You are on page 1of 9

Granulasi serbuk adalah proses membesarkan ukuran partikel kecil yang

dikumpulkan bersama-sama menjadi agregat ( gumpalan ) yang lebih besar,
secara fisik lebih kuat, dan partikel orisinil masih teridentifikasi dan membuat
agregat mengalir bebas.

Tujuan utama granulasi adalah memperbaiki sifat aliran serbuk halus dengan
cara mengaglomerasikan partikel- partikel kecil dari serbuk halus yang
digunakan dalam suatu formulasi tablet. Aglomerat yang diperoleh masih
perlu dihaluskan menjadi granul yang dapat diproses lebih lanjut menjadi
tablet jadi.
Tujuan umum granulasi adalah meningkatkan bobot jenis ruah nyata,
meningkatkan sifat mampu alir, menyempurnakan kompresibilitas,
memodifikasi laju disolusi, mengurangi terbentuknya debu, dan
meningkatkan stabilitas.

Keterbatasan yang diakibatkan oleh granulasi adalah berkurangnya
homogenitas mikroskopik dan meningkatnya kemungkinan pemisahan dalam
campuran berbagai partikel yang berbeda.

sifat kohesif pengikat cair yang disiapkan. Walaupun metode ini sangat padat karya dan paling mahal. Granulasi basah Granulasi basah adalah proses menambahkan cairan pada suatu serbuk atau campuran serbuk dalam suatu wadah yang dilengkapi dengan pengadukan yang akan menghasilkan aglomerasi atau granul. biasanya cukup untuk menghasilkan ikatan dengan zat tambahan yang minimal. Metode ini merupakan metode paling tua dan paling konvesional dalam pembuatan tablet. masih tetap digunakan karena keserbagunaannya. Dalam granulasi basah. .

derajat kehalusan.jenis pengadukan. .ukuran dan bentuk relatif partikel. .partikel serbuk. dan juga dalam kecepatan pelepasan zat aktif dari tablet jadi. .kelarutan serbuk. Beberapa factor yang mempengaruhi pembasahan meliputi : . Granulasi basah Pembasahan berperan sangat penting dalam karakteristik pengempaan granul .viskositas pengikat cair . .

cairan penggranulasi digunakan untuk mempermudah proses aglomerasi. dan proses lain. proses kering (disebut juga slugging). Dalam proses granulasi kering. dapat digolongkan kedalam tiga kategori utama. partikel serbuk kering disatukan bersama-sama secara mekanik dengan mengempa menjadi bongkahan (slugs) atau lebih sering dilakukan dengan kompaktor ( berupa gulungan ). yakni proses basah. JENIS GRANULASI Metode yang terpenting dari granulasi farmasetik. . Dalam proses granulasi basah.

PROSES YANG DIGUNAKAN UNTUK GRANULASI FARMASETIK PROSES UMUM METODOLOGI KHUSUS Proses basah Pembasahan massa ( wet massing ) Granulasi lapis mengalir (fluid bed granulation) Semprot kering (Spray drying) (pengeringan dengan penyemprotan) Granulasi panic ( Pan granulation) Ekstruksi dan peletisasi (Pelletizing) Proses kering Kempa gulungan (Roller Compaction) Pembongkahan (Slugging) Proses lain Pelembapan ( Humidification) Pembutiran ( Prilling ) Peletisasi lebur (Melt Pelletization) .

dan diperbaiki peralatan yang digunakan  Distribusi zat pewarna dan zat memerlukan biaya yang aktif yang larut lebih baik/ jika mahal ditambahkan dalam larutan  Stabilitas menjadi perhatian pengikat untuk zat aktif peka lembab  Debu berkurang atau termolabil.sifat mengalir lebih baik  Tahapan multi proses lebih (diperbaiki) rumit dan membat validasi  Pemadatan dari pengendalian sulit  Karakteristik pengempaan  Waktu. KEUNTUNGAN DAN KETERBATASAN GRANULASI BASAH KEUNTUNGAN KETERBATASAN  Sifat.  Pencegahan pemisahan  Kehilangan bahan selama campuran serbuk berbagai tahapan proses  Permukaan hidrofobik menjadi lebih hidrofilik . ruangan.

Asetosal dan vitamin pada umumnya dibuat menjadi tablet dengan granulasi kering. . Granulasi kering dilakukan apabila zat aktif tidak mungkin digranulasi basah karena tidak stabil atau peka terhadap panas dan lembab atau juga tidak mungkin dikempa langsung menjadi tablet karena zat aktif tidak dapat mengalir bebas. dan atau dosis efektif zat aktif terlalu besar untuk kempa langsung. Contoh. GRANULASI KERING Tujuan metode granulasi kering adalah untuk memperoleh granul yang dapat mengalir bebas untuk pembuatan tablet.

Granulasi kering dibuat dengan mengempa langsung seluruh campuran ingredient formulasi dengan tekanan tinggi menggunakan suatu mesin pembuat bongkah (slugging machine) atau mesin kompaktor. GRANULASI KERING Granulasi kering dilakukan pada campuran seluruh ingredient dalam suatu formulasi tablet tanpa menggunakan cairan penggranulasi. .

. • Granul yang dibuat dengan granulasi kering pada umumnya sederhana atau tidak beraturan. granulasi kering cocok untuk zat.• Granul yang dibuat dengan metode basah terdapat banyak macam bentuk partikel. keuntungan granulasi kering yang lain adalah diperolehnya granul dengan bobot jenis yang lebih tinggi dibandingkan dengan granul yang dihasilkan dari granulasi basah. Selain itu.zat yang peka terhadap pelarut dan tidak stabil pada suhu tinggi. granulasi kering jarang dipilih sebagai mode granulasi. Akan tetapi. Sesuai dengan hal itu.