You are on page 1of 17

Om Swastyastu

Nama anggota kelompok 5

NI MADE TARIANI (P07120216018)
PUTU INDAH PERMATA SARI (P07120216019)
NI PUTU NOVIA HARDIYANTI (P07120216020)
NI WAYAN MUJANI (P07120216021)

ANALISIS RISIKO TERJADINYA KONFLIK HORIZONTAL DI MASYARAKAT YANG BERKAITAN TERJADINYA BENCANA SOSIAL .

.Pengertian Konflik Konflik sosial merupakan suatu keadaan dimana terjadi suatu pertikaian akibat proses interaksi sosial yang berlawanan akibat adanya persaingan maupun perbedaan yang terjadi dalam masyarakat sehingga menimbulkan pertentangan yang mengandung ancaman atau kekerasan.

Jenis-jenis Konflik Sosial Konflik dilihat dari fungsinya Konflik dilihat dari pihak terlibat Konflik dilihat dari posisinya di organisasi .

Pengertian Konflik Horizontal Konflik horizontal adalah konflik yang terjadi antara mereka yang memiliki kedudukan yang sama atau setingkat dalam organisasi.  Kecemburuan sosial  Dorongan emosional  Mudah dibakar dan dihasut . Adapun hal-hal yang melatarbelakangi terjadinya konflik horizontal adalah :  Saling mengklaim dan menguasai sumber daya alam yang mulai terbatas akibat tekanan penduduk dan kerusakan lingkungan.

maupun sempitnya wawasan dari sekelompok masyarakat. diskriminasi. perbedaan paham politik di antara masyarakat.Pengertian Bencana Sosial Bencana sosial merupakan bencana yang disebabkan oleh ulah manusia (man made disasters) antara lain karena jurang perbedaan ekonomi. ketidaktahuan. ketidakadilan. . kelalaian.

dan politik 2.Penyebab bencana sosial 1. Instabilitas sosial. Provokasi atau hasutan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab . ekonomi.

2001) yaitu konflik antara suku Dayak dan Madura. kerusuhan di Sampang (2012) penyerangan terhadap warga Syiah. Seperti kerusuhan di Sampit (1996. kerusuhan Sambas (1999) konflik antara suku Melayu dan Dayak dengan Madura. kerusuhan di Ambon (1999) konflik antara masyarakat beragama Kristen dan Islam. 1997. .Kasus Bencana Sosial Yang Pernah Terjadi Di Indonesia  Di Indonesia terjadi kerusahan/konflik horizontal yang berkaitan dengan SARA. Kerusuhan yang dipicu oleh faktor SARA tersebut mengakibatkan korban jiwa dan materi yang tidak sedikit.

Denpasar. Bali pada Selasa.3 Januari 2017 .Kasus Eksekusi Lahan warga di Kampung Bugis. Pulau Serangan.

Analisis resiko konflik horizontal yang disebabkan oleh kasus bencana sosial yang terjadi di atas yaitu: Akibat negatif Timbulnya korban luka luka akibat perlawanan Sebanyak 36 KK itu sekitar 250 jiwa karena 1 KK itu ada yang 6 orang dan 5 orang kehilangan tempat tinggalnya Terancam pula masalah kesehatan dan psikologi anak-anak yang menjadi korban penggusuran tersebut .

alergi. . Yang dilakukan tenaga kesehatan saat terjadinya konflik seperti di atas yaitu: •Menyediakan tempat istirahat sementara bagi para pengungsi setelah eksekusi dilakukan seperti dengan tenda-tenda pengungsian •Membantu mencegah terjadinya masalah psikologi atau trauma psikologi akibat bencana sosial yang terjadi •Mencegah terjadinya kasus-kasus gangguan kesehatan yang mungkin terjadi akibat dari ekseskusi seperti penyakit diare akibat tidak adanya pasokan air bersih.penurunan imun dan lain sebagainya.

Kasus Tawuran berdarah antar pelajar di Fly Over Pasar Rebo .

•Pudarnya moral pelajar di Indonesia . Akibat negatif •Macetnya lalu lintas disekitar lokasi kejadian •Korban meninggal dunia bernama Ahmad Andika Baskara (17). Ahmad merupakan pelajar di SMK Bunda Kandung.

Konflik Horizontal Berkaitan dengan Bencana Sosial di Masyarakat Setidaknya dapat diawali dengan melihat dan mempelajari fakta bencana sosial yang rutin mengancam masyarakat. sebagai berikut :  Kebakaran gedung dan pemukiman  Kegagalan teknlogi  Epidemi dan wabah penyakit  Konflik sosial .

akibat kekerasan yang ditonjolkan dalam penyelesaian suatu konflik. Hal ini terjadi apabila terjadi pertentangan antaranggota dalam satu kelompok. baik harta benda maupun jiwa.  Dominasi dan takluknya salah satu pihak. Akibat positif dari adanya konflik. Analisis Dampak Konflik Horizontal di Masyarakat Berkaitan dengan Bencana Sosial Secara Umum  Adapun dampak-dampak adanya konflik Akibat negatif dari adanya konflik.  Konflik dapat meningkatkan solidaritas di antara anggota kelompok.   Perubahan kepribadian individu. Pertentangan di dalam kelompok atau antarkelompok dapat menyebabkan individu-individu tertentu merasa tertekan sehingga mentalnya tersiksa.  Konflik berfungsi sebagai alat perubahan sosial.  Retaknya persatuan kelompok.  Munculnya pribadi-pribadi atau mental-mental masyarakat .   Banyaknya kerugian.

 Strategi Akomodasi.  Strategi Kolaborasi.  Strategi Penghindaran  Strategi Kompromi atau Negoisasi . Adapun srategi penyelesaian konflik menurut Hugh Miall (2002:65) bahwa penyelesaian konflik dapat dibedakan sebagai berikut:  Strategi Kompetisi.

. toleransi. serta kehidupan berbangsa dan bernegara.  Meredam potensi konflik melalui program-program  Pola penyelesaian konflik harus diubah dari hard power (menggunakan kekuatan militer) kepada soft power (lebih mengedepankan dialog).  Mengembangkan sistem pencegahan dan penyelesaian konflik melalui jalan damai. Peran komunikasi dalam pencegahan dan penyelesaian konflik horizontal di Indonesia dapat dilaksanakan melalui beberapa bentuk.  Meningkatkan peran media massa dalam mendukung program perdamaian serta ikut terlibat dalam penyelesaian konflik horizontal. sebagai berikut:  Menggiatkan seluruh elemen masyarakat untuk terlibat dalam pendidikan damai.