MASALAH

KESULITAN BELAJAR

.Pengertian Kesulitan Belajar Kesulitan belajar yakni keadaan dimana anak didik/siswa tidak dapat belajar sebagaimana mestinya.

Dilihat dari bidang study yang dipelajari Ada yang sebagian dan keseluruan bidang study 3. Dilihat dari sifat kesuitannya Ada yang sifatnya permanent/tetap dan sementara 4. Macam-macam kesulitan belajar 1. Dilihat dari segi faktor penyebabnya Ada yang karena faktor intelegensi dan non- intelegensi . Dilihat dari jenis kesulitan belajar Ada yang berat dan sedang 2.

Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Belajar 1. Faktor intern a) Sebab yang bersifat fisik b) Sebab rohani 2. Faktor Ekstern a) Faktor keluarga b) Faktor sekolah c) Faktor mass media dan lingkungan sekolah .

Usaha Mengatasi kesulitan Belajar Ada 6 tahap untuk mengatasi kesulitan belajar : 1) Pengumpulan data 2) Pengolahan data 3) Diagnosis 4) Prognosis 5) Treatment/perlakuan 6) Evaluasi .

Pengertian pengajaran perbaikan (REMEDIAL TEACHING) Remedial atau pengajaran perbaikan adalah suatu bentuk pengajaran yang bersifat menyembuhkan atau membetulkan/ pengajaran yang membuat .

Perlunya Pengajaran Perbaikan Pengajaran perbaikan dapat dilihat dari segi:  Siswa  Guru  Proses pendidikan .

Tujuan dan Fungsi Pengajaran Remedial/Perbaikan Tujuan pengajaran perbaikan Agar murid dapat : a) Memahami dirinya sendiri b) Memperbaiki cara-cara belajar kearah yang lebih baik c) Memiliki materi dan fasilites belajar secara tepat d) Mengembangkan sikap-sikap kebiasaan baru yang lebih baik e) Mengatasi hambatan-hambatan belajar yang lebih baik f) Melaksakan tugas-tugas belajar yang diberikan .

Fungsi penyesuaian 3. Fungsi pengayaan 5. Fungsi pemahaman 4. Fungsi akseleasi . Fungsi terapeutik 6. Fungsi korektif 2.Fungsi pengajaran remedial 1.