a p ek to ri s m e ru p ak an suatu

Angin
d ir a s a k a n d ipre kardial.
nyeri yang a i suatu
g te rja d i s e b ag
Angina serin n , d icekik
d ip e ra s , d it e k a
rasa desakan, k a n atau
m y a n g m e n e
dan rasa tanya ru s dan
te ru s m e n e
sangat nyeri, e bar ke
ye ri d a p a t m e n y
dangkal. N a d a kiri,
m u m s a m p a i k e d
belakang ste b a h u kiri
ir i, ra h a ng , da n
leher, lengan k

Angina Angina Pectoris Pectoris Stabil Angina Pectoris tidak stabil Angina Prinzmental Varian .

ATAU BILA ALIRAN DARAH KORONER BERKURANG (MISALNYA PADA SPASME ATAU TROMBUS KORONER) ATAU BILA TERJADI KEDUANYA. HIPERTENSI).FAKTOR PENYEBAB ANGINA PEKTORIS ANTARA LAIN: ISKEMIA INI TERJADI KARENA SUPLAI OKSIGEN YANG DIBAWA OLEH ALIRAN DARAH KORONER TIDAK MENCUKUPI KEBUTUHAN OKSIGEN MIOKARDIUM. EMOSI. HAL INI TERJADI BILA KEBUTUHAN OKSIGEN MIOKARDIUM MENINGKAT (MISALNYA KARENA KERJA FISIK. . TIROTOKSIKOSIS.

Pada angina pectoris tidak stabil serangan terjadi pada waktu istirahat. bagian voler lengan bawah dan jari . perasaan tercekik. Penyebabnya ialah spasme pembuluh koroner. • Diagnosis Untuk menegakkan diagnosis perlu diketahui riwayat penyakit yang dapat diperoleh dari anamnesis. akibat spasme pembuluh darah coroner yang sudah sklerotik atau spasme pembuluh coroner normal. dan paling sering ke bahu kiri. 3.Kualitas rasa sakit dada seperti ditekan benda berat. Rasa sakit dada pada keadaan ini terjadinya lebih lama dari pada angina biasa dan frekuensi timbulnya serangan lebih sering. tidur ataupun aktivitas minimal. Pada prinzmetal angina disebut juga variant angina pektoris. atau pun kebutuhanmetabolik yang bertambah seperti yang dapat dijumpai pada hipertiroid. spasme pembuluh darah koroner. penderita sering merasakan sakit pada daerah dada rasa sakit dada ini disebabkan karena adanya iskemia miokardakibat suplai darah dan oksigen yang berkurang berkurangnya aliran darah pembuluh darah coroner ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor. 2.• Patofisiologi Pada angina pektoris. rasa panas di dada atau kadang-kadang perasaan tak enak di perut yang menyerupai sakit epigastrium. stenosis aorta. antara lain penyempitan akibat prosejaterosklerosis. anemia berat. Penjalaran rasa sakit meliputi persarafan segmenc7 -th4. penyumbatan sementara oleh trombus dan trombus yang beragregasi. lengan atas.Trmbul pada waktu aktivitas dan menghilang dengan istirahat.serangan angina timbul pada waktu istirahat. takikardia paroksismal dengan irama ventrikular yang cepat. Sakit dada yang timbul mempunyai ciri khas yaitu : 1.Lokalisasi rasa sakit dada biasanya substernal atau pada dada kiri dan rasa sakit ini tak dapat ditunjuk dengan jari.

THALLIUM EXERCISE MYOCARDIAL IMAGING •. FOTO RONTGEN DADA c. UJI LATIHAN JASMANI e.• PEMERIKSAAN PENUNJANGAN a.PENATALAKSANAAN . PEMERIKSAAN LABORATORIUM d. ELEKTROKARDIOGRAM b.

THE END .