KURANG 2 X SEHARI (√ atau X) MEMPUNYAI PAKAIAN YANG LAYAK UTK 2 YA/TIDAK KEPERLUAN YANG BERBEDA RUMAH YANG DITEMPATI MEMPUNYAI ATAP.

maka keluarga yang bersangkutan termasuk Keluarga Pra Sejahtera. maka keluarga tersebut termasuk Keluarga Sejahtera I. .PENETAPAN KRITERIA:  Apabila ke enam pertanyaan di atas terpenuhi.  Apabila salah satu atau lebih pertanyaan tersebut tidak terpenuhi.

NO KRITERIA JAWABAN PADA UMUMNYA ANGGOTA KELUARGA 1 MELAKSANAKAN IBADAH SESUAI DENGAN YA/TIDAK AGAMA DAN KEPERCAYAAN (√ atau X) PALING KURANG SEKALI SEMINGGU SELURUH 2 ANGGOTA KELUARGA MAKAN YA/TIDAK DAGING/IKAN/TELUR SELURUH ANGGOTA KELUARGA MEMPEROLEH 3 PALING KURANG SATU SETEL PAKAIAN BARU YA/TIDAK DALAM SETAHUN LUAS LANTAI RUMAH PALING KURANG 8 M2 4 YA/TIDAK UNTUK SETIAP PENGHUNI RUMAH TIGA BULAN TERAKHIR KELUARGA DALAM KEADAAN SEHAT SEHINGGA DAPAT 5 YA/TIDAK MELAKSANAKAN TUGAS/ FUNGSI MASING- MASING ADA SEORANG ATAU LEBIH ANGGOTA 6 KELUARGA YANG BEKERJA UNTUK MEMPEROLEH YA/TIDAK PENGHASILAN SELURUH ANGGOTA KELUARGA UMUR 10 -60 .

maka keluarga yang bersangkutan termasuk Keluarga Sejahtera I. .PENETAPAN KRITERIA:  Apabila keluarga menjawab kedelapan pertanyaan di atas dengan YA maka keluarga tersebut termasuk Keluarga Sejahtera II. tetapi  Jika ada salah satu atau lebih indikator tersebut tidak terpenuhi.

NO KRITERIA JAWABAN KELUARGA BERUPAYA MENINGKATKAN YA/TIDAK 1 PENGETAHUAN AGAMA (√ atau X) SEBAGIAN PENGHASILAN KELUARGA 2 DITABUNG DALAM BENTUK UANG MAUPUN YA/TIDAK BARANG KEBIASAAN KELUARGA MAKAN BERSAMA 3 PALING KURANG SEMINGGU SEKALI YA/TIDAK DIMANFAATKAN UNTUK BERKOMUNIKASI KELUARGA SERING IKUT DALAM KEGIATAN 4 MASYARAKAT DI LINGKUNGAN TEMPAT YA/TIDAK TINGGAL KELUARGA MEMPEROLEH INFORMASI DARI 5 YA/TIDAK SURAT KABAR/MAJALAH/RADIO/TV .

.PENETAPAN KRITERIA:  Apabila keluarga menjawab ke lima pertanyaan di atas dengan YA maka keluarga tersebut termasuk Keluarga Sejahtera III. maka keluarga yang bersangkutan termasuk Keluarga Sejahtera II. tetapi  Jika ada salah satu atau lebih indikator tersebut tidak terpenuhi.

  Untuk Keluarga Sejahtera III Plus diberikan pertanyaan: NO KRITERIA JAWABAN KELUARGA SECARA TERATUR DENGAN YA/TIDAK 1 SUKARELA MEMBERIKAN SUMBANGAN MATERIIL (√ atau X) UNTUK KEGIATAN SOSIAL ADA ANGGOTA KELUARGA YANG AKTIF SEBAGAI 2 PENGURUS PERKUMPULAN YA/TIDAK SOSIAL/YAYASAN/INSTITUSI MASYARAKAT .

.  Namun kalau hanya salah satu saja dari kedua indikator tersebut yang terpenuihi.PENETAPAN KRITERIA:  Apabila kedua indikator tersebut terpenuhi. maka keluarga yang bersangkutan termasuk Keluarga Sejahtera III Plus. keluarga itu hanya termasuk Keluarga Sejahtera III.

.

KELUARGA KELUARGA PRA ALASAN SEJAHTERA I KELUARGA SEJAHTERA PRA SEJAHTERA MAKAN KELUARGA SEJAHTERA I PAKAIAN KELUARGA PENDIDIKAN SEJAHTERA II KELUARGA KESEHATAN SEJAHTERA III KELUARGA LANTAI RUMAH SEJAHTERA III + PEKERJAAN APABILA KELUARGA TSB AKTIF DI POSDAYA. CONTOH: P ANGGOTA POSDAYA . DIBERI TAMBAH IBADAH HURUF P.

Keagamaan : f. Kewirausahaan : d. Lingkungan : e.3. Pendidikan : b. Kesehatan : c. Seni dan Olah Raga : . Administrasi dan Kelengkapan KKN SUSUNAN ORGANISASI MAHASISWA KKN DI LAPANGAN Ketua : Sekretaris : Bendahara : Seksi-Seksi/Bidang a.

TERIMA KASIH WASALAMU’ALAIKUM WAROHMATULLAH WABAROKATUH. .